Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah

Authors

  • Asniyati SMPN 19 Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v2i2.116

Keywords:

Manajemen, Peningkatan Mutu, Berbasis Sekolah

Abstract

Manajemen Bebasis Sekolah memberikan otonomi yang lebih besar kepada sekolah. Sekolah memiliki kewenangan dan tanggungjawab yang besar dalam mengelola sekolah lebih mandiri. Dengan kemandiriannya, sekolah lebih berdaya dalam mengembangkan program-program yang tentu saja lebih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan/potensi yang dimiliki. Dengan fleksibelitas/keluwesan-keluwesannya sekolah akan lebih lincah dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya sekolah secara optimal. Dengan partisivasi/pelibatan warga sekolah, rasa memiliki terhadap sekolah dapat ditingkatkan. Manajemen Berbasis Sekolah bertujuan maningkatkan kinerja sekolah melalui kewenangan dan tanggunmgjawab lebih besar kepada sekolah yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip tata pengelolaan sekolah yang lebih baik, yaitu partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas.

Published

2021-06-30 — Updated on 2022-06-18

Versions

How to Cite

Asniyati. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 3(1). https://doi.org/10.46838/jbic.v2i2.116 (Original work published June 30, 2021)