Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMK Al Mustawa Tuban
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.339Keywords:
Evaluasi, Kebugaran Jasmani, PACER TestAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa SMK Al Mustawa Tuban. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Al Mustawa Tuban dengan jumlah 71 siswa laki-laki. Teknik pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen PACER Test. Hasil penelitian dari data yang didapatkan dan telah diolah menggunakan SPSS menunjukan hasil siswa yang mendapatkan kategori sangat rendah sebanyak 66 siswa dengan persentase (93%) dan siswa yang mendapatkan kategori rendah sebanyak 2 siswa dengan persentase (2,8%), sedangkan kategori cukup 1 siswa (1,4%), baik 1 siswa (1,4%) dan baik sekali 1 siswa (1,4%). Sehingga hasil pengumpulan data dan perhitungan data yang sudah diolah, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa laki-laki kelas X SMK Al Mustawa Tuban termasuk kategori sangat rendah.
References
Addo, P. N. O., Nyarko, K. M., Sackey, S. O., Akweongo, P., & Sarfo, B. (2015). Prevalence of obesity and overweight and associated factors among financial institution workers in Accra Metropolis, Ghana: A cross sectional study. BMC Research Notes, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s13104-015-1590-1
Arifandy, A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Sport Science and Health, 3(5), 218–234. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234
Darmawan, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. In JIP (Vol. 7, Issue 2). http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi
Djamaluddin, A. (2014). FILSAFAT PENDIDIKAN (Educational Phylosophy). Istiqra’, 1(2), 129–136.
Fahmi Fajar Nursena, H. (n.d.). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Smp Negeri 1 Loceret Dengan Menggunnakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia ( TKJI ) Fahmi Fajar Nursena *, Hamdani. 373–378.
Fikri, A. (2018). Studi Tentang Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa Penjaskes STKIP PGRI Lubuklinggau. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 74–83. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.135
Handayani, Y. (2022). Pedoman tes kebugaran pelajar nusantara (pp. 1–11).
Kusuma, M. N. H., Syafei, M., & Rilastiyo, D. (2020). Erratum: Pengaruh Status Gizi, Tingkat Aktivitas Fisik dan Kadar Hemoglobin Terhadap Kemampuan Daya Tahan Fisik. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(1), 121. https://doi.org/10.33222/juara.v5i1.933
Liu, J., Shangguan, R., Keating, X. D., Leitner, J., & Wu, Y. (2017). A conceptual physical education course and college freshmen’s health-related fitness. Health Education, 117(1), 53–68. https://doi.org/10.1108/HE-01-2016-0002
Maksum. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. In Jawa Barat: CV Jejak.
Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344
Prof.Dr.Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D, ISBN: 979-8433-64-10. In Alfabeta (Issue 465).
Rozi, F., Safitri, S. R., & Syukriadi, A. (2021). Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa pada Perkuliahan Pendidikan Jasmani IAIN Salatiga. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 5(1), 13–18. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i1.121
Selland, C., Vukovich, M. D., & Meendering, J. R. (2022). Comparison of VO2peak from the Progressive Aerobic Cardiovascular Endurance Run (PACER) and treadmill in children. Journal of Exercise Science and Fitness, 20(2), 84–89. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2022.01.002
Suhartoyo, T. (2019). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa Smp Di Daerah Dataran Tinggi Kabupaten Banyumas. 1.
Supriyanto, N. A., Rasyid, A., Fepriyanto, A., & Helaprahara, D. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani dan Prestasi Akademik Mahasiswa STKIP PGRI Sumenep. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 6(2), 134–144. https://doi.org/10.5614/jskk.2021.6.2.3
Wirnantika, I., Pratama, B. A., & Hanief, Y. N. (2017). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam di Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Sportif, 3(2), 240. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11898
Yulianingsih, I. G. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Stad. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 204–215. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19189
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Alfian Rozaq Yahya, Sapto Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.