Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Physical Activity pada Siswa SDN 4 Ngunut Kabupaten Tulungagung

Authors

  • Wisnu Setya Nugraha Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Reo Prasetiyo Herpandika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • M. Anis Zawawi Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.461

Keywords:

Kebugaran Jasmani, Aktivitas Fisik

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kebugaran jasmani dan aktivitas fisik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan deskriptif prosentase. Subjek penelitian ini terdiri siswa kelas tinggi SDN 4 Ngunut Kabupaten Tulungagung sebanyak 30 siswa yang diambil melalui teknik random sampling. Hasil kebugaran jasmani menunjukkan frekuensi kurang sekali sebanyak 0 siswa dengan presentasi 0%, kategori kurang dengan jumlah siswa 10 dengan presentase 33%, kategori cukup berjumlah 17 siswa dengan presentase 57%, kategori baik berjumlah 3 siswa dengan presentase 10%, sedangkan kategori baik sekali berjumlah 0 siswa dengan kategori 0%. Sedangkan hasil aktivitas fisik menunjukkan menunjukkan frekuensi kurang 15 siswa dengan presentase 50%, sedangkan 15 siswa dengan presentase 50% tergolong kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kebugaran jasmani dan aktivitas fisik ditinjau dari kategori kebugaran jasmani yaitu pada kategori cukup sedangkan prosentase aktivitas fisik tidak ada yang lebih dominan dari keseluruhan sampel. Oleh karena itu, siswa dianjurkan untuk meningkatkan kebugaran jasmani agar prosentase nilai pada aktivitas fisik menjadi lebih meningkat.

References

Abduh, I., Humaedi, & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 75–82.

Alamsyah, D. A. N., Hestiningsih, R., & Saraswati, L. D. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBUGARAN JASMANI PADA REMAJA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 11 SEMARANG. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 5(3), 77–86.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azmi, K. N. E. M., & Razak, M. R. A. (2020). Physical Fitness Based on Health and Its Relation to Body Mass Index ( BMI ) among FELDA Pupils in the Region of Kuantan , Pahang. International Journal of Advanced Research in Education and Society, 2(1), 94–99.

Erwinanto, D. (2017). Hubungan antara tingkat aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani siswa kelas x tahun ajaran 2016/2017 di SMK Muhammadiyah 1 Wates Kabupaten Kulon Progo DIY. Universitas Negeri Yogyakarta.

Houdebine, L., Gallelli, C. A., Rastelli, M., Sampathkumar, N. K., & Grenier, J. (2017). Effect of physical exercise on brain and lipid metabolism in mouse models of multiple sclerosis. Chemistry and Physics of Lipids, 207, 127–134.

Humaedi, Iskandar, H., & Abduh, I. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Outbound pada Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 117–122.

Irhas, A., & Anna, N. (2014). Hubungan Status Gizi Dan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Siswa Kelas Ivb Dan V Mi Al Hikmah Gempol Manis). Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(2).

Kemenkes RI. (2019). Apa definisi Aktivitas fisik? Direktorat P2PTM.

Pahlevi, A. E. (2012). Determinan Status Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar. Kemas: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 122–126. http://journal.unnes.ac.id/index.php/kemas

Pambudi, A. M. A. (2015). Keterkaitan Kondisi Fisik Dengan Prestasi Belajar Penjasorkes Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal. Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(3), 117–123.

Ramadhanti, A. A. (2020). Status Gizi dan Kelelahan terhadap Produktivitas Kerja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 213–218. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.251

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519.

Sepriadi, S., Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan tingkat kesegaran jasmani berdasarkan status gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24–34.

Stern, Y., MacKay-Brandt, A., Lee, S., McKinley, P., McIntyre, K., Razlighi, Q., & Sloan, R. P. (2019). Effect of aerobic exercise on cognition in younger adults: A randomized clinical trial. Neurology, 92(9), e905–e916.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Afabeta.

Published

2024-01-05

How to Cite

Wisnu Setya Nugraha, Reo Prasetiyo Herpandika, & M. Anis Zawawi. (2024). Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Physical Activity pada Siswa SDN 4 Ngunut Kabupaten Tulungagung. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 352-356. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.461

Most read articles by the same author(s)