Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII dengan Pendekatan Bermain Pada Mata Pelajaran PJOK
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.304Keywords:
Motivasi, BermainAbstract
Salah satu solusi untuk meningkatkan aktivitas fisik pada anak adalah melalui pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di sekolah. Sesuai dengan karakteristik peserta didik SMP usia 12-15 tahun yaitu cenderung suka bermain. Bermain sangat disukai oleh anak-anak karena aktivitas yang menyenangkan. Peserta didik akan termotivasi untuk melakukan aktivitas fisik sehingga tubuh menjadi bugar dan sehat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus dimana setiap siklusnya dlakukan sebanyak 2 kali pertemuan dengan materi kebugaran jasmani. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah non-tes, yaitu dengan observasi, dokumentasi dan angket untuk melihat pendapat peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan guru. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka ditemukan bahwa pendekatan bermain sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar PJOK kelas VII SMPN 1 Bangsal. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan perlu adanya inovasi pembelajaran yang menarik agar peserta didik tertarik dengan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
References
Afrizal, & Rio Sahputra. (2022). Penerapan Permainan Kecil Dan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pjok Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri Lamsie Aceh Besar. SJS: Silampari Journal Sport, 2(3), 10–22. https://doi.org/10.55526/sjs.v2i3.353
Ahmad Sesfa’o. (2018). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan JasmanI (PenelitianTindakan Kelas di kelas VII-G SMP Negeri 14 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 5, 1–6.
Amali, Z. (2022). Kebijakan olahraga nasional menuju Indonesia Emas tahun National sports policy towards a golden Indonesia in 2045 Abstrak. 2, 63–83.
Astar. (2020). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. 2(1).
Bell, L. M., & Aldridge, J. M. (2014). Student Voice, Teacher Action Research and Classroom Improvement. Sense Publishers.
Dedi Asmajaya. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui permainan Dalam Pembelajaran PJOK Di Kelas VIII SMP N 3 Percut Sei Tuan. Jurnal Olympia, 3, 16–22.
Dr. Ayi Suherman, M. P. (2018). Kurikulum Pembelajaran Penjas (Muhammad Nur Alif (ed.)). UPI Sumedang Press.
Maulidin & Siti Rabiatul Adawiyah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Dengan Pendekatan Permainan. Journal Transformation Of Mandalika, 4(1), 91–95.
Moerianto, E., Valianto, B., & Dewi, R. (2020). Influence Game Method and Interest on the Basis of Motion of Learning Skills State Run SDN 105345 Sidodadi. 23(UnICoSS 2019), 158–161. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200305.045
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205
Samosir, F., & Aditya, R. (2022). Model Pendekatan Bermain Dalam Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(2), 137–148. https://doi.org/10.55081/jumper.v2i2.559
Saputra, R. (2021). Motivasi siswa terhadap permainan kecil dalam proses belajar mengajar pendidikan jasmani Student motivation towards small games in the teaching and learning process of physical education.
Smith, G. L., Banting, L., Eime, R., Sullivan, G. O., & Uffelen, J. G. Z. Van. (2017). The association between social support and physical activity in older adults : a systematic review. 1–21. https://doi.org/10.1186/s12966-017-0509-8
Tremblay, M. S., Barnes, J. D., González, S. A., Katzmarzyk, P. T., Onywera, V. O., Reilly, J. J., & Tomkinson, G. R. (2016). Global Matrix 2 . 0 : Report Card Grades on the Physical Activity of Children and Youth Comparing 38 Countries. 13(Suppl 2), 343–366.
Verawati, I., Dewi, R., & Ritonga, D. A. (2021). Development of Modification of Big Ball Game with Play Approach in Order to Develop Basic Movement Skills in Elementary School Students. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3186–3192. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.2051
Wiarto, G. (2015). Inovasi pembelajaran dalam pendidikan jasmani. Laksitas.
Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Pramadya Hardiansyah Putera, Mochammad Ridwan, Juheri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.