Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di Min 2 Muaro Jambi

Authors

  • Muhammad Arsyad MIN 2 Muaro Jambi

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v3i1.146

Keywords:

Manajemen Berbasis Sekolah, Evaluasi, MIN 2 Muaro Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengevaluasi tingkat keberhasilan, manfaat dan kendala penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MIN 2 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, studi dokumen, dan wawancara dengan Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan, Komite Madrasah, Masyarakat dan Siswa. Dalam memvalidasi data digunakan teknik triangulasi yang berkaitan dengan sumber data dan metode. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan MBS ditinjau dari konteks, masukan, proses dan hasil sangat efektif, karena berdampak pada: peningkatan mutu pendidikan, kesadaran madrasah dan masyarakat, tanggung jawab madrasah kepada panitia, orang tua siswa, masyarakat dan pemerintah serta meningkatkan persaingan yang sehat antar madrasah.

Published

2022-04-15

How to Cite

Muhammad Arsyad. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di Min 2 Muaro Jambi. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 3(1). https://doi.org/10.46838/jbic.v3i1.146