Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di Min 2 Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.46838/jbic.v3i1.146Keywords:
Manajemen Berbasis Sekolah, Evaluasi, MIN 2 Muaro JambiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengevaluasi tingkat keberhasilan, manfaat dan kendala penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MIN 2 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, studi dokumen, dan wawancara dengan Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan, Komite Madrasah, Masyarakat dan Siswa. Dalam memvalidasi data digunakan teknik triangulasi yang berkaitan dengan sumber data dan metode. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan MBS ditinjau dari konteks, masukan, proses dan hasil sangat efektif, karena berdampak pada: peningkatan mutu pendidikan, kesadaran madrasah dan masyarakat, tanggung jawab madrasah kepada panitia, orang tua siswa, masyarakat dan pemerintah serta meningkatkan persaingan yang sehat antar madrasah.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Muhammad Arsyad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.