Pengembangan Strategi Manajemen Pemasaran Olahraga di Kabupaten Jember: Studi Kasus pada Industri Pariwisata dan Pendidikan Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.500Keywords:
Strategi Manajemen PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan strategi manajemen pemasaran olahraga di Kabupaten Jember, khususnya dalam konteks industri pariwisata dan pendidikan jasmani. Melalui pendekatan kualitatif dan studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi potensi serta tantangan dalam memasarkan olahraga sebagai bagian dari daya tarik pariwisata lokal dan pendidikan jasmani di Kabupaten Jember. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan terkait, observasi, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang dinamika manajemen pemasaran olahraga di Kabupaten Jember serta menyusun rekomendasi strategis untuk pengembangan lebih lanjut.
References
Akbar, A., Harahap, R. H., & Rujiman, R. (2021). Upaya Pengembangan Sektor Pariwisata Melalui Peran Kreativitas Pemuda. Perspektif, 11(1), 69–76. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i1.5338
Arifin, I., & Prawiro, A. M. B. (2022). Prinsip-Prinsip dalam Pemasaran Syariah. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 5(2), 261. https://doi.org/10.24853/ma.5.2.261-274
Azizah, N. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran. Yayasan Kita Menulis, 2(6).
Buditiawan, K., & Harmono. (2020). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kabupaten Jember. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 15(1), 37–50. https://doi.org/10.47441/jkp.v15i1.50
Handayani, M. T. (2022). Manajemen Pemasaran Adalah. Ekrut Media.
Kurniawan, A., Nuratillah, D. A., & Munawaroh, M. (2022). Manajemen Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Islamic Center Cirebon dalam Membangun Brand Image untuk Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik. Holistik : Journal For Islamic Social Sciences, 6(1), 12–23. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/view/8352
Nugroho, S. (2020). Industri olahraga. UNY Press.
Nurjanah, N. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Medium, 6(2), 39–50. https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2412
Putri David, N. A. A., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Implementasi Strategi Manajemen Pemasaran Bank Syariah di Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 6(02), 143–162. https://doi.org/10.33507/labatila.v6i02.1023
Senjaya, M. (2021). Strategi Pemasaran Jasa terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Prismakom, 18(1).
Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.
Sukarmin, Y. (2015). PEMASARAN OLAHRAGA MELALUI BERBAGAI EVENT OLAHRAGA. MEDIKORA, 2. https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4692
Suyono, S., & Putra, F. A. B. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda Dan Olahraga Dalam Upaya Mengembangkan Pariwisata Di Kabupaten Situbondo. MEDIAKOM, 1(1). https://doi.org/10.32528/mdk.v1i1.677
Taufiq, M. (2023). STRATEGI BRANDING BERBASIS KEARIFAN LOKAL. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 3(3). https://doi.org/10.28926/sinda.v3i3.1150
Wibowo, D. H., & Zainul Arifin, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Bahtiar Hari Hardovi Hardovi, Amin Pujiati Pujiati, Ricky Wirasasmita Wirasasmita, Suwarno Suwarno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.