Analisis Keaktifan Penggunaan Media Informasi/Sosial Pada Pengikut/Followers Instagram @Bolalobfutsal

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i1.295

Keywords:

instragram, informasi olahraga, media sodial, @bolalobfulsal

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguak keaktifan followers @bolalobfutsal pada akun Instagram@bolalobfutsal. Penelitian menggunakan metode survey deskriptif kuantitatif. Mengajukan pertanyaan kepada responden pengikut akun Instagram@bolalobfutsal dengan instumen angket yang dibagikan dengan google form. Sampel penelitian merupakan sampel sukarela dengan jumlah sampel 450 responden. Penelitian dilakukan mulai 9 desember 2022 sampai 16 januari 2023. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 21.00 for windows. secar umum pengikut yang ada pada akun Instagram@bolalobfutsal, ternyata hanya 48% yang aktif. Berdasarkan pada hasil ini membuka peluang yang lebih kepada pengelola akun agar lebih aktif dalam pengelolaan akun sehingga menjadi sarana aktif untuk mencari hiburan atau informasi kaitan dengan futsal secara online.

References

Amirul Huda, F. (2017). Pengertian Populasi, Sampel, Jenis Sampling, dan Teknik Sampling. Pengertian Populasi, Sampel, Jenis Sampling, Dan Teknik Sampling.

Atika, D. (2018). Pendekatan Kuantitatif Sebagai Salah Satu Alternatif Metode Pemecahan Masalah. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 6(1). https://doi.org/10.34203/jimfe.v6i1.460

Berkat Asi, N. (2017). Inti Sari Penelitian Deskriptif. Kampus-Digital.Com. http://www.kampus-digital.com/2017/03/inti-sari-penelitian-deskriptif.html

Eddy Roflin, Iche Andriyani Liberty, P. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran. In PT. Nasya Expanding Management.

Hermawansyah, A., & Pratama, A. R. (2021). Analisis Profil dan Karakteristik Pengguna Media Sosial di Indonesia Dengan Metode EFA dan MCA. Techno.Com, 20(1). https://doi.org/10.33633/tc.v20i1.4289

Junaedi, A., & Wibawa, M. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Panduan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Bola Basket. MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(1). https://doi.org/10.32664/mavis.v3i1.545

M. Prawiro. (2018). Pengertian Populasi: Ciri-Ciri, Jenis, dan Faktor yang Mempengaruhi Populasi. Maxmanroe.

Magi, M. (2019). Survei Kepuasan Siswa Terhadap Guru Mata Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Kreativitas Dan Penguasaan Materi Spldv Smp Negeri 2 Nanggulan.

Nurfathiyah, P. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi penyuluh pertanian dalam pemanfaatan media informasi di Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 3(1).

Prasatya, N. M. (2016). Geliat Surat Kabar Harian Olahraga di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 01. https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/215

Pratama, B. A., & Sari, D. S. (2020). Dampak Sosial Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Berupa Sikap Apatis di SMP Kabupaten Sukoharjo. Gaster, 18(1). https://doi.org/10.30787/gaster.v18i1.487

Puspitasari, Y., Idayani, D., & Firdausia, N. (2021). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Daya Nalar Matematis Dan Berfikir Kritis Di Kelas Viii Mts Sarji Ar-Rasyid. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1026

Rasimin, & Yusra, A. (2020). The Effect of Blended Learning on Reading Interest Through Group Counseling. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200814.012

Ridwan. (2019). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula (Cet. 6 Cet). Alfabeta.

Romeltea. (2021). Model Komunikasi: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya. Senikomunikasi.Com. https://senikomunikasi.com/model-komunikasi-pengertian-fungsi-dan-jenis-jenisnya/

Saputra, F. A., & Ciptadi, S. G. (2019). Komik Digital Sebagai Strategi Bisnis Media Online. Journal of Strategi Communication, 9(2).

Saurik, H. T. T., Purwanto, D. D., & Hadikusuma, J. I. (2019). Teknologi Virtual Reality untuk Media Informasi Kampus. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(1). https://doi.org/10.25126/jtiik.2019611238

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media , Brand Awareness , Purchase. Manajemen Pemasaran, 12(1).

Sugiyono. (2017). Populasi adalah. AsikBelajar.Com.

Surentu, Y. Z., Warouw, D. M. D., & Rembang, M. (2020). Pentingnya Website Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Minahasa | Surentu | Acta Diurna Komunikasi. Acta Diurna Komunikasi, 2(4).

Tobing, S. M. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1). https://doi.org/10.31932/jpk.v4i1.376

Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1). https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.91

Widyawati, R. A., & Kurniawan, A. (2021). Pengaruh Paparan Media Sosial Terhadap Perilaku Self-harm Pada Pengguna Media Sosial Emerging Adulthood. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1). https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24600

Wirawan, M. S. (2017). Motivasi Masyarakat Terhadap Olahraga Futsal. Jurnal Kesehatan, 7(3).

Yana, I. G., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2021). Persepsi Wisatawan terhadap Potensi Pariwisata Olahraga Wahana Canyoning. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(1). https://doi.org/10.23887/ijst.v3i1.35432

Published

2023-03-31

How to Cite

Aldho Nurhadi Kusuma, Y. Touvan Juni Samodra, & Putra Sastaman B. (2023). Analisis Keaktifan Penggunaan Media Informasi/Sosial Pada Pengikut/Followers Instagram @Bolalobfutsal . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(1), 55-59. https://doi.org/10.46838/spr.v4i1.295