GENERASI MILENIAL INOVATIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Adjie Sumantri MAN Insan Cendekia Jambi – Pijoan, Muaro Jambi, Jambi
  • Yulleila MAN Insan Cendekia Jambi – Pijoan, Muaro Jambi, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v1i2.55

Keywords:

Generasi Milenial, Revolusi Industri 4.0, Penelitian, Inovasi

Abstract

Dewasa ini Indonesia sedang hangat-hangatnya membahas topik mengenai Revolusi Industri 4.0. Era Revolusi Industri 4.0 ini dengan masifnya perkembangan teknologi di sejumlah bidang seperti robotika, bioteknologi, nanoteknologi, internet of things, komputasi kuantum dll. Revolusi Industri telah masuk kedalam sendi kehidupan manusia melalui perkembangan teknologi.

                 Dibutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas untuk menunjang revolusi industri 4.0, gelombang revolusi industri ini akan menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia terutama pada generasi milenial. Generasi milenial menjadi pondasi utama yang akan menentukan apakah kita mampu bersaing dan beradaptasi serta mengambil peran besar didalamya untuk kemajuan bangsa Indonesia.

                Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan generasi milenial yang unggul terutama di bidang teknologi, generasi milenial harus mulai berinisiatif untuk menghadapi tantangan ini. Selama ini kita hanya asyik menjadi penikmat dari pesatnya arus revolusi Industri 4.0.

                Penelitian ini membahas tentang bagaimana cara generasi milenial Indonesia bisa survive dan beradaptasi di era revolusi industri 4.0, yaitu melalui kegiatan penelitian oleh Organisasi Sturec (Student Research Center) di MAN Insan Cendekia Jambi. Generasi milenial (siswa-siswi)  akan diajak untuk melakuakn riset dan inovasi pada banyak obyek penelitian yang mereka minati, mulai dari sosial, ekonomi, dan teknologi. Semua aspek yang menjadi dampak positif adanya Sturec ini bagi generasi milenial akan dijelaskan secara singkat dan tepat selanjutnya.

                Penelitian ini bertujuan untuk : Mendeskripsikan Implikasi Sturec  dalam mempersiapkan generasi millennial menghadapi Era 4.0. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan  wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data sebagai menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tahapan: 1) Reduksi Data 2) Penyajian Data dan 3) Kesimpulan.

                 Hasil penelitian ini menemukan bahwa :1) Program Sturec dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa-sisiwi di bidang riset.2) melalui bentuk kegiatan Sturec dapat mempersiapkan generasi milenial dalam menghadapai era revolusi industri 4.0. 3) Melalui Sturec minat dan pemahaman siswa-siswi di bidang riset meningkat. 4) Pemahaman tenteng penelitian/riset sangat urgen dalam mempersiapkan generasi milenial menghadapi era revolusi industri 4.0. 5) Sturec sangat bermanfaat dalam mempersiapkan generasi milenial menghadapi revolusi industri 4.0. 6) Sturec dapat menciptakan siswa-siswi yang berprestasi dalam menghadapi era 4.0. Temuan ini membuktikan bahwa Sturec memiliki implikasi dalam upaya mempersiapkan generasi milenial menghadapai revolusi industri 4.0.

Published

2019-11-30 — Updated on 2020-12-18

Versions

How to Cite

Adjie Sumantri, & Yulleila. (2020). GENERASI MILENIAL INOVATIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 1(2), 86-98. https://doi.org/10.46838/jbic.v1i2.55 (Original work published November 30, 2019)