Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII dengan Pendekatan Bermain Pada Mata Pelajaran PJOK

Authors

  • Pramadya Hardiansyah Putera Uneversitas Negeri Surabaya
  • Mochammad Ridwan Universitas Negeri Surabaya
  • Juheri Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.304

Keywords:

Motivasi, Bermain

Abstract

Salah satu solusi untuk meningkatkan aktivitas fisik pada anak adalah melalui pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di sekolah. Sesuai dengan karakteristik peserta didik SMP usia 12-15 tahun yaitu cenderung suka bermain. Bermain sangat disukai oleh anak-anak karena aktivitas yang menyenangkan. Peserta didik akan termotivasi untuk melakukan aktivitas fisik sehingga tubuh menjadi bugar dan sehat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus dimana setiap siklusnya dlakukan sebanyak 2 kali pertemuan dengan materi kebugaran jasmani. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah non-tes, yaitu dengan observasi, dokumentasi dan angket untuk melihat pendapat peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan guru. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka ditemukan bahwa pendekatan bermain sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar PJOK kelas VII SMPN 1 Bangsal. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan perlu adanya inovasi pembelajaran yang menarik agar peserta didik tertarik dengan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

References

Afrizal, & Rio Sahputra. (2022). Penerapan Permainan Kecil Dan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pjok Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri Lamsie Aceh Besar. SJS: Silampari Journal Sport, 2(3), 10–22. https://doi.org/10.55526/sjs.v2i3.353

Ahmad Sesfa’o. (2018). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan JasmanI (PenelitianTindakan Kelas di kelas VII-G SMP Negeri 14 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 5, 1–6.

Amali, Z. (2022). Kebijakan olahraga nasional menuju Indonesia Emas tahun National sports policy towards a golden Indonesia in 2045 Abstrak. 2, 63–83.

Astar. (2020). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. 2(1).

Bell, L. M., & Aldridge, J. M. (2014). Student Voice, Teacher Action Research and Classroom Improvement. Sense Publishers.

Dedi Asmajaya. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui permainan Dalam Pembelajaran PJOK Di Kelas VIII SMP N 3 Percut Sei Tuan. Jurnal Olympia, 3, 16–22.

Dr. Ayi Suherman, M. P. (2018). Kurikulum Pembelajaran Penjas (Muhammad Nur Alif (ed.)). UPI Sumedang Press.

Maulidin & Siti Rabiatul Adawiyah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Dengan Pendekatan Permainan. Journal Transformation Of Mandalika, 4(1), 91–95.

Moerianto, E., Valianto, B., & Dewi, R. (2020). Influence Game Method and Interest on the Basis of Motion of Learning Skills State Run SDN 105345 Sidodadi. 23(UnICoSS 2019), 158–161. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200305.045

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205

Samosir, F., & Aditya, R. (2022). Model Pendekatan Bermain Dalam Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(2), 137–148. https://doi.org/10.55081/jumper.v2i2.559

Saputra, R. (2021). Motivasi siswa terhadap permainan kecil dalam proses belajar mengajar pendidikan jasmani Student motivation towards small games in the teaching and learning process of physical education.

Smith, G. L., Banting, L., Eime, R., Sullivan, G. O., & Uffelen, J. G. Z. Van. (2017). The association between social support and physical activity in older adults : a systematic review. 1–21. https://doi.org/10.1186/s12966-017-0509-8

Tremblay, M. S., Barnes, J. D., González, S. A., Katzmarzyk, P. T., Onywera, V. O., Reilly, J. J., & Tomkinson, G. R. (2016). Global Matrix 2 . 0 : Report Card Grades on the Physical Activity of Children and Youth Comparing 38 Countries. 13(Suppl 2), 343–366.

Verawati, I., Dewi, R., & Ritonga, D. A. (2021). Development of Modification of Big Ball Game with Play Approach in Order to Develop Basic Movement Skills in Elementary School Students. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3186–3192. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.2051

Wiarto, G. (2015). Inovasi pembelajaran dalam pendidikan jasmani. Laksitas.

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.

Published

2023-07-13

How to Cite

Pramadya Hardiansyah Putera, Mochammad Ridwan, & Juheri. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII dengan Pendekatan Bermain Pada Mata Pelajaran PJOK . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 133-139. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.304