Aspek Psikologis Dalam Pembelajaran Renang: Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.433Keywords:
Physical Education, Swimming, PsikologiAbstract
Penelitian ini bertujuan menyajikan pemahaman mendalam melalui Systematic Literature Review mengenai dimensi psikologis dalam proses pembelajaran renang. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review dengan menggunakan Preferred Reporting Item for Systematic Reviews and Meta-Analytic. Pencarian artikel dilakukan melalui Google Scholar pada jurnal terakreditasi sinta dengan kata kunci "pendidikan jasmani dalam pembelajaran renang." Artikel-artikel kemudian disaring berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, dan dari 95 artikel yang diidentifikasi, hanya 10 yang dijadikan sumber utama dalam penelitian ini. Data yang diperoleh berasal dari penelitian-penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan jasmani (penjas) memberikan kerangka kerja untuk mengelola aspek psikologis dalam pembelajaran renang. Aspek psikologis dalam pembelajaran renang mencakup sejumlah dimensi, termasuk rasa percaya diri siswa, minat, motivasi untuk mengembangkan keterampilan renang, manajemen stres terkait air, kemampuan untuk fokus dan konsentrasi, serta kemampuan mengatasi kegagalan dalam proses pembelajaran. Selain itu, interaksi sosial, kepuasan, dan kesenangan dalam kegiatan renang juga berperan penting, sementara penanganan kecemasan terhadap air merupakan aspek kritis untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dan aman. Keseluruhan, aspek-aspek psikologis ini saling terkait dan berkontribusi pada pengalaman pembelajaran renang yang holistik.
References
Amrina, P. (2014). Pengaruh bullying terhadap motivasi belajar siswa kelas vii di smpn 31 samarinda. Motivasi, 1(1), 278–294.
Ardiansyah, B. (2014). Dampak kecemasan pada atlet bola basket sebelum bertanding. Jurnal Phederal Penjas, 8(1).
Bandi, A. M. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia, 8(1), 1–9.
Bangun, S. Y. (2012). Analisis tujuan materi pelajaran dan metode pembelajaran dalam pendidikan jasmani. Cerdas Sifa Pendidikan, 1(1).
Barrett, P., & Jackson, A. (2013). Swimming without the water: A critical perspective on mental health experience for adult nursing students. Nurse Education in Practice, 13(6), 487–491.
Brewer, B. W. (2007). Psychology of sport injury rehabilitation.
Burhaein, E. (2023). Workshop Latihan Kematangan Mental Bagi Pelatih dan Mahasiswa Olahraga di Kabupaten Kebumen dan Sukabumi. Kreativitas Pada Pengabdian Masyarakat (Krepa), 1(10), 59–70.
Clarasasti, E. I., & Jatmika, D. (2017). Pengaruh Kecemasan Berolahraga terhadap Motivasi Berprestasi Atlet Bulutangkis Remaja di Klub J Jakarta. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 121. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.421
Dirgantari, I. C. (2018). Mental toughness dengan peak performance pada atlet renang. Interaktif: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 198–212.
Effendi, H. (2016). Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1, 23–30.
Effendy, F. S., & Priambodo, A. (2023). Hubungan Kesehatan Mental Siswa Terhadap Hasil Belajar Pjok Di Smp Negeri 2 Torjun. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 4(1), 37–42.
Eni. (2021). Menelisik Ilmu Keolahragaan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi).
Febrianto, G., & Astuti, I. (2023). Studi Deskriptif Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Video Tutorial Dalam Pendidikan Jasmani Di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 16(2), 68–72.
Firmansyah, H. (2011). Perbedaan pengaruh latihan imagery dan tanpa latihan imagery terhadap keterampilan senam dan kepercayaan diri atlet. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 7(7), 1–10.
Gemaini, A., Pranoto, N. W., & Rahmad, A. (2023). Motivasi Berprestasi Pada Atlet Usia Dini Club Renang Fitt Kota Padang. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(1), 1. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i1.47892
Hamid, A. (2017). Agama dan kesehatan mental dalam perspektif psikologi agama. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 3(1), 1–14.
Hasibuan, M. (2018). Hubungan Kecemasan Terhadap Ketepatan Servis Backhand Bulutangkis (Pada Pemain Pb. Tridharma Tuban Usia 12-14 Tahun). Jurnal Kesehatan Olahraga, 6(2), 1–11.
Khory, F. D., Hartoto, S., & Prakoso, B. B. (2020). Hubungan Tingkat Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Berenang. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 8(3), 117. https://doi.org/10.32682/bravos.v8i3.1495
Komarudin, K., & Risqi, F. (2020). Tingkat kepercayaan diri, kohesivitas, dan kecerdasan emosi siswa Kelas Khusus Olahraga cabang olahraga sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 1–8.
Kurniawan, W. P. (2022). Program Psychological Skill Training (PST) dapat Meningkatkan Keterampilan Atlet Renang. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(2), 317–326.
Lane, A. M. (2015). Sport and exercise psychology. Routledge.
Lesmana, H. S., & Broto, E. P. (2017). Olahraga Sebagai Upaya Preventif Osteoporosis Dini. Jurnal Performa Olahraga, 2(01), 32–41.
Mulyana. (2013). The Relationships Between Self-Concept ,. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3, 488–498.
Nisa, K., & Jannah, M. (2021). Pengaruh kepercayaan diri terhadap ketangguhan mental atlet bela diri. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 36–45.
Nopiyanto, Y. E., & Dimyati, D. (2018). Karakteristik psikologis atlet Sea Games Indonesia ditinjau dari jenis cabang olahraga dan jenis kelamin. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 69–76. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.15010
Oktaviani, N. A., & Wibowo, S. (2021). Survei tingkat kebugaran jasmani siswa smp negeri di Madiun. Jurnal Pendidikan Olaharaga Dan Kesehatan, 9(1), 7–18.
Pahliwandari, R. (2016). Penerapan teori pembelajaran kognitif dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 154–164.
Pemdiansyah, Y., Gani, R. A., & Nasution, N. S. (2021). Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Aktivitas akuatik. Jurnal Penjakora, 8(1), 34. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31186
Presdenta, K. A. G. & W. E. S. (2022). Pengaruh Cedera Ankle Pada Saat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Psikologi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuangi. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2, 595–602.
Putra, R. S. N., Sepriadi, S., Nirwandi, N., & Wulandari, I. (2023). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas VII di Madrasah …. Jurnal JPDO, 6(10), 16–24.
Ramadhan, F., & Gamael, Q. A. (2019). Pentingnya mengetahui psikologi atlet dalam melakukan pengajaran dan pelatihan. Sport Science.
Ramadhan, S. F., Lesmana, H. S., Sin, T. H., & Denay, N. (2021). Minat Peserta Didik Kelas XI terhadap Proses Pembelajaran Renang. Jurnal Patriot, 3(3), 223–232. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.736
Rizqi Fitra Nasrullah, Ali Maksum, A. P. (2022). The Effect of Hypnotherapy on Anxiety and Motivation in Learning to Swim. Jendela Olahraga, 07(02), 107–118.
Rohman, U. (2016). Tinjauan Alternatif Konsep Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Sekolah. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 12(22), 111–118.
Rohmansyah, N. A. (2017). Kecemasan dalam olahraga. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
San Putra, R., Kumala, N. P. I. P., Almubarokah, H., Alfina, M., Pratama, P., Adhima, F., & Syifa, A. (n.d.). Psikologi Belajar Peserta Didik.
Solihin, A. O., Sriningsih, & Rachmawati, A. (2019). Hubungan antara Jenis Kelamin dan Usia dengan Motivasi Belajar Renang. Jpoe, 1(2), 111–117. https://doi.org/10.37742/jpoe.v1i2.65
Sriningsih, S., Solihin, A. O., & Komariah, S. (2022). Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Di Kolam Renang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(1), 63–73. https://doi.org/10.31571/jpo.v11i1.3182
Supriyoko, A. (2012). Skenario Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Masa Depan Dalam Menghasilkan Kader Pembangunan Bangsa Yang Bermoral, Profesional Dan Kompetitif.
Suryani, L. S. L. (2013). Penyesuaian diri pada masa pubertas. Konselor, 2(1).
Susanto, E. (2016). Model Permainan Air (Water Fun Games) Untuk Meningkatkan Potensi Berenang Dan Perilaku Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 76–84.
Syaleh, M., Lubis, A. E., & Helmi, B. (2019). Kontribusi gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar renang gaya bebas. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(1), 30–39.
Tangkudung, J., & Haqiyah, A. (2018). Sport psychometrics: dasar-dasar dan instrumen sport psikometri. Rajawali Pers.
Wardhani, S. (2021). Minat dan Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Renang Di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan Aisyah. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 8–16.
Wiguna, N. M. A. ., & Budisetyani, I. G. A. P. . (2020). Efikasi Diri dan Goal Setting Terhadap Kecemasan Menghadapi lomba Pada Atlet Renang Klub di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(Kesehatan Mental dan Budaya), 122–131.
Winingsih, L. H., Hariyanti, E., & Sari, L. S. (2020). Penguatan ranah psikomotorik siswa Sekolah Dasar. Pusat Penelitian Kebijakan.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Desti Kartikasari, Lilis Komariyah, Alit Rahmat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.