Hubungan Index Massa Tubuh Dan Kelincahan Dengan Hasil Dribbling Sepakbola Di SSB Cendoro Usia 14 Tahun Di Kabupaten Tuban

Authors

  • Andrias Puguh Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains, UN PGRI Kediri
  • Weda Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains, UN PGRI Kediri
  • M. Akbar Husein Allsabah Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains, UN PGRI Kediri

Keywords:

dribbling, kelincahan, index massa tubuh, sepakbola

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara indeks massa tubuh dan kelincahan dengan hasil menggiring bola pada pemain SSB Cendoro usia 14 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan sebesar 2,1% antara indeks massa tubuh dengan menggiring bola, ada hubungan yang signifikan sebesar 16,9% antara kelincahan dengan menggiring bola dan ada hubungan yang signifikan sebesar 3,4% antara indeks massa tubuh dan kelincahan dengan menggiring bola. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara indeks massa tubuh dan kelincahan dengan menggiring bola yang dapat ditunjukkan dengan nilai statistik yang telah dilakukan.

References

Arisanti, P. 2019. Profil Kekuatan Otot Lengan dan Tinggi Badan Atlet Putri Klub Bolavoli Mars 76 Kota Kediri Tahun 2018. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Fenanlampir, Albertus dan Muhammad Muhyi. 2015. Tes dan Pengukuran dalam Olahraga, Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hidayat, W. 2017. Buku Pintar Sepakbola. Jakarta. Anugrah.

http://www.topendsport.com). Diunduh pada 12 Juni 2020.

https://www.sehatq.com/artikel/cara-menghitung-indeks-massa-tubuh-imt-yang-akurat). Diunduh pada 12 Juni 2020

Mac, Brian. 1997. Football (http:www.brianmac.co.uk/football/.htm. diakses tanggal 18 Juni 2020)

Martini. 2004. Prosedur dan Prinsip – prinsip Statistika. Surabaya: Unesa Press.

Masyhuri Dan Zainuddin. 2008. Metodologi Penelitian Dan Sosial Ekonomi Pendekatan Praktis Dan Adaptif. Bandung: Alfabeta.

Menegpora. 2005. Panduan Penetapan Parameter Tes Pada Pusat Pendidikan Dan Pusat Pelatihan Pelajar Dan Sekolah Khusus Olahragawan. Jakarta : Deputi peningkatan prestasi dan iptek olahraga.

Nugraha, A.C. 2016. Mahir Sepakbola. Bandung Nuansa.

Sajoto, Muchamad. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sucipto, Dkk. 2000. Sepakbola. Yogyakarta: Depdikbud.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun. 2018. Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Wafiudin, N. 2019. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai, Panjang Tungkai, Daya Ledak Otot Tungkai dan Kelentukan Dengan Jauhnya Tendangan Pada Atlet di SSb Wonorejo Usia 13-15 Tahun. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Winarno, M E. 2006. Tes Keterampilan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan FIP Universitas Negeri Malang, lib.um, (Online), tersedia: http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/Tes-Keterampilan- Olahraga.pdf, diunduh 23 April 2020

Published

2020-07-27

How to Cite

Andrias Puguh, Weda, & M. Akbar Husein Allsabah. (2020). Hubungan Index Massa Tubuh Dan Kelincahan Dengan Hasil Dribbling Sepakbola Di SSB Cendoro Usia 14 Tahun Di Kabupaten Tuban . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 1(1), 53-56. Retrieved from https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/37

Most read articles by the same author(s)