Minat Olahraga Renang Pada Siswa Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i1.289Keywords:
Minat, RenangAbstract
Minat adalah sesuatu kesukaan dan kesenangan pada sesuatu hal tanpa paksaan. Surve adalah menacari data awal pada suatu penelitian untuk memperoleh gambaran dari obyek yang ditelitinya. Survei merupakan penelitian yang mengumpulkan informasi dari suatu sampel dengan menanyakan melalui angket atau interview supaya nantinya menggambarkan berbagai aspek dari populasi. Minat merupakan suatu perasaan suka atau tertarik seseorang terhadap suatu objek atau aktivitas. Hal itu salah satunya ditunjukkan oleh minat siswa terhadap olahraga renang, terlebih renang merupakan salah satu materi pelajaran PJOK sehingga siswa harus meminatinya. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana minat olahraga renang pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Talibura? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (menyurvei) minat olahraga renang pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Talibura. Pendekatan penelitian ini adalah survei. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Talibura pada semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 89 siswa. Sampling pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh, sehingga semua anggota populasi ditetapkan menjadi sampel penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat olahraga renang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase.
References
Aminurrohim, A. W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2014). Survei Faktor-Faktor Penghambat Perencanaan Karir Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i2.3771
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini di SD Adiwiyata. ISLAMIKA, 2(1), 161–169. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.570
Arifin, S. (2017). PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Bangun, S. Y. (2019). PERAN PELATIH OLAHRAGA EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT OLAHRAGA PADA PESERTA DIDIK. JURNAL PRESTASI, 2(4), 29–37. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913
Huslah, H., & Hariyanto, E. (2020). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet Puslatcab Senam Lantai Usia 10-12 Tahun. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 45–56. https://doi.org/10.17977/um040v4i1p44-51
Kirom, A. (2017). PERAN GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69–80.
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA OLAHRAGA RENANG (LITERATURE REVIEW) | Destiawan | Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. (n.d.).
Meke, K. D. P., Astro, R. B., Bagenda, C., Sulaiman, S., Seda, P., & Djou, A. M. G. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Desain Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Survei pada Program Studi Ilmu Hukum Universitas Flores. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 934–943. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2060
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950
Prasetyo, D., Gani, R. A., & Ismaya, B. (2021). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Renang di SMA Negeri 5 Karawang: Student Interest in Learning Swimming. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 81–89. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4849
Rafiun, A. (n.d.). PENGARUH SENAM POCO-POCO TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS V SDN 03 SILA. 4.
Reftari, D. H., Suryana, A., & Setiaman, A. (2018). Komunikasi Pemasaran Olahraga Renang. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 247–260. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.13221
Sanjaya, P. M., Dongoran, M. F., & Nugroho, A. I. (2021). PELATIHAN PENANGANAN KECELAKAAN AIR DALAM PROSES PEMBELAJARAN OLAHRAGA RENANG BAGI GURU-GURU PJOK KABUPATEN MERAUKE. Indonesian Journal of Sport Community, 1(2), 55–64.
Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Yusuf, R. (2017). STUDI KASUS MINAT SISWA MTs HADIL ISHLAH BILEBANTE TERHADAP OLAHRAGA RENANG. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1), 411–420. https://doi.org/10.58258/jime.v3i1.145