Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru di MAN 2 Bungo Provinsi Jambi (Studi Kasus: Penelitian Tindakan Madrasah)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan peran supervisi kepala madrasah terhadap profesionalisme guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan madrasah. Wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan sebagai teknik analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil supervisi yang dilakukan kepala madrasah dapat meningkatkan penerapan profesionalisme guru. Hal ini juga membuktikan bahwa supervisi kepala madrasah dan pertemuan individu dengan masing-masing guru berperan sangat penting dalam meningkatkan pelaksanaan tugas pokok guru untuk mencerminkan proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah proses pembelajaran di kelas memberikan umpan balik yang baik antara guru dan siswa ketika peran pengawasan pemimpin sekolah dijalankan secara konsisten.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.