Penggunaan Buku Ajar Motorik Berbasis Flipbook Pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.310Keywords:
Buku Ajar,Motorik, FlipbookAbstract
Penelitian ini menggunakan Buku yang sudah ISBN dan dikembangkan lagi menjadi buku berbentuk aplikasi Flipbook PDF Profesional yang layak dan baik. Buku tersebut berbentuk buku ebook yakni buku berbentuk digital, agar dapat meningkatkan kognitif mahasiswa pendidikan jasmani pada matakuliah motorik. Pada penilitian ini dilkukan di kampus IKIP Budi Utomo Malang dengan populasi berjumlah 300 orang dan sampel yang digunakan berjumlah 200 orang. Metode yang digunakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dan nantinya nilai pada siklus pertama dibandingkan dengan nilai siklus yang kedua untuk mengetahui peningkatan nilai tersebut karena setelah diperoleh pada siklus 2 nilai meningkat maka tidak perluh dilanjutkan ke siklus ke 3 karena nilai sudah diatas nilai KKM yang digunakan. Penelitian ini dilatarbelakangi akibat dari situasi pandemik dan pasca sesudah pandemik yang perluh menggunakan beberapa alternatif trobosan di dalam melakukan proses pembelajaran. Jadi pembelajaran biasa dilakukan dengan cara ofline dan khususnya online dan minat baca mahasiswa dapat tercapai serta kualitas dan proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan benar.
References
Afandi, A., & Susanto, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar pada Mata Kuliah Perkembangan Motorik Berbasis Aplikasi Lectora untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PJKR IKIP Budi Utomo Malang. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 2(1), Or 25–28.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Denisa, L., & Hakim, L. (2021). Pengembangan E-Modul Kontekstual Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Berbasis Flip Pdf Professional. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 79–87. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p79-87
Efriyanti, L., & Annas, F. (2020). Aplikasi Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Abad 21 bagi Pendidik dan Peserta Didik di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 5(1), 29–40. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3132
Ellysia, A., & Irfan, D. (2021). Pengembangan e-Modul Dengan Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 9(3), 91–96. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113525
Erwanto, E., Megawaty, D. A., & Parjito, P. (2022). APLIKASI SMART VILLAGE DALAM PENERAPAN GOVERMENT TO CITIZEN BERBASIS MOBILE PADA KELURAHAN CANDIMAS NATAR. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(2), 226–235. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i2.2029
Fahrezi, G., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Flip Book Kontekstual Berbasis Android Pada Materi Akuntansi Persediaan. Educatio, 16(1), 58–70. https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.3550
Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 102–115. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354
Gumelar, A., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. (2022). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Flip PDF Professional Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1412–1417. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.709
Mahardika, A. I., Wiranda, N., Arifuddin, M., Kamal, M., Erlina, M., & Yani, P. (2021). PELATIHAN DIGITALIASI MATERI AJAR MENGGUNAKAN FLIPBOOK PDF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BAHAN AJAR PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i4.3039
Munthe, R. D., Brata, K. C., & Fanani, L. (2018). Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(7), 2679–2688.
Rusli, M., & Antonius, L. (2019). Meningkatkan Kognitif Siswa SMAN I Jambi Melalui Modul Berbasis E-Book Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 1(1), 59–68. https://doi.org/10.30865/json.v1i1.1397
Sari, M. N., Daud, M., & Faradhillah, F. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL FLUIDA UNTUK PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8192
Sariyati, I. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 38–49.
Shanty, A. D., Handayani, A., & Saputro, B. A. (2022). PENGEMBANGAN METODE MEMBATIK ECOPRINT UNTUK MENUMBUHKAN MOTORIK HALUS ANAK TK. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 8(1). https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.13035
Susilawati, W. O. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PERKEMBANGAN SOSIAL AUD BERBASIS KARAKTER MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIPBOOK MAKER. Inspiratif Pendidikan, 10(2), 1–18. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.23519
Thahir, I., Kasman, Ddin, R., & Rhamadan, N. (2022). Pembuatan Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(3), 533–541. https://doi.org/10.33379/icom.v2i3.1785
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Achmad Afandi, Chindy Hanggara Rosa Indah, Ratno Susanto, Budijanto, Rizka Hadiwiyanti, Yuskhil Mushofi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.