Potret Pola Latihan Atlet Tinju PPLMD Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.229Keywords:
Pola Latihan, Atlet Tinju, Covid-19Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelititan ini adalah untuk mengetahui program latihan atlet Tinju PPLMD Provinsi NTT di masa Pandemic Covid-19”. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi pengambilan data dilakukan pada PPLMD Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berpusat di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Timur. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan telaah dokumen. Sumber data penelitian adalah para atlet, pelatih atlet tinju dan pengurus PPLMD Provinsi Nusa Tenggara Timur. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memiliki empat langkah yakni pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada saat pandemic covid-19 para atlet tinju PPLMD Provinsi Nusa Tenggara Timur tetap melakukan latihan baik online maupun ofline. Latihan online dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing kemudian dilakukan zoom meting untuk saling berbagi berkaitan dengan perkembangan latihan. Pada saat covid-19 meredah, latihan dilakukan secara berkelompok yang berpusat di kompleks pertina atau kantor Dinas Pemuda dan olahraga Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan tetap mematuhi protocol covid-19 serta menerapkan Standar Operasional Prosedural protokol kesehatan covid-19.
References
Afrizal, A. (2015). Hubungan Minat, Lari 30 Meter dan Daya Ledak Otot Tungkai dengan Kemampuan Lompat Jauh. Jurnal Sport Pedagogy: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2).
Arikuto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Folkman, S. (2020). Stress: appraisal and coping. In Encyclopedia of behavioral medicine. Cham: Springer International Publishing.
Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 61, 177-181.
Liberty, I. A., Fikri, M. Z., Irfani, T. H., Pariyana, P., & Tjekyan, S. (2021). Increasing Family Awareness of COVID-19 Transmission In Vulnerable Communities. International Journal Of Community Service (IJCS), 1(2), 95–100.
Luzi, L., & Radaelli, M. G. (2020). Influenza and obesity: its odd relationship and the lessons for COVID-19 pandemic. Acta Diabetologica, 57(6), 759–764.
Mellalieu, S. D., & Hanton, S. (2013). Advances in Applied Sport Psychology. London and New York: Routledge.
Prihanto, K. (2016). Analisis Kondisi Fisik Atlet Putra Klub Bolabasket SMA Trimurti Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 4(4).
Pulungan, K. A., & Dimyati, D. (2019). The psychological skill characteristics of Indonesian volleyball players reviewed based on gender and position. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 279–295.
Rukin, S. P. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakad Media Publishing.
Sinurat, R., & Putra, M. A. (2020). Persepektif olahraga tinju dalam mendukung prestasi olahraga kabupaten rokan hulu. Jurnal Penjaskesrek, 7(1), 162–174.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.
Tudor, B. O., & Gregory, H. G. (2019). Periodezation: Theory and Methodology of Training. York University, United State: Human Kinetics.
Umam, K. (2017). Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Basket pada Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 6(9).