Pengembangan Strategi Manajemen Pemasaran Olahraga di Kabupaten Jember: Studi Kasus pada Industri Pariwisata dan Pendidikan Jasmani

Authors

  • Bahtiar Hari Hardovi Hardovi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Amin Pujiati Pujiati Universitas Negeri Semarang
  • Ricky Wirasasmita Wirasasmita Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Suwarno Suwarno SMA Negeri 1 Pabelan, Kab. Semarang, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.500

Keywords:

Strategi Manajemen Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan strategi manajemen pemasaran olahraga di Kabupaten Jember, khususnya dalam konteks industri pariwisata dan pendidikan jasmani. Melalui pendekatan kualitatif dan studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi potensi serta tantangan dalam memasarkan olahraga sebagai bagian dari daya tarik pariwisata lokal dan pendidikan jasmani di Kabupaten Jember. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan terkait, observasi, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang dinamika manajemen pemasaran olahraga di Kabupaten Jember serta menyusun rekomendasi strategis untuk pengembangan lebih lanjut.

References

Akbar, A., Harahap, R. H., & Rujiman, R. (2021). Upaya Pengembangan Sektor Pariwisata Melalui Peran Kreativitas Pemuda. Perspektif, 11(1), 69–76. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i1.5338

Arifin, I., & Prawiro, A. M. B. (2022). Prinsip-Prinsip dalam Pemasaran Syariah. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 5(2), 261. https://doi.org/10.24853/ma.5.2.261-274

Azizah, N. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran. Yayasan Kita Menulis, 2(6).

Buditiawan, K., & Harmono. (2020). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kabupaten Jember. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 15(1), 37–50. https://doi.org/10.47441/jkp.v15i1.50

Handayani, M. T. (2022). Manajemen Pemasaran Adalah. Ekrut Media.

Kurniawan, A., Nuratillah, D. A., & Munawaroh, M. (2022). Manajemen Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Islamic Center Cirebon dalam Membangun Brand Image untuk Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik. Holistik : Journal For Islamic Social Sciences, 6(1), 12–23. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/view/8352

Nugroho, S. (2020). Industri olahraga. UNY Press.

Nurjanah, N. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Medium, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2412

Putri David, N. A. A., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Implementasi Strategi Manajemen Pemasaran Bank Syariah di Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 6(02), 143–162. https://doi.org/10.33507/labatila.v6i02.1023

Senjaya, M. (2021). Strategi Pemasaran Jasa terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Prismakom, 18(1).

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.

Sukarmin, Y. (2015). PEMASARAN OLAHRAGA MELALUI BERBAGAI EVENT OLAHRAGA. MEDIKORA, 2. https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4692

Suyono, S., & Putra, F. A. B. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda Dan Olahraga Dalam Upaya Mengembangkan Pariwisata Di Kabupaten Situbondo. MEDIAKOM, 1(1). https://doi.org/10.32528/mdk.v1i1.677

Taufiq, M. (2023). STRATEGI BRANDING BERBASIS KEARIFAN LOKAL. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 3(3). https://doi.org/10.28926/sinda.v3i3.1150

Wibowo, D. H., & Zainul Arifin, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1).

Published

2024-05-21

How to Cite

Hardovi, B. H. H., Pujiati, A. P., Wirasasmita, R. W., & Suwarno, S. (2024). Pengembangan Strategi Manajemen Pemasaran Olahraga di Kabupaten Jember: Studi Kasus pada Industri Pariwisata dan Pendidikan Jasmani. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 5(1), 98-104. https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.500