Field Games untuk Menstimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ahmad Universitas Tanjungpura
  • Uray Gustian Universitas Tanjungpura
  • Y. Touvan Juni Samodra Universitas Tanjungpura
  • Rubiyatno Universitas Tanjungpura
  • Rahmat Putra Perdana Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.224

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu  Pra Exsperimental Designs dengan pendekatan One Group Pretest Posttest Designs dengan sample anak SD yang berjumlah 12 orang dibagi dua tim,tim A terdiri 6 orang dan tim B terdiri 6 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen Game Performance Assessment Instrument (GPAI). Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian yang diperoleh dari pretest dari tim A nilai rata-rata GPAI 5,4, sedangkan tim B nilai rata-rata GPAI 4,64. Hasil penelitian yang diperoleh dari posttest dari tim A nilai rata-rata GPAI 6,94, sedangkan tim B nilai rata-rata GPAI 6,6. Ternyata ada peningkatan anak dalam kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan uji data dinyatakan normal dan homogen. Uji T memberikan hasil sig hitung 0,018 < 0,05 maka dinyatakan ada perbedaan kemampuan memecahkan masalah pada siswa. Sehingga field game efektif untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar.

References

Abbas, S., & Abidin, Z. (2016). Perbandingan Efektifitas Model Pembelajaran TGFU Dan Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Olah Raga Di SDN 01 Lubuk Alung Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 1(1).

Alfarizi, A. S. (2019). Penerapan Lead Up Games Kasti di Sekolah Dasar. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(1). https://doi.org/10.17509/tegar.v3i1.20422

Apit, W. T. (2012). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Metode Bermain Menangkap Bola Kecil Pada Kelompok A Tk Pertiwi Luwuk Kabupaten Banggai. Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v1i2.425

Cartono, C. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tgt (teams-games tournament) untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar bermain kasti di kelas v sd negeri 179/ix tanjung harapan semester i tahuan ajaran 2019/2020. Jurnal Literasiologi, 3(3). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i3.109

Fransiska, S., Slamet, S., & Budiana, D. (2020). Penerapan Pendekatan Taktis untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain dan Physical Activity Enjoyment pada Pembelajaran Permainan Bola Tangan. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary SchoolFransiska, S., Slamet, S., & Budiana, D. (2020). Penerapan Pendekatan Taktis Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Dan Physical Activity Enjoyment Pada Pembelajaran Permainan Bola Tangan., 3(2). https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.23398

Hadi, F., Raibowo, S., & Prabowo, A. (2021). Pengaruh Permainan Bola Kasti Terhadap Kemampuan Gerak Motorik Kasar Siswa Kelas V Sd Negeri 90 Rejang Lebong. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2). https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i2.16774

Karisman, V. A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Keterampilan Bermain Bola Voli. Physical Activity Journal, 2(1). https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3096

Lee, W. A. S. S. (2016). Kesan Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Hasil Pembelajaran dalam Permainan Mini Hoki. Universiti Malaya.

Lusye. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Tanamodindi dalam Memukul Bola Kasti dengan Menggunakan Modifikasi Alat Bantu Pemukul dan Bola. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(11).

Nurhikmah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Kasti Melalui Pola Gerak Dasar Lokomotor dan Manipulatif. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.23960/jiip.v1i1.18018

Oslin, J. L., Mitchell, S. A., & Griffin, L. L. (1998). The Game Performance Assessment Instrument (GPAI): Development and preliminary validation. Journal of Teaching in Physical Education. https://doi.org/10.1123/jtpe.17.2.231

Pulu, H. A. P. (2020). Meningkatkan Variasi Gerak Dasar dengan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Permainan Bola Kasti Siswa Kelas V SDN Inpres Rainis. Dinamika Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.36412/dilan.v2i2.2086

Purnama, A. D., & Lubay, L. H. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Melalui Penerapan Modifikasi Alat Dalam Permainan Bola Kecil. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2). https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11933

Riyanto, P. (2017). Pengaruh permainan bola kasti terhadap peningkatan kemampuan gerak umum (general motor ability). Journal Sport Area, 2(1). https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(1).593

Samodra, Y. T. J. (2013). Model pembelajaran taktikal game dalam pendidikan jasmani (S. P. Aay Yartika (ed.); stdio BW D). CV. Bintang WarliArtika jl. Gagerkalong Hilir No. 217 Bandung 40151.

Samodra, Y. T. J. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Bermain Field Game Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4835

Santoso, H., Susilawati, I., & Atmaja, N. M. K. (2020). Upaya meningkatkan psikomotorik siswa pada pembelajaran bola kasti melalui permainan lempar tangkap bola di kelas iv sdn 2 batu buil. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 7(1). https://doi.org/10.46368/jpjkr.v7i1.264

Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian. Penelitian.

Supriadi, D. (2019). Implementasi Model Teaching Game for Understanding terhadap Keterampilan Bermain dalam Strike and Fielding Games. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.14998

Utharina, R. R., Studi, P., Khusus, P., Pascasarjana, S., & Indonesia, U. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Penjas Adaptif Teaching Games For Understanding (Tgfu) Untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Invasi Pada Siswa Tunarungu. 52(9).

Yudhi, N. P., Suherman, A., & Saptani, E. (2018). Pengaruh Modifikasi Bola Terhadap Lempar Tangkap Pada Permainan Bola Kasti. SporTIVE, 3.

YUSRA, & AL, R. (2017). Pengaruh pembelajaran online dan gaya kognitif terhadap kemenarikan pembelajaran, motivasi belajar, dan hasil belajar mahasiswa pjk fik um. In DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Published

2022-12-20

How to Cite

Ahmad, Uray Gustian, Y. Touvan Juni Samodra, Rubiyatno, & Rahmat Putra Perdana. (2022). Field Games untuk Menstimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 149-154. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.224

Most read articles by the same author(s)