Strategi Pendidikan Anak Jalanan Oleh Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) di Kota Malang

Authors

  • Indari Universitas Negeri Surabaya
  • ST Fatimah MTsN Sumber Bungur Pamekasan 3
  • Dalilah Madrasah Aliyah Sumber Bungur

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v4i2.472

Keywords:

Pendidikan, Anak Jalanan, Stategi, Pemberdayaan

Abstract

Permasalahan anak jalanan sebagai permasalahan yang tak ada ujung pangkalnya, bagaikan lingkaran setan yang tak habis-habisnya. Dalam penangannya  diperlukan adanya penelitian terhadap program pemberdayaan anak jalanan yang dilakukan JKJT dalam rangka pengentasan anak jalanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi JKJT dalam rangka meningkatkan pengentasan anak jalanan. Program pembinaan yang diberikan oleh JKJT kepada anak jalan tidak hanya dibidang pendidikan. Rendahnya tingkat pendidikan anak dan remaja jalan tidak luput dari perhatian Agustinus Tedja selaku pendiri JKJT. Selain mendirikan rumah belajar untuk anak dan remaja jalanan, Agustinus Tedja juga memberikan pelatihan skill dan keterampilan lainya kepada anak asuhnya, seperti fotografi, memasak, menjahit, merakit CCTV, kerajinan kayu dan musik.

Published

2024-02-10

How to Cite

Indari, ST Fatimah, & Dalilah. (2024). Strategi Pendidikan Anak Jalanan Oleh Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) di Kota Malang. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 4(2), 37-43. https://doi.org/10.46838/jbic.v4i2.472