Implementasi Sistem Hidroponik dalam Mendukung Ketahanan Pangan Masyarakat di Desa Kepunten

Authors

  • Nelly Sukma Nabillah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bayu Akbar Harmono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Marselino Alan Tata Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wili Wardiman Putra Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Gregorius Diva Kurnia Jenali Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Aura Meutia Pangesti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Silvia Nur Pratama Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dea Amirotul Ahlam Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.46838/ic.v3i2.851

Keywords:

Hidroponik; Ketahanan Pangan; Pemberdayaan Masyarakat; Desa Kepunten

Abstract

Ketahanan pangan menjadi isu penting di wilayah pedesaan yang memiliki potensi lahan namun belum dimanfaatkan secara optimal. Desa Kepunten memiliki lahan yang memungkinkan pengembangan budidaya tanaman hidroponik sebagai alternatif bercocok tanam yang efisien dan ramah lingkungan. Kegiatan ini bertujuan mengimplementasikan sistem hidroponik sekaligus meningkatkan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan partisipatif, melibatkan mahasiswa, perangkat desa, dan perwakilan warga. Tahapan kegiatan meliputi persiapan lahan, perendaman bibit selama 24 jam di tempat gelap, pemantauan pertumbuhan tunas, pemindahan bibit ke media rockwool, serta penempatan pada wadah hidroponik. Hasil sementara menunjukkan sebagian bibit tidak bertunas sesuai target waktu, sehingga waktu perendaman diperpanjang menjadi 36 jam untuk meningkatkan keberhasilan perkecambahan. Antusiasme masyarakat cukup tinggi, meskipun masih ada kendala teknis seperti pemilihan bibit yang tepat. Walaupun hasil panen belum dapat dinilai secara kuantitatif karena proses budidaya masih berlangsung, kegiatan ini berpotensi menjadi model pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.

References

Harefa, D. (2022). Student Difficulties in Learning Mathematics. AFORE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 78–86. https://doi.org/10.57094/afore.v1i2.431

Laily, S. F. R., Ribawanto, H., & Nurani, F. (2014). Pemberdayaan Petani Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan(Studi di Desa Betet, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk). Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 2(1), 147–153.

Mujab, S. (2025). Pendidikan Karakter Kebangsaan Pesantren Mahasiswa PTKIN Di Ma’had Al-Jami’ah UIN Maliki Malang. JEID : Journal of Educational Integration and Development, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.55868/jeid.v5i1.389

Sekretariat Negara Republik Indonesia. (2012). UU RI No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012, 1–83.

Susilawati. (2019). Dasar – Dasar Bertanam Secara Hidroponik.

Wulansari, W. (2018). Penerapan Hidroponik Sistem Sumbu Pada Pembelajaran Keterampilan Terhadap Kemampuan Mengenal Alat Dan Bahan Bagi Tunagrahita. Universitas Negeri Surabaya, 1–10.

Published

2025-09-16

How to Cite

Nabillah, N. S. ., Harmono, B. A. ., Tata, M. A. ., Putra, W. W. ., Jenali, G. D. K. ., Pangesti, A. M. ., Putri, S. N. P. ., & Ahlam, D. A. . (2025). Implementasi Sistem Hidroponik dalam Mendukung Ketahanan Pangan Masyarakat di Desa Kepunten. INSAN CENDEKIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 258-264. https://doi.org/10.46838/ic.v3i2.851

Most read articles by the same author(s)