Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kombinasi Metode Drill terhadap Hasil Belajar Servis Bola Voli
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.237Keywords:
Servis bola voli; STADAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar servis atas dan bawah permainan bola voli melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD kombinasi metode drill. Sampel 28 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran servis bola voli dengan model pembelajaran STAD kombinasi Metode Drill mendapatkan hasil ketuntasan siswa sebesar 100%. Dimana pada siklus 1 hanya mendapatkan hasil ketuntasan 60,71% (17 siswa yang tuntas dari 28 siswa). Pada siklus dua 28 siswa kelas VIII G mendapatkan nilai rata-rata di atas KKM yaitu 84 dan dinyatakan tuntas. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kombinasi metode Drill efektif dalam meningkatkan keterampilan servis bola voli pada siswa SMPN 2 Abiansemal.
References
Asmajaya, D. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli dengan Menggunakan Metode Drill pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/1017. Jurnal Pedagogik Olahraga, 2(2), 20-29. https://doi.org/10.22245/jpor.v2i2.4511
Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra, 12(2), 106-124. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/897
Eskawati, S., Y. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Sifat Koligatif sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPA (“the Development of Interactive E-Book on the Subject of Coligative Properties as Learning Resource For Student of Science Class XII”). UNESA Journal of Chemical Education, 1(2). https://doi.org/10.26740/ujced.v1n2.p%p
Fallo, I, S., & Hendri. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Smash Permainan Bola Boli melalui Pembelajaran Gaya Komando. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(1), 10-19. https://doi.org/10.31571/jpo.v5i1.309
Fanani, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Passing Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 111–26. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.345
Gunawan, I. P. A., Dewi, I. K. A., & Santika, N. A. (2016). Pelatihan Meloncati Rintangan Setinggi 50 cm ke Kiri ke Kanan 10 Repetisi 3 Set Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMP Neger 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2(2), 52-60. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/194
Nurmahni Harahap. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Kognitif, Motivasi, dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem di MTSN Model Banda Aceh. Visipena, 4(2), 57-76. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.212
Hendra, D., & Abdullah, R. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Gambar Teknik Siswa Kelas VI Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Kota Solok. CIVED : Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(4), 1-9. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/102477
I Gst Ngr Agung Cahya Prananta, & I Gusti Putu Ngurah Adi Santika. (2022). Pelatihan Modifikasi Agility Ladder Drill 3 Repetisi 5 Set terhadap Kelincahan Siswa Peserta Ekstrakulikuler Pencak Silat. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(1), 64-70. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i1.1944
Khotimah, N. (2020). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Bola Voli Siswa SMPN 4 Tapung Hilir. JETE : Journal of education and teaching, 1(1), 16-20. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE/article/view/7895
Nugroho, U., Hartono, & Edi, S. S. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5, 108-112. http://journal.unnes.ac.id
Nurhidayat, T. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Permainan Bola Voli dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Tasikmalaya : Universitas Siliwangi
Pratama, I., Dei, A., Perdana, A., Santika, I., Adnyana, I., & Citrawan, I. (2019). Pelatihan Drill Smash 12 Repitisi 3 Set terhadap Peningkatan Ketepatan Smash Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Putra Sma Negeri 2 Mengwi Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 128-135. https://doi.org/10.5281/zenodo.3344563
Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128
Suryanata, I., Yasa, I. M., & Santika, I. N. A. (2018). Pelatihan Double Dot Drill 2 Repetisi 3 Set Meningkatkan Kelincahan Siswa Putra Peserta Ekstra Kurikuler Pencak Silat SMP Negeri 1 Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 4(1), 33-38. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/129
Yudiasa, I. K., Dibia, I. K., & Sumantri, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8646
Yuspinda, V. E. J. (2015). Hubungan Teknik Servis Float Tangan Atas, Gerakan Bola, Tinggi Bola di Atas Net, dengan Ketepatan Hasil Servis Pada Atlet Bola Voli Senior di Perkumpulan Yuso Sleman. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta