Meningkatkan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru dengan Menerapkan Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge dan Strategi Metakognitif
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.361Keywords:
Kemampuan Mengajar, Metakognitif, TPACKAbstract
Mahasiswa calon guru perlu memiliki bekal mengajar dengan baik seseuai kondisi saat ini yang serba teknologi. Selain mengajar, calon guru juga perlu memiliki sikap refleksi diri agar kualitas pendidikan terus meningkat. Dikarenakan hal ini maka dilakukanlah pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa calon guru. Pembelajaran ini diterapkan pada mata kuliah Micro Teaching diProgram Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pembelajaran ini tercapai apabila seluruh mahasiswa di kelas dapat mengajar dengan baik. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui bahwa mahasiswa yang dapat mebgajar dengan baik adalah 20%. Pada siklus I, mahasiswa yang dapat mengajar dengan baik adalah 75%. Berdasarkan siklus II, diperoleh hasil bahwa semua mahasiswa di kelas dapat mengajar dengan baik dan mereka mampu menyediakan pembelajaran berbasis teknologi yang dikaitkan dengan pedagogi dan materi belajar. Sehingga disimpulkn bahwa penerapan pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan strategi metakognitif mampu meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa calon guru. Pembelajaran yang dapat meningkatakan kemampuan mengajar ini yakni mahasiswa membuat perangkat pembelajaran berbasis TPACK dan dialksanaknnya strategi metakognitif dimana mahasiswa melakukan refleksi terhadap diri sendiri dengan menuliskannya pada jurnal refleksi dan dilakukan diskusi terkait refleksi yang ditulis.
References
Amelia, D. P., Oktafianti, M., Genika, P. R., & Luthfia, R. A. (2023). Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Keterampilan Mengajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 3001-3009.
Armiyati, L., & Fachrurozi, M. H. (2022). Technological pedagogical content knowledge (TPACK) calon guru di Tasikmalaya. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 164-176.
Damayanti, B. P., Nur‘Aini, A., Wulandari, K. F. N., & Primandiri, P. R. (2021). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas XI MIPA pada Pembelajaran Biologi di SMAN 7 Kediri. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 156-168).
Eriawati, E. (2015). Aplikasi keterampilan metakognitif dalam pembelajaran ekosistem di MAN Rukoh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 1(1), 60-66.
Iskandar, S. M. (2016). Pendekatan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran sains di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13-20.
Pertiwi, D. P., Kumala, F. N., & Iswahyudi, D. (2021). Analisis Kemampuan Teknologi Guru Sd. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(3), 241-246.
Saputra, N. N., & Andriyani, R. (2018). Analisis kemampuan metakognitif siswa SMA dalam proses pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3), 132-144.
Satriawati, G., Mas' ud, A., Dwirahayu, G., Dahlan, J. A., & Cahya, E. (2022). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Microteaching Di Masa Pandemi Covid 19. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 73-84.
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis kemampuan tpack (technolgical, pedagogical, and content, knowledge) guru biologi sma dalam menyusun perangkat pembelajaran materi sistem peredaran darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44-53.
Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan mengajar mahasiswa calon guru matematika ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada mata kuliah micro teaching. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2484-2498.
Zulfikar, R. N. (2019). Analisis strategi metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Ilmiah Iqra', 13(1), 64-71.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Nur Khozanah Ilmah, Farizha Irmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.