Analisis Status Gizi dengan Kemampuan Motorik Siswa

Authors

  • Dewi Laili Nur Universitas Negeri Surabaya
  • Faridha Nurhayati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.477

Keywords:

Aktivitas Gerak, Kemampuan Motorik, Korelasi, Siswa, Status Gizi

Abstract

Status gizi dapat mempengaruhi kemampuan motorik pada siswa di sekolah. Apabila dilihat sebagian siswa yang memiliki tubuh obesitas cenderung malas untuk bergerak, selain itu mereka ketika melakukan aktivitas gerak merasa cepat lelah. Hal tersebut tidak hanya terjadi pada siswa yang obesitas, tetapi kebanyakan dengan status gizi normal aktivitas geraknya juga kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan status gizi dengan kemampuan motorik siswa dan mengetahui besarnya sumbangan status gizi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain non-eksperimental. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 70 siswa kelas VIII di SMPN yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian status gizi menggunakan IMT/U dan kemampuan motorik menggunakan Barrow Motor Ability Test. Teknik analisis data menggunakan korelasi gamma. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa status gizi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan motorik, dengan nilai -0,043 dan tingkat signifikansi 0,879. Artinya, status gizi tidak mempengaruhi kemampuan motorik siswa. Jenis kelamin, usia, lingkungan, dan karakteristik fisik dapat berdampak pada kemampuan motorik.

References

Asnaldi, A. (2019). Panduan Pelatihan Komponen Motor Ability bagi Pelatihan Lemkari Dojo Angkasa Lanud Padang.

Astyorini, Y. D. (2014). Hubungan Status Gizi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Sekolah Dasar Kelas 1 di SDN Krembangan Utara I/56 Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(2), 33–39.

Bahridah, P., & Neviyarni. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Motorik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 13–19.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kajian Pustaka & Pembahasan. Jurnal Publikasi Pendidikan | Volume VI No 3 Oktober 2016 |157, VI(1), 156–167.

Hermanto, & Komaini, A. (2019). Profil Tentang Kemampuan Motorik Dan Status Gizi Anak Suku Dalam Mentawai. Jurnal Stamina, 2(8), 138–152. https://doi.org/10.24036/jst.v2i8.428

Irawan, D., & Sopiah. (2022). SLR And Bibliometric Analysis On Turnover Intention. JURNAL SYNTAX FUSION, 2(11), 845–857.

Iswahyudi, N., & Fajar, M. K. (2019). Hubungan Status Gizi Dengan Kemampuan Motorik Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Rejotangan. Jurnal Koulutuss, 2(2), 81–95.

Kiram, P. H. Y. (2019). Belajar Keterampilan Motorik (1st ed.). Prenadamedia Group.

Kurniawan, M. A., & Kumaat, N. A. (2019). Analisi Status Gizi Dan Motorik Kasar Siswa SDN Gunungsekar 1 Sampang. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2), 269–274.

Maksum, A. (2018). Statistik dalam Olahraga. Unesa University Press.

Manopo, M., Mautang, T., & Pangemanan, M. (2020). Hubungan Status Gizi dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa SMP Negeri 2 Tomohon. Jurnal Olympus Jurusan PKR Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMA, 2(1), 53–61. https://doi.org/http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/olympus/article/view/2501/1126

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Noviyan, T. D., & Nasution, J. D. H. (2018). Hubungan Antara Status Gizi dengan Kemampuan Motorik Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 06(1), 50–54.

Rachmayani, S. A., Kuswari, M., & Melani, V. (2018). Hubungan Asupan Zat Gizi dan Status Gizi Remaja Putri di SMK Ciawi Bogor. Indonesian Journal of Human Nutrition, 5(2), 125–130. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2018.005.02.6

Sudadik, & Raharjo, H. (2021). Tingkat Perkembangan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 17–25.

Published

2024-03-08

How to Cite

Dewi Laili Nur, & Faridha Nurhayati. (2024). Analisis Status Gizi dengan Kemampuan Motorik Siswa . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 5(1), 8-14. https://doi.org/10.46838/spr.v5i1.477