Studi Komparatif Status Gizi dan Kebugaran Jasmani Antara Siswa Laki-laki dan Perempuan di MTs Darul Huda Wlingi, Kabupaten Blitar
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.534Keywords:
Studi Komparatif, Status Gizi, Kebugaran Jasmani, Siswa Laki-laki, Siswa PerempuanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis status gizi dan kebugaran jasmani pada siswa-siswi di MTs Darul Huda, Wlingi, Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung. Sampel terdiri dari 28 responden, yang diukur tinggi badan, berat badan, serta performa dalam aktivitas fisik seperti sit-up, pull-up, vertical jump, speed 60m, dan lari jarak jauh 1000m-1200m. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 67% responden memiliki status gizi yang normal. Sementara itu, dari tes kebugaran jasmani, didapatkan bahwa sebanyak 14,5% responden masuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan aktivitas olahraga, terutama bagi remaja, guna menjaga kondisi fisik yang optimal. Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran komprehensif tentang kondisi gizi dan kebugaran jasmani pada populasi siswa-siswi di MTs Darul Huda, Wlingi, Kabupaten Blitar, serta menyoroti pentingnya peran olahraga dalam menjaga kesehatan fisik pada usia remaja.
References
Huda, M. M., Wahyudi, U., & Darmawan, A. (2023). Kebugaran jasmani di SMPN Se-Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 12(2), 74–88. https://doi.org/10.33558/motion.v12i2.7886
Hulaila, A., Shaluhiyah, Z., & Winarni, S. (2024). Need Assessments of Learning Model for Anemia Prevention Among Vocational High School Students. Jurnal Promkes, 12(SI 1), 65–75.
Jasna, P., Miloš, P., & Ružena, P. (2020). Comparative Analysis of the Physical Activity, Nutrition and Health Behaviour in Physical Education Students: Gender Differences. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(2), 676–687. https://doi.org/10.33258/biolae.v2i2.287
Lobelo, F., Muth, N. D., Hanson, S., Nemeth, B. A., LaBella, C. R., Brooks, M. A., & Walsh, S. M. (2020). Physical activity assessment and counseling in pediatric clinical settings. . . Pediatrics, 145(3).
Nugroho, F. A., Ginting, M. S. R., & Diana, N. (2015). Kadar NF- Kβ Pankreas Tikus Model Type 2 Diabetes Mellitus dengan Pemberian Tepung Susu Sapi. Indonesian Journal of Human Nutrition, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2015.002.02.4
Rozi, F. (2021). ANALYSIS OF THE NUTRITIONAL STATUS OF IAIN SALATIGA STUDENTS IN PHYSICAL EDUCATION LECTURES. Jurnal PHEDHERAL, 18(1), 18–26.
Samaržija, D. V, Pavlić, L., & Alić, J. (2023). Differences in Students’ Physical Self-Perception in PE Classes According to Gender and Nutritional Status. Journal of Elementary Education, 16(4), 393–407.
Sánchez-Díaz, S., Yanci, J., Raya-González, J., Scanlan, A. T., & Castillo, D. (2021). A Comparison in Physical Fitness Attributes, Physical Activity Behaviors, Nutritional Habits, and Nutritional Knowledge Between Elite Male and Female Youth Basketball Players. Frontiers in Psychology, 12(May), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.685203
Saparia, A., Iskar, I., & Abduh, I. (2022). Analisis hubungan status gizi terhadap tingkat kebugaran Jasmani remaja umur 16-17 tahun. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(2), 126. https://doi.org/10.26418/jilo.v4i2.52540
Schulz, K. H., Patra, S., Spielmann, H., Klapdor, S., Schlüter, K., & van Eckert, S. (2017). Physical condition, nutritional status, fatigue, and quality of life in oncological out-patients. SAGE Open Medicine, 5(2050312117743674).
Song, Y., Liu, J., Zhao, Y., Gong, L., Chen, Q., Jiang, X., Zhang, J., Hao, Y., Zhou, H., Lou, X., & Wang, X. (2023). Unhealthy lifestyles and clusters status among 3637 adolescents aged 11–23 years: a school-based cross-sectional study in China. BMC Public Health, 23(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/s12889-023-16197-3
Suryadi, D. (2022). Analisis kebugaran jasmani siswa: Studi komparatif antara ekstrakurikuler bolabasket dan futsal. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 3, 100–110. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2022.vol3(2).9280
Wirnitzer, K. C., Tanous, D. R., Motevalli, M., Göbel, G., Wirnitzer, G., Drenowatz, C., & Kirschner, W. (2022). Study protocol of “From Science 2 School”—Prevalence of sports and physical exercise linked to omnivorous, vegetarian and vegan, diets among Austrian secondary schools. Frontiers in Sports and Active Living, 4(967915).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Indra Gunawan Pratama Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.