Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Guru PJOK Sekolah Dasar di Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.46838/ic.v2i3.636Keywords:
CRT; Pembelajaran PJOK; Budaya TradisionalAbstract
Indonesia merupakan bangsa yang mempunyai banyak ragam budaya yang berbeda-beda. Hal ini merupakan tantangan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan baik tanpa membedakan budaya. Kegiatan pembelajaran harus disesuaikan dengan keberagaman siswa di kelas, pengabdian ini dilaksanakan di Aula lantai 02 SD N Sekaran 1 Gunung pati Semarang, diikuti oleh 36 guru olahraga. Disini peran guru adalah merangkul dan menyetarakan perbedaan individu, memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan pada siswa. Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) adalah salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk membantu guru mengajar siswa di lingkungan yang berlatar belakang budaya yang berbeda-beda dan meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Permasalahan yang di temukan, Guru belum memahami konsep pendekatan pembelajaran CRT sehingga belum memiliki rancangan pembelajaran maupun media pembelajaran dengan pendekatan CRT. Pengenalan pendampingan guru PJOK mengenai pengalaman belajar pentingnya budaya, pengetahuan berbudaya, melestarikan budaya Indonesia dengan pendekatan pembelajaran CRT dengan membuat modul ajar dan video pembelajaran.
References
Aceves, T. C., & Orosco, M. J. (2014). Innovation Configuration Culturally Responsive Teaching. Ceedar Center, 2(IC).
Arif, I. H., Lukman, A., & Tuara, Z. I. (2021). Penerapan pendekatan culturally responsive teaching terintegrasi etnokimia dalam mengembangkan keterampilan siswa abad 21 pada materi hidrolisis di MAN 1 TIKEP. Urnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2).
Gary, K. (2006). Preparing Teachers for a Changing World: What Teachers Should Learn and be Able to Do. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(1). https://doi.org/10.1177/016146810610800150
Ladson-Billings, G. (1995). Toward a Theory of Culturally Relevant Pedagogy. American Educational Research Journal, 32(3). https://doi.org/10.3102/00028312032003465
Pill, S., Evans, J. R., Williams, J., Davies, M. J., & Kirk, M. A. (2022). Conceptualising games and sport teaching in physical education as a culturally responsive curriculum and pedagogy. Sport, Education and Society, 27(9). https://doi.org/10.1080/13573322.2021.1964461
Rose, D. G., & Potts, A. D. (2011). Examining teacher Candidate resistance to diversity: What can teacher educators learn? International Journal of Multicultural Education, 13(2). https://doi.org/10.18251/ijme.v13i2.361
Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.37
Segura-Robles, A., & Parra-González, M. E. (2019). Analysis of teachers’ intercultural sensitivity levels in multicultural contexts. Sustainability (Switzerland), 11(11). https://doi.org/10.3390/su11113137
Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1). https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463
Wulandari, A., Ningsih, K., & Rahmawati. (2023). Meningkatkan Minat Belajar IPA melalui Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 6(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Heny Setyawati, Wahyu Ragil Kurniawan, Muhammad Bakhtiar Subardi, Ayutisa Rizqananda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.