Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Guru dalam Menerapkan SAI Melalui Pendekatan Workshop Partisipatif

DOI:

https://doi.org/10.46838/ic.v3i2.796

Keywords:

Senam Anak Indonesia; Pendidikan Jasmani, Guru PJOK; Inovasi Pembelajaran

Abstract

Senam Anak Indonesia (SAI) merupakan program gerak nasional berbasis budaya lokal yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan motorik dasar, kebugaran jasmani, serta ekspresi diri anak usia sekolah dasar. Namun, implementasi SAI di sekolah masih menghadapi kendala, terutama minimnya pelatihan bagi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman, sikap, dan motivasi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) terhadap SAI melalui workshop partisipatif. Sebanyak 70 guru PJOK dari tujuh Karesidenan Surakarta mengikuti pelatihan selama dua hari yang mencakup sesi teori, praktik terbimbing, serta praktik mandiri dan refleksi. Evaluasi menggunakan angket skala Likert yang dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukan terdapat peningkatan signifikan terhadap skor kesenangan pada respon sangat setuju dari 4.3% menjadi 67.1%,  keyakinan pada respon sangat setuju dari 0% menjadi 72.9%, minat pada respon sangat tertarik dari 0% menjadi 72.9%, kreativitas pada respon sangat setuju dari 5.7% menjadi 68.6%, dan motivasi pada respon sangat termotivasi dari 8.6% menjadi 71.4%. Temuan ini menunjukan bahwa workshop partisipatif efektif meningkatkan kompetensi konseptual dan afektif guru, sekaligus menempatkan mereka sebagai calon early adopters inovasi pembelajaran jasmani berbasis budaya.

References

Brazendale, K., & Randel, A. (2015). Children’s Enjoyment and Perceived Competence in Physical Education and Physical Activity Participation Outside of School. Emotional & Behavioral Disorders in Yout, 65–69. https://www.researchgate.net/publication/280206297

Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506

Costa, H. J. T., Barcala-Furelos, R., Abelairas-Gomez, C., & Arufe-Giraldez, V. (2015). The Influence of a Structured Physical Education Plan on Preschool Children’s Psychomotor Development Profiles. Aust Ralasian Journal of Ear Ly Chi Ldhood, 40(2), 68–77.

Dapp, L. C., Gashaj, V., & Roebers, C. M. (2021). Physical activity and motor skills in children: A differentiated approach. Psychology of Sport and Exercise, 54. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.101916

Donnelly, J. E., Hillman, C. H., Castelli, D., Etnier, J. L., Lee, S., Tomporowski, P., Lambourne, K., & Szabo-Reed, A. N. (2016). Physical activity, fitness, cognitive function, and academic achievement in children: A systematic review. In Medicine and Science in Sports and Exercise (Vol. 48, Issue 6, pp. 1223–1224). Lippincott Williams and Wilkins. https://doi.org/10.1249/MSS.0000000000000966

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. (2025, February 5). Lewat Senam Anak Indonesia Hebat, Tingkatkan Kesehatan dan Bentuk Karakter Anak.

Lanonte, J. B. (2024). Plight of Non-Physical Education Teachers. International Journal for Multidisciplinary Research, 6. www.ijfmr.com

Ntoumanis, N., & Standage, M. (2009). Motivation in physical education classes: A self-determination theory perspective. Theory and Research in Education, 7(2), 194–202. https://doi.org/10.1177/1477878509104324

Nurapni, Syukri, & Yuniarni, D. (2014). Peningkatan Motorik Kasar Melalui Gerakan Senam Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Anak Shaleh Mempawah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 45–52.

Rahmadani, D. R., Adilla, Hasibuan, N. H., Fahmi, R., & Suyono. (2025). Penerapan Senam Lantai dan Senam Kesegaran Jasmani untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar, Kebugaran, dan Kesehatan Siswa di SD Negeri 060913 Medan Tembung. Alacrity : Journal Of Education, 5(1). https://lpppipublishing.com/index.php/alacrity/article/download/529/449/1598?utm_source=chatgpt.com

Riyanto, A., Subarjah, H., Ma’mun, A., Nuryadi, & Prabowo, I. (2024). The effect of student-centred learning approaches in physical education on positive youth development. Edu Sportiva: Indoensian Journal of Physical Education, 5. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2024.vol5(1).14532

Rogers, E. M. . (1995). Diffusion of innovations (3rd ed.). Free Press.

Şendil, A. M., Canlı, U., sheeha, B. Bin, Alkhamees, N. H., Batrakoulis, A., & Al-Mhanna, S. B. (2024). The effects of structured coordinative exercise protocol on physical fitness, motor competence and inhibitory control in preschool children. Scientific Reports, 14(1). https://doi.org/10.1038/s41598-024-79811-3

Sucipto, Hidayat, Y., Hambali, B., Gumilar, A., & Nur, L. (2023). Exploring the influence of gender and tactical learning approaches on students’ enjoyment levels in physical education. Cakrawala Pendidikan, 42(3), 719–732. https://doi.org/10.21831/cp.v42i3.54218

Valentini, M., & Gennari, A. S. (2023). The Effects of Physical Activity on Cognitive and Learning Abilities in Childhood. European Educational Researcher. http://www.eu-er.com

Weaver, R. G., Webster, C. A., Beets, M. W., Brazendale, K., Chandler, J., Schisler, L., & Aziz, M. (2018). Initial Outcomes of a Participatory-Based, Competency-Building Approach to Increasing Physical Education Teachers’ Physical Activity Promotion and Students’ Physical Activity: A Pilot Study. Health Education and Behavior, 45(3), 359–370. https://doi.org/10.1177/1090198117731600

Webster, C. A., & Nesbitt, D. (2017). Expanded Roles of Physical Education Teachers within a CSPAP and Implications for PETE. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(3), 22–28. https://doi.org/10.1080/07303084.2016.1270787

White, R. L., Bennie, A., Vasconcellos, D., Cinelli, R., Hilland, T., Owen, K. B., & Lonsdale, C. (2021). Self-determination theory in physical education: A systematic review of qualitative studies. In Teaching and Teacher Education (Vol. 99). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103247

Wu, L., Ye, X., & Looi, C.-K. (2015). Teachers’ preflection in early stages of diffusion of an innovation. Journal of Computers in Education, 2(1), 1–24. https://doi.org/10.1007/s40692-014-0022-x

Published

2025-08-25

How to Cite

Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Guru dalam Menerapkan SAI Melalui Pendekatan Workshop Partisipatif. (2025). INSAN CENDEKIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 249-257. https://doi.org/10.46838/ic.v3i2.796