Deskripsi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran IPAS

Authors

  • Mohammad Aminulloh MI Tarbiyatus Sibyan
  • Abidatillah MI Tarbiyatus Sibyan

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v5i2.683

Keywords:

Learning Model, Student Team Achievement Division

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses implementasi model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada siswa kelas VI MI Tarbiyatus Sibyan yang telah di laksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2024-2025. Metode penelitian yang dipilih peneliti untuk digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 6 MI Tarbiyatus Sibyan yang berjumlah 15 siswa. Berdasarkan hasil pengumpulan data, diperoleh infomasi bahwa rata-rata siswa merasa senang terhadap guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD), para siswa juga setuju terhadap guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD), dan guru sudah menerapkan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) yang sesuai dengan pendapat ahli, antara lain: 1) langkah yang pertama dilakukan guru adalah menyajikan dan menjelaskan materi, 2) Langkah kedua para siswa bergabung dalam beberapa kelompok yang terdiri dari empat sampai enam orang siswa sebagai anggota kelompok yang dipilih secara heterogen yang terdiri dari siswa dengan latar belakang yang berbeda dari segi prestasi akademik, jenis kelamin, suku, dll., 3) Kemudian langkah ketiga guru memberikan dan menjelaskan tugas kepada setiap kelompok yang berisi suatu topik untuk dibahas secara berkelompok, 4) langkah keempat dilakukan tes berupa kuis secara Tanya jawab antar kelompok dengan tujuan untuk mengetahui nilai setiap siswa dan nilai setiap kelompok, dan 5) Penguatan atau pembahasan yang dilakukan oleh guru guna untuk menambah pemahaman setiap siswa.

References

Abbas, Irawan dan Naim Mohamad. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (students Teams Achievement DivisionUntuk Meningkatatkan Tingkat Keaktifan dan Prestasi Belajaran Mata Pelajaran Sejaran. Jurnal Metafora. 1 (2). 156-169.

Afandi, Mohammad, & Irawan, Dedy. 2013. Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Di Sekolah Dasar. Penerbit UNISSULA Press: Semarang.

Andira, Ayu., dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman. Interference Journal of Language, Literature, and Linguistics. 1 (2). 128-133

Anselm Strauss dan Juliet Corbin. 1997. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif Prosedur, Tehnik, dan Teori. Surabaya: Bina Ilmu Ofset.

Best, John. W. 1982. Metodologi Penelitian dan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Kasmawati. 2017. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam Iqra’. 11 (1). 1-12

Lie, Anita. 2003. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-. Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo Widia Sarana.

Mahannani, p., Suci, El. 2022. Penerapan Metode Kooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambak Rejo Gurah Kediri. PTK. 2 (2). 86-93.

Makki, M. Ismail dan Aflahah. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Duta Media: Pamekasan

Muslimin Ibrahim. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah: Buku Ajar Mahasiswa. Surabaya: UNS

Nawawi, Hadari dan Martini, Hadari. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurjannah. 2021. Implementasi Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Upaya Guru Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Materi Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Pontianak. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran. 1(1). 80-87

Nurvi. Dkk. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Dribbling Dan Shootng (Kaki Bagian Dalam) Sepak Bola. Jambura Sports Coaching Academic Journal. 2 (2). 140-153

Santi, Pradila. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II.B SDN. 004 Teratak Buluh. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 6 (5). 1539-1552

Setyowati, Apriliani, Sitorus, O., Fitriana. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. PIONIR: Jurnal Pendidikan. 11 (3). 46-57

Simamora, Aprido B., dkk. 2024. Model Pembelajaran Kooperatif. Tasikmalaya: Rumah Cemerlang

Sitio, Hetdy., dkk. 2021. Penerapana Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi. 1 (1). 221-235

Slavin, E. Robert. 2008, Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik, Edisi kedelapan Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Wulandari I. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) Dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda. 4(1). 17-23

Published

2024-12-31

How to Cite

Aminulloh, M., & Abidatillah. (2024). Deskripsi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 5(2), 91-98. https://doi.org/10.46838/jbic.v5i2.683