Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru MAN Kabupaten Bungo Jambi

Authors

  • Masniah MAN 2 Kabupaten Bungo Provinsi Jambi

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v3i2.222

Keywords:

Profesionalisme Guru, Pengawasan, Kepala Madrasah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan peran supervisi kepala madrasah terhadap profesionalisme guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan madrasah. Wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan sebagai teknik analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil supervisi yang dilakukan kepala madrasah dapat meningkatkan penerapan profesionalisme guru. Hal ini juga membuktikan bahwa supervisi kepala madrasah dan pertemuan individu dengan masing-masing guru berperan sangat penting dalam meningkatkan pelaksanaan tugas pokok guru untuk mencerminkan proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah proses pembelajaran di kelas memberikan umpan balik yang baik antara guru dan siswa ketika peran pengawasan pemimpin sekolah dijalankan secara konsisten.

Published

2022-12-24

How to Cite

Masniah. (2022). Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru MAN Kabupaten Bungo Jambi. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 3(2). https://doi.org/10.46838/jbic.v3i2.222