Penerapan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.373Keywords:
Pembelajaran, Renang Gaya Bebas, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran renang gaya terhadap hasil belajar renang gaya bebas dalam mengikuti kegiatan pembelajaran renang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design, dimana yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pembelajaran renang sebanyak 17 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan 2 para ahli untuk mengukur seberapa besar hasil belajar dalam mengikuti pembelajaran renang. Dari hasil penelitian dan perhitungan manual dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Science) dapat diketahui bahwa nilai pre-test memiliki skor rata-rata 54,41 dengan standart deviasi 5,397, varian sebesar 29,132 dengan skor minimal adalah 47, dan skor maksimal adalah 67. Sedangkan untuk post-test memiliki nilai skor rata-rata sebesar 80,71, dengan standart deviasi 7,157, varian sebesar 5,121, dengan skor minimal 73, dan skor maksimal adalah 93. Berdasarkan hasil analisis data tentang pengaruh penerapan pembelajaran renang gaya bebas terhadap hasil belajar dalam mengikuti pembelajaran memiliki nilai sig. 2,120 < 11,684, ttabel < thitung maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran renang gaya bebas terhadap hasil belajar renang gaya bebas. Penerapan pembelajaran renang gaya bebas terhadap hasil belajar renang gaya bebas di memberikan peningkatan hasil belajar sebesar 48,14%.
References
Aunurrahman, D. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bafadal. (2005). Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan. Jakarta: Ghailia Indonesia Printing
Budiman, B., Rusmana, R., & Wargadinata, L. U. (2020). Outdoor Education Of Emphathy Student. Jp. Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 117-127.
Chandra, S., & Sanoesi, A. E. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Ekstrakurikuler.
Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga.
Marsudi, I. (2009). Renang Teori, Praktek dan Peraturan. Malang: Wineka Media.
Muhajir, M. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan. Yudhistira Ghalia Indonesia.
PEMENDIKNAS. 2006. Peran Serta 7 Fungsi Dalam PJOK
PEMENDIKNAS. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Ekstrakurikuler.
Rahayu, E, T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (2005). Penilaian hasil proses belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono. (2009). Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Sutrisno. (2011). Renang : Teori, Praktek dan Peraturan. Surabaya: Wineka Media.
Triyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan, PT Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Ni Gusti Ayu Lia Rusmayani, Komang Ayu Krisna Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.