Penerapan E-modul Berbasis Flipbook Terhadap Hasil Belajar Passing Permainan Sepak Bola Di SMKN 2 Buduran

Authors

  • Alvin Dian Ardiansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Ridwan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.332

Keywords:

Flipbook, Hasil Belajar, Passing, Sepak Bola

Abstract

Penelitian ini bermaksud guna mengetahui ada maupun tidaknya pengaruh media flipbook terhadap hasil belajar passing siswa pada permainan sepak bola di SMK Negeri 2 Buduran dan mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajarnya. Jenis penelitiannya kuantitatif memakai metode eksperimen (eksperimen semu) berdesain non equivalent control group design. Siswa kelas XI OTKP 1 berjumlah 36 siswa menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data didapatkan dari hasil tes pengetahuan dan tes keteranpilan melalui tahapan pre-test, treatmen, serta post-test. Pengolahan data penelitian memanfaatkan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t test, serta presentase memanfaatkan SPSS 26 for windows. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukan didapati pengaruh penerapan e-modul berbasis flipbook terhadap hasil belajar passing siswa pada permainan sepak bola. Data yang ada pada penelitian ini telah diterapkan uji normalitas dan uji homogenitas didapati data berdistribusi normal dan homogen. Uji paired sample t test dari data kelas kontrol dan eksperimen baik nilai pengetahuan maupun keterampilan menunjukan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka dari itu bisa ditarik simpulan bahwasanya didapati pengaruh penerapan media flipbook terhadap hasil belajar passing siswa pada permainan sepak bola siswa.

References

Billah, M. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Memanfaatkan Aplikasi Flipbook Maker Pada Subtema Lingkungan Sekolahku. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 565–570.

Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Guna Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344

Hamid, A., & Alberida, H. (2021). Pentingnya Mengembangkan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 911–918.

Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Media Power Point Dengan Slide Video Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii Di Sekolah Dasar Else (Elementary School Education. 7(1), 75–80.

Junaedi, A., & Wisnu, H. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mardiana, R. (2022). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook guna Meningkatkan Pemahaman Siswa SMK pada Materi Hubungan dengan Pelanggan. 4(4), 5062–5072.

Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Memanfaatkan Adobe Flash CS6 Guna Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364–375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315

Neldi, H., Sari, D. N., Olahraga, P., Keolahragaan, F. I., & Padang, U. N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga (PJOK) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kecamatan Koto Tangah. 6(5), 99–106.

Pasambo, E., & Radia, E. H. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 3257–3267.

Putra, A. D., Yulianti, D., & Fitriawan, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital guna Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. 6(April), 2173–2177.

Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165.

Saparina, M., Suratman, D., & Nursangaji, A. (2020). Kelayakan Flipbook Digital sebagai Media Pembelajaran pada Mater Lingkaran di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), 1–11.

Septianto, T., Mahsunah, E., & Murni, A. W. (2022). Perspektif Guru: Pelatihan dan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook guna Diterapkan dalam Pembelajaran Sekolah Dasar pada Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 3691–3698. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2661

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Vikiantika, A., Primasatya, N., & Erwati, Y. (2022). Jurnal basicedu. 6(2), 2002–2013.

Published

2023-07-20

How to Cite

Alvin Dian Ardiansyah, & Mochamad Ridwan. (2023). Penerapan E-modul Berbasis Flipbook Terhadap Hasil Belajar Passing Permainan Sepak Bola Di SMKN 2 Buduran. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 169-174. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.332