Analisis Indeks Tingkat Partisipasi Olahraga Siswa di Sekolah : Kajian dalam Perspektif Gander SMP dan SMA Se-Bandung Raya
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.529Keywords:
Olahraga; Partisipasi OlahragaAbstract
Penelitian ini membahas tentang analisis mengenai indek tingkat partisipasi olahraga siswa di tingkat SMP dan SMA Se-Bandung Raya yang dikaji dalam persprektif gander SMP dan SMA Se-Bandung Raya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan penelitian deskriptif.ada sebanyak 323 siswa sekolah SMP dan SMA yang terlibat dalam penelitian ini. Data diperoleh dengan mengukur partisipasi olahraga sebagai salah satu kajian perspektif gander SMP dan SMA Se-Bandung Raya menjadi partisipasi dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukan bahwa tingkat parisipasi olahraga siswa 2 SMP dan SMA Se-Bandung Raya mencapai 81% persentase siswa tertinggi yang melakukan kegiatan aktivitas fisik yaitu dua kali dalam seminggu sebanyak 39% selanjutnya waktu yang sering siswa gunakan ketika berolahraga 0-20 menit dengan persentase 32% dan siswa yang intens melakukan kegiatan olahraga tertinggi yaitu dalam kategori sedang persentase 32% hal tersebut menunjukan bahwa masih banyak siswa SMP dan SMA Se-Bandung Raya yang masih aktif dalam melakukan olahraga/aktivitas fisik setiap minggunya. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa tingkat partisipasi olahraga aktivitas fisik masih banyak diminati oleh siswa SMP dan SMA Se-Bandung Raya.
References
Aguss. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPATU BATOK UNTUK PEMBELAJARANSEPAK BOLA PENDIDIKAN JASMANI , OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWASEKOLAH DASAR ABSTRAK PENDAHULUAN Pendidikan jasmani , olahraga dan kesehatan pada hakekatnya adalah “ suatu proses pendidikan yang mem. 43–53.
Alkatheri, A. M., Bustami, R. T., Albekairy, A. M., Alanizi, A. H., Alnafesah, R., Almodaimegh, H., & Qandil, A. M. (2020). Quality of life and stress level among health professions students. Health Professions Education, 6(2), 201–210.
Burrow, S. (2020). Recognition, Respect and Athletic Excellence. Sport, Ethics and Philosophy, 14(1), 76–91. https://doi.org/10.1080/17511321.2018.1539510
Damsir, D., Idris, M., & Rury Rizhardi. (2021). SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAN PERTAMA. Jolma Universitas Pgri Palembang, I(I), 41–53.
Fahrizqi, E. B., Mahfud, I., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2020). Tingkat kebugaran jasmani mahasiswa olahraga selama new normal pandemi covid-19. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 8(2), 53–62.
Hardiyono, B. (2020). Tingkat Kecemasan Sebelum Bertanding Dan Percaya Diri Pada Saat Bertanding Atlet Pelatda Pengprov Fpti Sumatera Selatan. Kinestetik, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10399
Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14911
Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., & Nanda, F. A. (2020). Physical Activity, Nutritional Status, Basal Metabolic Rate, and Total Energy Expenditure of Indonesia Migrant Workers during Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 122–128. https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i2.26791
Knight, C. J. (2019). Revealing findings in youth sport parenting research. Kinesiology Review, 8(3), 252–259.
Liu, Z., Shentu, M., Xue, Y., Yin, Y., Wang, Z., Tang, L., Zhang, Y., & Zheng, W. (2023). Sport–gender stereotypes and their impact on impression evaluations. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.1057/s41599-023-02132-9
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
Muhammadiah, M., Hamsiah, A., Fatmayati, F., Utami, Y. R. W., & Prabowo, I. A. (2023). Utilization of Facebook as an Online Platform-Based Learning Media. Journal Emerging Technologies in Education, 1(6), 342–353. https://doi.org/10.55849/jete.v1i6.631
Pranata, D., & Kumaat, N. (2022). Pengaruh Olahraga Dan Model Latihan Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani Remaja: Literature Review. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 10(02), 107–116.
Prawoto, I., Rohmah, S. N., & Sunarya, F. R. (2020). Peran Preventif Pemimpin Dalam Pencegahan Penyebaran COVID-19; Strategi Syaykh Al-Zaytun di Ma’had Al-Zaytun dan Kontribusinya Terhadap Masyarakat Sekitar. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 403–422. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15571
Ramadan, J., Farhanto, G., & Setiawan, W. (2021). Studi Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Berolahraga Di RTH Se-Kabupaten Banyuwangi. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 2(1), 139–144. https://doi.org/10.46838/spr.v2i1.97
Strandbu, Å., Bakken, A., & Stefansen, K. (2020). The continued importance of family sport culture for sport participation during the teenage years. Sport, Education and Society, 25(8), 931–945. https://doi.org/10.1080/13573322.2019.1676221
Sugiyono, P. D. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (Issue January).
Triono, S. D., & Laksono, A. (2017). Ketersediaan Infrastruktur Olahraga dan Dukungan Pimpinan terhadap Frekuensi Partisipasi Olahraga. Jurnal Olahraga, 3(2), 51–60. https://doi.org/10.37742/jo.v3i2.72
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Mita Nur Mardiana Rosmayanti Rosmayanti, Carsiwan Carsiwan, Burhan Hambali Hambali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.