Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar PJOK
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.313Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Project Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK dengan memasukkan nilai-nilai profil siswa Pancasila ke dalam model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Penelitan tindakan kelas adalah desain yang digunakan dalam jenis penelitian ini. Terdapat dua siklus penelitian, dan setiap siklus dilakukansatu kali, melalui beberapa tahap: 1.planning; 2 implementation/acting;3 observing; and (4) reflecting. Studi ini melibatkan 29 siswa dari kelas 5 SDN Balongbesuk. Data dianalisis dengan kuantitatif deskriptif. Diperoleh hasil bahwa pembelajaran dengan PJBL mampu meningkatkan hasil belajar PJOK pada aspek kognitif,psikomotorik, dan afektif. Ketuntasan meningkat sebesar 24,1% dari pra siklus ke siklus pertama dan 20,7% dari siklus pertama ke siklus kedua.
References
Adila, K., & Arianto, A. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM PROTOTIPE PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK SEBAGAI UPAYA. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, 219–227.
Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 73. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910
Alawiyah, I., & Sopandi, W. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 167–176. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4241
Amalia, S. S., & Alfiansyah, I. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 5(2), 239.
Dewi, R., Gustiawati, R., Afrinaldi, R., Studi, P., Jasmani, P., Ilmu, F. K., … Barat, J. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMAN 4 Karawang. Journal Coaching Education Sport, 1(2), 83–92.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.
Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Nasional. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 133–144. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.449
Lis Pita Ilindia, Hidayatullah, & Reza Lestari. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Peluang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 123–128. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.23
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
Muliardi. (2023). Mengembangkan kreativitas dan karakter bangsa melalui Kurikulum Merdeka di Madrasah. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 02(1), 1–12. https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.68
Nyoman Tika, I., & Gusti Ayu Tri Agustina, I. (2021). The Effect of a Blended Learning Project Based Learning Model on Scientific Attitudes and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 557–566. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Achmed Zoki, Rahayu Prasetiyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.