Pengaruh Permainan Hulahoop pada Motorik Kasar Anak di SDN Kayangan 2 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v5i2.535Keywords:
Permainan, Hulahoop, Motorik Kasar, Sekolah DasarAbstract
Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui terkait dengan pengaruh permainan hulahoop terhadap motorik kasar, metode penelitian dengan deskriptif kuantitatif. Dengan adanya untuk melihat hasil perlakuan, populasi kelas 1 pada SDN kayangan dan jumlah sampel 30 siswa dengan penentuan sampel dengan purposive sampling, hasil uji deskriptif pre test di peroleh data nilai min 72.00, max 90.00, mean 80.3000, dan standart deviasi 4.39553. dan post test diperoleh data nilai min 74.00, max 92.00, mean 82.3667, SD 4.59748. Berdasarkan uji t menunjukkan nilai signifikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05, untuk itu hasil tersebut menjelaskan adanya perbedaan antara hasil sebelum dan sesudah melaksanakan permainan. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan hulahoop pada motorik kasar anak.
References
Burhaein, E. (2017). Indonesian Journal of Primary Education Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58.
Fikriyah, S. N. (2021). Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Tajem. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 200–207. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.121
Firdaus, A., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Senam Ritmik. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 1(1), 25–39. https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3543
Jamshed, S. (2014). Qualitative research method-interviewing and observation. Journal of Basic and Clinical Pharmacy, 5(4), 87. https://doi.org/10.4103/0976-0105.141942
Leisman, G., Braun-Benjamin, O., & Melillo, R. (2014). Cognitive-motor interactions of the basal ganglia in development. Frontiers in Systems Neuroscience, 8(FEB), 1–18. https://doi.org/10.3389/fnsys.2014.00016
Okmayanti. (2012). Peningkatan Motorik Kasar Anak melalui permainan hula hop di taman kanak - kanak AL quran al - islam kota sawahlunto. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(2), 11.
Opstoel, K., Chapelle, L., Prins, F. J., De Meester, A., Haerens, L., van Tartwijk, J., & De Martelaer, K. (2020). Personal and social development in physical education and sports: A review study. European Physical Education Review, 26(4), 797–813. https://doi.org/10.1177/1356336X19882054
Puspita, D., Calista, W., & Suyadi, S. (2018). Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Usia Dasar: Masalah Dan Perkembangannya. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(2), 170–182. https://doi.org/10.19109/jip.v4i2.2780
Rinaldi, M., & Sabari, M. (2019). Tingkat Kemampuan Motorik Siswa Kelas Atas Di Sekolah Dasar Negeri Gadingan Wates Tahun 2018/2019. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Olahraga, 1(2), 2–5.
Rizky, O. B., & Chairuna, C. (2017). Studi Deskriptif Kemampuan Motorik Kasar Siswa Kelas a Paud It Baitul Izzah Kota Bengkulu. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2), 16–18. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4258
Rosnida, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Busa Geometri di Taman Kanak-kanak Sejati Ketaping Batang Anai Kab. Padang Pariaman. Journal on Teacher Education, 1(1), 57–69. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.505
Rozana, S. (2019). Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Engklek Di PAUD Al-Ashry Kel. Pekan Selesai Kec. Selesai - Langkat. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 12(2), 132–142.
Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak Tradisional Games in Improving Children’S Basic Abilities. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 48–53.
Van Capelle, A., Broderick, C. R., van Doorn, N., E.Ward, R., & Parmenter, B. J. (2017). Interventions to improve fundamental motor skills in pre-school aged children: A systematic review and meta-analysis. Journal of Science and Medicine in Sport, 20(7), 658–666. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2016.11.008
Zhang, L., Sun, J., Richards, B., Davidson, K., & Rao, N. (2018). Motor Skills and Executive Function Contribute to Early Achievement in East Asia and the Pacific. Early Education and Development, 29(8), 1061–1080. https://doi.org/10.1080/10409289.2018.1510204