Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Voli terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK

Authors

  • Afirin Dwi Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Andhega Wijaya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.482

Keywords:

Kasvol, Modifikasi, Motivasi Belajar, Pembelajaran PJOK, Permainan Bola Voli

Abstract

Modifikasi permainan sangat penting dilakukan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Modifikasi permainan dalam pembelajaran PJOK merupakan sebuah inovasi dan kebutuhan untuk menarik siswa dalam melakukan pembelajaran sehingga siswa dapat termotivasi dan proses pembelajaran lebih efektif dan efisien. Modifikasi permainan bola voli yang diadaptasi adalah kasvol, kolaborasi antara kasti dan voli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan permainan bola voli yang dimodifikasi memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan one group pre-test and post-test. Penelitian menggunakan 29 siswa kelas sebagai sampel. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan peneliti menggunakan angket motivasi mendapatkan hasil rata-rata nilai pre-test 111,76 sedangkan hasil rata-rata nilai post-test sebesar 129,76. Signifikansi pre-test-post-test sebesar 0,00, Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, modifikasi permainan bola voli dengan kasvol dapat memengaruhi motivasi belajar siswa. Modifikasi permainan bola voli dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK dengan peningkatan rata-rata sebesar 18.

References

Anggraini, S., & Sukartono. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071 Copyright

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. CV. Pena Persada. Adhiatma & Chrishtianto.

Batiurat, W., Wandik, Y., & Putra, M. F. P. (2023). Modifikasi Permainan Bolavoli dalam Pendidikan Jasmani. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 272–276. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16470

D’elia, F., Francesco, S., & D’isanto, T. (2020). The Educational Value of the Rules in Volleyball. Journal of Human Sport and Exercise, 15(Proc3), S628–S633. https://doi.org/10.14198/jhse.2020.15.Proc3.15

Dinarta, B. M. (2021). Penggunaan Modifikasi Permainan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 10 Pada Mata Pelajaran PJOK Di SMK Negeri 1 Jember. Jurnal Buana Pedagogi Olahraga, 1(1), 33–43. https://doi.org/10.36456/jbpo.v1i1.5195

Gupita, E. C., & Wibowo, A. T. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Olahraga Lempar Lembing Dengan Media Lempar Rocket di Sekolah Dasar Negeri 01 Buay Runjung. Jurnal Olympia, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v3i1.1400

Hayati, S. N., & Hidayat, T. (2023). Pengaruh Modifikasi Bola Plastik Dalam Pembelajaran Bolavoli Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Torjun. 4, 43–47.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Jainiyah, Fahrudin, F., Ismiasih, & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JMI: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309.

Jariono, G., Nurhidayat, N., Nugroho, H., Nugroho, D., Amirzan, A., Budiman, I. A., Fachrezzy, F., Sudarmanto, E., & Nyatara, S. D. (2022). Strategies to improve jump service skills at volleyball student activity unit of Muhammadiyah University of Surakarta. Linguistics and Culture Review, 6(S3), 37–48. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6ns3.1906

Kamaluddin. (2019). Penerapan Modifikasi Permainan Lari “Kasvol (Kasti Voli)” Dalam Meningkatkan Kebugaran Jasmani Di Kelas X SMKN 1 Sakra. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 201–211.

Maksum, A. (2018). Statistik dalam Olahraga. Unesa University Press.

Mariana, Anggorowati, K. D., & Suyatmin. (2019). Penerapan Permainan Kasvo Untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Bola Voli Pada Siswa Kelas IV SDN 18 Tanjung Sari. Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 6(1), 49–57. https://doi.org/https://doi.org/10.46368/jpjkr.v6i1.262

Rizqulloh, M. A., & Syaukani, A. A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Menggunakan Media Permainan Kasti-Voli (Kasvol) Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Jambu Kabupaten Semarang. In Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rohmansyah, N. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pendidikan Jasmani PadaPembelajaran Tematik Terintegrasi Siswa Kelas IV. Jurnal Pejakora Faklultas Olahraga Dan Kesehatan, 4(2), 28–35.

Sodikin, F. A., & Yono, T. (2020). Sport , Pedagogik , Recreation and Technology Modifikasi Bola Plastik sebagai Media Pembelajaran Bola Voli. 2(2), 26–31.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Tuan, L. T. (2012). An Empirical Research Into EFL Learners’ Motivation. Theory and Practice in Language Studies, 2(3), 430–439. https://doi.org/https://doi.org/10.4304/tpls.2.3.430-439

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Published

2024-04-26

How to Cite

Afirin Dwi Putri, & Andhega Wijaya. (2024). Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Voli terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 5(1), 70-77. https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.482