Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis PJOK Siswa Kelas X TKJ 1 SMKN 1 Kemlagi Kabupaten Mojokerto

Authors

  • Puguh Satya Hasmara STKIP PGRI Jombang
  • Ilmul Ma’arif STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.312

Keywords:

Flipped Classroom, E-Learning, Berpikir Kretaif

Abstract

Penelitian ini bertujuan yang berkaitan dengan meningkatkan kemampuan berifikir kritis dengan pembelajaran Flipped Classroom berbasis E-Learning pada peserta didik Kelas X TKJ 1 SMKN 1 Kemlagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian Non Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini berjumlah 36 peserta didik Instrumen yang digunakan berupa soal essay sebanyak 10 pertanyaan. Berdasarkan perhitungan hasil uji menggunakan rumus t-test diperoleh nilai thitung sebesar -20,431. Hasil thitung tersebut kemudian disamakan dengan menggunakan table distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh Nilai ttabel sebesar 2,0301. Jadi, nilai thitung -20,431 > ttabel 2,0301 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis PJOK Kelas X TKJ 1 SMKN 1 Kemlagi Kabupaten Mojokerto.

References

Adhitiya, E. N., Prabowo, A., & Arifudin, R. (2015). Studi komparasi model pembelajaran traditional flipped dengan peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2).

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arishanti, K, I. (2009). “Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan”. Jurnal Proceeding PESAT Universitas Gunadarma, Depok, Vol. 3 Oktober 2009, p. 46.

Baytiyeh, H. (2017). The flipped classroom model: when technology enhances professional skills. The International Journal of Information and Learning Technology, 34(1), 51-62.

Bishop, J., & Verleger, M. A. (2013, June). The flipped classroom: A survey of the research. In 2013 ASEE Annual Conference & Exposition (pp. 23-1200).

Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi, 37(1), 165–184. http://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4

Kurnianto, Bagas. (2020). Jurnal Pendidikan Dasar 9 (3) (2020) Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar dengan Meningkatkan Motivasi dengan Model Flipped Classroom.282-291.

Kalelioǧlu, F., & Gülbahar, Y. (2013). The effect of instructional techniques on critical thinking and critical thinking dispositions in online discussion. Educational Technology and Society, 17(1), 248–258.

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Educational Technologia, 1(2).

Munandar, Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka cipta.

Nurhadiat, D., & Syakdiyah, H. (2019). Inovasi Pembelajaran Flipped Classroom dalam upaya Penguatan Kompetensi dan Daya Saing Siswa Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(4), 47-58.

Rodiyana, R. (2015). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas,1(1).

Salma, A. Z, & Subarkah, C. Z. (2016). Prosidingsnips 2016 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Koloid Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom. 64–69

Supriadi, Dedi. 1999. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Turan, M. B., & Koç, K. (2018). The impact of self-directed learning readiness on critical thinking and self-efficacy among the students of the school of physical education and sports. International Journal of Higher Education, 7(6), 98–105. http://doi.org/10.5430/ijhe.v7n6p98

Yaldiz, N., & Bailey, M. (2019). The Effect of Critical Thinking on Making the Right Decisions in the New Venture Process. Procedia Computer Science, 158, 281–286. http://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.053.

Published

2023-07-31

How to Cite

Puguh Satya Hasmara, & Ilmul Ma’arif. (2023). Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis PJOK Siswa Kelas X TKJ 1 SMKN 1 Kemlagi Kabupaten Mojokerto . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 241-246. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.312