Pembinaan Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kompetensi Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Siswa

Authors

  • Ambok Pera Afrizal MAN 2 Kota Jambi Provinsi Jambi

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v3i2.223

Keywords:

Kompetensi Guru, Kepala Madrasah, Microsoft Excel

Abstract

Penelitian Tindakan Madrasah (PTM) ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menilai kinerja siswa menggunakan Microsoft Excel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Madrasah (PTM). Subyek penelitian ini adalah 13 guru di MAN 2 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah salah satu dari instruksi, pembinaan, observasi, dan diskusi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Artinya, siklus I menggunakan metode bimbingan berkelanjutan. Pada siklus I rata-rata persentase kinerja guru dalam mendokumentasikan hasil penilaian adalah 65,64%, dan pada siklus II 87,44% ditemukan kecurangan. %. Oleh karena itu, Siklus I mengalami peningkatan sebesar 21,79. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah: 2. Pembelajaran berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan Microsoft Excel untuk melakukan evaluasi kinerja guru. Hal ini didukung oleh observasi yang menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melakukan penilaian siswa meningkat pada setiap siklus. Pada siklus I rata-rata kemampuan guru dalam menilai guru sebesar 65,64%, dan pada siklus II sebesar 87,44%. Oleh karena itu, Siklus I mengalami peningkatan sebesar 21,79.

Published

2022-12-26

How to Cite

Ambok Pera Afrizal. (2022). Pembinaan Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kompetensi Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Siswa. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 3(2). https://doi.org/10.46838/jbic.v3i2.223