Kesulitan Guru melaksanakan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.235Keywords:
Kesulitan guru, pembelajaran PJOK, Pandemi Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mengajar guru berbasis pada performa mengajar dengan menggunakan metode deskriptif. Partisipan yang terlibat adalah guru PJOK yang berjumlah 48 orang. Instrumen penelitian menggunakan pedoman performa mengajar yang dikembangan oleh Maksum, mencakup 19 indikator keterampilan mengajar (membuka-menutup pembelajaran) menggunakan skala Guttman. Data penelitian dianalisis secara deskpriptif untuk memfrekuensi dan mempresentasi data serta mengkategorisasi kesulitan mengajar dengan rumus Widoyoko. Hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat kesulitan mengajar tergolong rendah (22.92%) dan sangat rendah (77.08%). Kendati demikian, beberapa perhatian perlu diarahkan kepada aspek keterampilan yang masih perlu ditingkatkan, baik pada kegiatan pendahuluan (Guru membangkitkan perhatian dan motivasi siswa), kegiatan ini (Guru mengurai tugas sesuai dengan kemampuan siswa, Guru memberikan penguatan melalui symbol non verbal), hingga kegiatan penutup (Guru menyiapkan siswa menerima pelajaran berikutnya).
References
Arifin, S. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 16(1), 78–92.
https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Balango, S., & Ruslan, R. (2020). Development of hurdles media learning. Jambura: Journal of
Sports Coaching, 2(2), 69–74. https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i2.7225
Blegur, J., Lumba, A. J. F., & Ngongo, M. (2023). Tracing physical education teachers’ teaching difficulties in online era using teaching skill indicators. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(1), 125–134. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.01.15
Blegur, J., Rajagukguk, C. P. M., Sjioen, A. E. & Souisa, M. (2023). Innovation of analytical thinking skills instrument for throwing and catching game activities for elementary school students.
International Journal of Instruction, 16(1), 723–740.
Coulter, M., & Chróinín, D. N. (2011). What is PE? Sport, Education and Society, 18(6), 826–841. https://doi.org/10.1080/13573322.2011.613924
Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan peluang dalam pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615
Jaya, K., Heynoek, F., & Fitrady, G. (2022). Strategi pembelajaran online mata melajaran PJOK di SMK pada masa pandemi Covid-19. Sport Science and Health, 4(1), 75–82. https://doi.org/10.17977/um062v4i12022p75-82
Jeong, H-C., & So, W-Y. (2020). Difficulties of online physical education classes in middle and high school and an efficient operation plan to address them. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 7279. https://doi.org/10.3390/ijerph17197279
Konukman, F., Filiz, B., & Ünlű, H. (2022)
Teachers’ perceptions of teaching physical education using online learning during the COVID-19: A quantitative study in Turkey. PLoS ONE, 17(6), e0269377. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0269377
Kristiyandaru, A., Nurhasan, N., Muhammad, H. N., Kartiko, D. C., & Indriarsa, N. (2022). Pembelajaran daring PJOK pada masa pandemi covid-19: Studi kasus di SMAN se-Surabaya . JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 6(2), 115–124. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n2.p115-124
Lu, C., Barrett, J., & Lu, O. (2020). Teaching physical education teacher education (PETE) online: Challenges and solutions. Brock Education Journal: A Journal of Educational Research and Practice, 29(2), 13–17.
Lumba, A. J. F., Blegur, J., & Bayu, W. I. (2021). Teaching performance instruments of physical education teachers. Journal of Education Research and Evaluation, 5(3), 436–42 https://doi.org/10.23887/jere.v5i3.33893
Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Millan, M. S. R. (2022). Challenges of physical education teachers using online learning modality in times of covid-19 pandemic. International Journal of Research Publications, 102(1), 171–180. https://doi.org/10.47119/IJRP1001021620223297
Mulyaningsih, R. (2021). Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan guru PJOK dalam menilai keterampilan motorik siswa pada masa pandemi covid-19. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 1–10. Retrieved from https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/110
Mutohir, T. C. (2002). Gagasan-gagasan tentang
pendidikan jasmani dan olahraga.
Surabaya: Unesa University Press.
Putri, W. (2021). Difficulties of future physical education teacher for elementary school in attending synchronous online learning during Covid-19 pandemic. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.17509/tegar.v5i1.38893
Rahmah. N., Safrudin, & Saputra, H. H. (2022). Analisis kesulitan guru pada pembelajaran PJOK via daring di era
pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 539–546. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.549
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses belajar mengajar PJOK di masa pandemi covid-19. STAND: Journal of Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774
Rezky, M., Ramly, & Saleh, M. (2020). Problematika pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 40–47. https://doi.org/10.26858/indonesia.v1i1.12394
Rizki, W. K., & Yuwono, C. (2021). Pelaksanaan pembelajaran Penjas di era pandemi pada sekolah dasar Se-Kecamatan Kalinyamatan Jepara Tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 327–335. https://doi.org/10.15294/inapes.v2i1.45116
Widoyoko, S. E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.