Upaya Meningkatan Kemampuan Lari Jarak Pendek 60 Meter melalui Permainan Kecil pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v5i2.556Keywords:
Lari Jarak Pendek, Permainan Kecil, Sekolah DasarAbstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat peningkatan kemampuan lari jarak pendek 60 meter siswa sekolah dasar melalui permainan kecil, metode penelitian mengggunakan Penelitian Tindakan Kelas, Dengan proses pelaksanaan pada tahap pra siklus sampai siklus II, subjek penelitian dengan siswa kelas 4A sekolah dasar negeri putat gede I, instrument menggunakan angket untuk menilai terkait dengan start, sikap saat berlari , dan ketika finish. Hasil menunjukan ada peningkatan pada setiap siswa yang masuk kategori tuntas pada tiap siklus yaitu pada hasil pra siklus 21.43 %, siklus I 42,86 % dan siklus II 78.57 %, dari hasil tersebut bisa dilihat bahwa ada peningkatan sesuai dengan konsep nilai kriteria ketuntasan, sehingga bisa di simpulankan adanya peningkatan hasil kemampuan lari jarak pendek 60 meter dengan menggunakan permainan kecil pada siswa sekolah dasar.
References
Agari, M., Simanjuntak, V. G., & Haetami, M. (2019). Pengaruh Metode ABC Running Terhadap Hasil Belajar Teknik Lari Jarak Pendek 60 meter. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(6), 1–8.
Anggraeni, C. S., Nurwansyah, R., & Yuda, A. K. (2021). Tingkat Pengetahuan Pembelajaran Atletik Lari Jarak Pendek Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas XII. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 680–690. https://doi.org/10.5281/zenodo.5804633
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.
Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2020). Erratum: Penerapan Pendekatan Taktis Dalam Pembelajaran Bola Tangan. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(1), 115. https://doi.org/10.33222/juara.v5i1.927
Budi, D. R., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., & Stephani, M. R. (2019). The Analysis of Fundamental Movement Skill in Primary School Student in Mountain Range. 11(Icsshpe 2018), 195–198. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.56
Cahyadi, P., Susianti, E., & Febi, K. (2022). Optimalisasi Keterampilan Bola Basket Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 4079–4089.
Gantois, P., Caputo Ferreira, M. E., Lima-Junior, D. de, Nakamura, F. Y., Batista, G. R., Fonseca, F. S., & Fortes, L. de S. (2019). Effects of mental fatigue on passing decision-making performance in professional soccer athletes. European Journal of Sport Science, 20(4), 534–543. https://doi.org/10.1080/17461391.2019.1656781
Hermanto. (2020). Efforts to improve 50 meter short distance learning outcomes through estafet game in class v mi state 01 ogan ilir academic year 2019/2020. Seminar Nasional Olahraga Universitas Pgri Palembang, Vol. 2 No., 342–350.
Indra, G., & Lumintuarso, R. (2014). Peningkatan Hasil Pembelajaran Lari Sprint 60 Meter Melalui Metode Permainan Sdn 009 Teluk Pelalawan. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 155–169. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2611
Iskandar, R, M, Mulyanto, R, Susilawati, D. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari Sprint Melalui Pendekatan Bermain. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Kadir, M. A., Darwis, A., & Islam, M. F. (2017). Penerapan Pendekatan Permainan Hijau-Hitam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lari Cepat (Sprint) Siswa Kelas V Sd 12 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. In Seminar Nasional LP2M UNM, 2(1), 635–641.
Nungraheni,W, Bachtiar, Daryani, D,D. (2020). Peningkatan Pembelajaran Lari Jarak Pendek Melalui Pendekatan Bermain Lari Bola Keranjang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(2), 8–17. https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i2.13
Nursamsi, & Risan, R. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI 60 METER PADA SISWA KELAS IV UPT SPF SDI KAMPUS IKIP KOTA MAKaSSAR. 1(1), 25–30.
Nurul Hidayati Rofiah. (2016). Menerapkan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 68–79.
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170
Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.
Sutisna, D. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PERMAINAN HITAM HIJAU PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SUBANG KABUPATEN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang, 1(1), 233–245.