Penerapan Strategi Pengajaran berdasarkan Pengalaman Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli pada Siswa Kelas VI SDN Pademawu Timur 5 Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v6i2.813Keywords:
Teaching Strategies; Student Experiences; Learning Outcomes; Underhand Passing; Volleyball; French-CooperAbstract
This study aims to analyze the effect of implementing a student-experience-based teaching strategy on improving the learning outcomes of volleyball underhand passing skills in sixth-grade students of SDN Pademawu Timur 5 Pamekasan. The research method used was an experiment with a quantitative descriptive approach, using a one-group pretest-posttest design. Data collection was carried out through an underhand passing skill test using the French-Cooper procedure. The results of the analysis showed an increase in learning outcomes of 12.46% after the implementation of the strategy. Thus, the student-experience-based teaching strategy proved effective in improving underhand passing skills in volleyball.
References
Adiningrat, N., & Albina, M. (2024). Pentingnya Perencanaan Strategi Pembelajaran Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. QOUBA: Jurnal Pendidikan, 1(2).
Awaliah, N. (2023). Peningkatan Partisipasi Aktif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).
Candra, A. T., & Setiawan, W. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MENGGUNAKAN ALAT BANTU MODIFIKASI BOLA KASTI. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1).
Fatimah, & Sari, R. D. K. (2018). STRATEGI BELAJAR & PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA. PENA LITERASI : Jurnal PBSI, 1(2).
Kholila, Z., Zulkarnain, & Yuspitarini, A. S. (2025). PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DALAM PEMBELAJARAN MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DAN PENERAPAN GAYA BELAJAR SECARA VISUAL PADA SISWA KELAS 11 PEKERJAAN SOSIAL. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3).
Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Unesa University Press.
Relita, D. T., Astikawati, Y., & Siwandari, H. E. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTAL LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KELAM PERMAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2).
Resnawati, P., & Cahyani, A. P. (2022). PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN ILMU TEKNOLOGI MASYARAKAT (ITM) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD KELAS TINGGI. Guru Kita, 6(2).
Sajiatmojo, A. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SUGGESTIONS AND OFFERS. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(3).
Sanjani, M. A. (2021). PENTINGNYA STRATEGI PEMBELAJARAN YANG TEPAT. Jurnal Serunai Administrasi Pendidika, 10(2).
Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., Ramos, M., & Padli. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR. JURNAL TUNAS PENDIDIKAN, 6(2).
Setyosari, P. (2014). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2).
Yusup, M., & Suhandi, A. (2016). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN MENGGUNAKAN PERCOBAAN SECARA INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN IPA. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Chobir Ashari, Heni Yuli Handayani, Septyaningrum Putri Purwoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.