Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Motorik Melalui Penerapan Pendekatan Bermain

Authors

  • Diana Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Sasminta Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya
  • Nasikin SDN Manukan Wetan IV/616, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.307

Keywords:

Hasil Belajar, Gerak Dasar Motorik, Pendekatan Bermain

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar motorik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yangmana dilakukan pada tiga tahap/siklus dengan sampel peserta didik kelas II yang berjumlah 20 peserta didik yang terdiri dari 10 siswa dan 10 siswi. Teknik pengumpulan data yakni tes berupa soal pengetahuan, unjuk kerja berdasarkan proses pembelajaran aktivitas gerak dan juga teknik non tes berupa pengamatan sikap peserta didik pada saat pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, melalui pendekatan bermain ada peningkatan hasil belajar gerak dasar motorik yang dibuktikan melalui analisis pada siklus I diperoleh hasil rerata presentase keberhasilan sebesar 51,7%, kemudian pada siklus II diperoleh hasil rerata presentase keberhasilan sebesar 66,7% dan pada siklus III diperoleh hasil presentase keberhasilan sebesar 85%.

References

Amanullah, A. A., Syafei, M., & Kusuma, I. J. (2022). Latihan Rope Jump: Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kemampuan Shooting Sepakbola. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(2), 133–140. https://doi.org/10.46838/spr.v3i2.215

Fetrianto, F., & Sulistyorini. (2017). Upaya Meningkatkan Ketrampilan Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas VI SDN Polowijen 02 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Indonesia Performance Journal, 1(1), 2.

Hafridarli, H. (2019). Penerapan Bermain Tembak Ikan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(2), 45–52. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i2.5123

Hartati, S. C. Y., Priambodo, A., & Kristiyandaru, A. (2013). Buku Permainan Kecil (pp. 1–128).

Harsono.(2015). Kepelatihan Olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kurnia, D & Septiana, R.A. (2020).Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani. PAJU: Physical Activity Journal, 2(1), 90-99.

Mahmud, B. I. U. (2019). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Pada Anak Usia Dini. EDUCHILD : Journal of Early Childhood Education. 1(1), 58–69.

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani , Olahraga , dan Kesehatan di Indonesia. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 3(2), 422–438.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Pratiwi, I. N., & Kartiko, D. C. (2022). Pengaruh Permainan Jumping Circle Terhadap Peningkatan Motorik Anak Autis Di Sekolah Inklusif. JPOK: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 10, 1–6.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka. Jurnal basicedu. 6(4), 7174–7187.

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35

Saeketu, E.N. (2019). Penerapan pendekatan bermain untuk meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif pada siswa kelas V SDN 01 Gemolong Kabupaten Sragen. Diakses 30 Maret 2023 dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/77524/Penerapan-pendekatan-bermain-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-kombinasi-gerak-dasar-lokomotor-non-lokomotor-dan-manipulatif-pada-siswa-kelas-V-SD-Negeri-01-Gemolong-Kabupaten-Sragen-tahun-ajaran-20182019

Sofyan, D., Fauzi, R. S., Sahudi, U., Rustandi, E., Priyono, A., & Indrayogi, I. (2022). Alternatif Meningkatkan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar: Pendekatan Bermain. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 438–448. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2260

Subahtiar, (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan bermain Lompat Tali Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pjok Tentang Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V Sd 3 Gulang Mejobo Kudus Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Bhakti Pendidikan Indonesia. 3(2), 112–126.

Susanto, N. (2017). Hakikat dan signifikansi permainan. Jendela Olahraga. 99–104. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1

Undang-undang RI No. 20 (2003 ). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45.https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.

Widigda, B.T. & Hartati, S. C. Y. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jombang . JPOK: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 75–78.

Wijayanti, H. (2014). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola Besar Kelompok B Tk Al Hidayah Semawung Banjaroyo Kalibawang Kulonprogo. Diakses 27 April 2023.https://eprints.uny.ac.id/13153/1/skripsi%2010111244032.pdf

Published

2023-07-03

How to Cite

Diana Puspitasari, Sasminta Christina Yuli Hartati, & Nasikin. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Motorik Melalui Penerapan Pendekatan Bermain . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 100-106. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.307