Pengembangan Alat Bantu Berenang Flying Swimming untuk Pembelajaran Renang Pemula
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v2i1.102Keywords:
Pengembangan, RenangAbstract
Penelitian pengembangan atau Research and development (R&D) ini dilakukan dengan mengidentifikasi potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mendesain produk, membuatan produk, validasi ahli, dan uji coba produk. Pengembangan alat bantu berenang ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dan 10 orang responden. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa dan pelajar yang memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan instrument berupa angket. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat bantu berenang Flying Swimming adalah layak digunakan sebagai alat bantu belajar berenang. Hasil tersebut diperoleh dari hasil terakhir validasi a) ahli materi sebesar 95% atau layak; b) ahli media sebesar 88,46% atau layak; c) Responden sebesar 89,6% atau layak. Dengan demikian, kesimpulan bahwa alat bantu berenang flying swimming dinyatakan layak untuk pembelajaran renang.
References
Aisyah. (2012). Mengenal Olahraga Renang. In eBook (p. 39). PT Balai Pustaka (Persero). https://www.google.co.id/books/edition/Mengenal_Olahraga_renang/Kw19DQAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Arhesa, S. (2020). Jago Renang. In eBook (pp. 1–2). Ilmu Cemerlang Grup.
Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. In eBook1. Rineka Cipta.
Enik Yuliatin, M. N. (2012). Bugar dengan Olahraga. In eBook (pp. 25–26). PT Balai Pustaka (Persero).
García Reyes, L. E. (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 402–416.
Mashud. (2019). Variasi dan Kombinasi Dasar Gerak Renang (A. Kristiyandaru (ed.); 1st ed.). PJ JPOK FKIP ULM Press.
Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, & Martinus Budiantara. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. http://lppm.mercubuanayogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/BukuAjar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf
Pitwanto. (2019). Belajar Renang Gaya Dada Mudah dan Menyenangkan. In eBook (p. 2). Deepublish.
Priana, A. (2019). Pengaruh Alat Bantu Latihan Pull Buoy Terhadap Prestasi Renang Gaya Dada. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(1), 9–14. https://doi.org/10.37058/sport.v3i1.745
Saifullah, A. (2020). Media Bantu Pembelajaran Sains. In eBook (pp. 56–57). CV Jejak. https://www.google.co.id/books/edition/Visual_Image_Science_Corner_Media_Bantu/5EcREAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Penegmbangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In eBook (p. 8). Aswaja Presindo. https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_PENELITIAN_PENGEMBANGAN_RESEAR/O2nsDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. In eBook (p. 74). Prenada Media. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Pendidikan_Pengembanga/SnADwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Tyler, C. R. O. dan J. B. (2008). Dasar-Dasar Renang (B. Gow (ed.)). Angkasa Bandung.
Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah, 11(1), 131–144.