Pengaruh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap Kesiapan Generasi Milenial dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Hazmin Nabit Alfayyadh MAN Insan Cendekia Jambi – Pijoan, Muaro Jambi, Jambi
  • Mubaid Isngari MAN Insan Cendekia Jambi – Pijoan, Muaro Jambi, Jambi
  • M. Bustanul Arifin MAN Insan Cendekia Jambi – Pijoan, Muaro Jambi, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v1i2.53

Keywords:

OSIS, Generasi Milenial, Revolusi Industri 4.0, MAN Insan Cendekia Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Organisasi Siswa Intra Sekolah terhadap kesiapan generasi milenial dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Manfaat penelitian untuk menjadikan OSIS MAN Insan Cendekia Jambi agar dapat dijadikan sebagai media untuk menyiapkan generasi milenial untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan langkah angket dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa persentase dengan rumus P = f/N x 100% sehingga didapatkan data berupa angka yang kemudian di klasifikasikan berdasarkan kriteria menurut Arikunto. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling dengan jumlah 30 responden yang terdiri dari anggota dan pengurus OSIS MAN Insan Cendekia Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN Insan Cendekia Jambi memilki pengaruh terhadap kesiapan  generasi milenial dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 sebesar 78%. Artinya ada 22% faktor lain yang mempengaruhi kesiapan generasi milenial dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Published

2019-11-30 — Updated on 2020-12-24

Versions

How to Cite

Hazmin Nabit Alfayyadh, Mubaid Isngari, & M. Bustanul Arifin. (2020). Pengaruh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap Kesiapan Generasi Milenial dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 1(2), 75-85. https://doi.org/10.46838/jbic.v1i2.53 (Original work published November 30, 2019)