Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengajarkan Tanggung Jawab pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Authors

  • Khoirul Anwar Pulungan Universitas Negeri Gorontalo
  • Arief Ibnu Haryanto Universitas Negeri Gorontalo
  • Meri Haryani Universitas Negeri Gorontalo
  • I Kadek Suardika Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurkhoiroh Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.238

Keywords:

Model pembelajaran TPSR, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu guru mengajar anak-anak untuk bertanggung jawab dengan lebih baik saat belajar tentang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehata.. Paradigma pembelajaran Personal and Social Responsibility (TPSR) yang digunakan sangat menekankan pada sikap tanggung jawab siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 silklus. Pendidik mata pelajaran PJOK dan seluruh peserta didik di kelas yang mengikuti penelitian ini, berjumlah 44 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan di SD N Yogyakarta. Hasil percakapan, wawancara, dan observasi terhadap semua informasi tekstual dalam makalah proses penelitian menjadi dasar data penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pada siklus pertama dikumpulkan hasil diskusi dengan pendidik untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang penelitian tindakan kelas (PTK) dan pengajaran tanggung jawab pribadi dan sosial (TPSR). (2) pada siklus kedua kemampuan memahami rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis TPSR dan (3) Instruktur dapat menggunakan RPP pendidikan jasmani berbasis TPSR pada periode ketiga. Kemampuan pendidik dalam menanamkan sikap tanggung jawab pada anak meningkat setelah intervensi Siklus I, II, dan III selesai.

References

Escartí Carbonell, A., Pascual, C., Gutiérrez Sanmartín, M., Marin Consarnau, D., Martínez Velencoso, M., & Tarín-Moreno, S. (2012). Applying the teaching personal and social responsibility model (TPSR) in Spanish schools context: Lesson learned. Ágora Para La Educación Física Y El Deporte.

Filiz, B. (2017). Applying the TPSR Model in Middle School Physical Education: Editor: Ferman Konukman. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(4), 50–52.

Jahroh, W. S., & Sutarna, N. (2016). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Sari, D. K. (2019). An evaluation analysis of students’ attitude towards physics learning at senior high school. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(1), 26–35.

Laksono, K., & Siswono, T. Y. E. (2018). Penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir, A. (2010). Pendidikan karakter: Membangun karakter anak sejak dari rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Rahi, A. S. (2015). Information Attitude, Responsibility And Behavior Of Prospective Teachers Towards Environment. International Journal of Informative & Futuristic Research, 3(2), 591–601.

Rokhman, F., Hum, M., & Syaifudin, A. (2014). Character education for golden generation 2045 (national character building for indonesian golden years). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165.

Silverman, S. (2017). Attitude research in physical education: A review. Journal of Teaching in Physical Education, 36(3), 303–312.

Syah, M. (2014). Telaah singkat perkembangan peserta didik. Jakarta: rajawali pers.

Published

2022-12-31

How to Cite

Khoirul Anwar Pulungan, Arief Ibnu Haryanto, Meri Haryani, I Kadek Suardika, & Nurkhoiroh. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengajarkan Tanggung Jawab pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 245-253. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.238