Keterampilan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas (Crawl) Di SMPN 5 Karawang Barat : Ekspektasi vs Realita
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i1.251Keywords:
Keterampilan Renang, Renang Gaya BebasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan renang gaya bebas dasar pascapandemi di SMPN 5 Karawang Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan pendekatan penelitian survey. Enam siswa (20%) masuk dalam kategori sangat baik, tiga siswa (10%) masuk dalam kategori baik, enam siswa (20%) masuk dalam kategori cukup, dan enam siswa (20%) masuk dalam kategori baik, sesuai dengan temuan penelitian. 90% siswa termasuk kelompok yang sangat malang, sementara 9% termasuk dalam kelompok yang malang. Guru sebaiknya menggunakan metode pengajaran yang lebih berbasis karakter, sesuai dengan temuan penelitian ini. Sekolah harus menyediakan skateboard dan alat pembelajaran lainnya agar tujuan dapat tercapai dan proses pengajaran dapat berjalan dengan lancar. Akhirnya, penelitian selanjutnya harus dapat melakukan eksperimen berdasarkan data survei dari penelitian ini.
References
Adikarsa, I., & Supriyono. (2022). Tingkat Keterampilan Renang Gaya Crawl Jarak 25 Meter Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngupasan Kabupaten Purworejo Tahun 2022. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(2), 391–398.
Anam, M. S., Sugiarto, T., & Wahyudi, U. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Dan Gaya Dada Melalui Video Compact Disk Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Renang Di Smp Negeri 8 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 74. https://doi.org/10.17977/um040v1i1p74-86
Arifin, Z., Junaidi, S., & Kurniawan, W. P. (2020). Tingkat Pemahaman Guru Penjasorkes Terhadap Materi Aktivitas Air Di SD Negeri Se-Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1).
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Destiawan, M. C., Adi, S., & Roesdiyanto. (2020). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 82–90. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj
Fajriyudin, M., Aminudin, R., & Fahrudin, F. (2021). Pengaruh Metode Continuous Running Terhadap Peningkatan Daya Tahan Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat di Pondok Pesantren Modern Nurussalam. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 51–59. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4435
Gani, R. A., Sukur, A., & Nugroho, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Renang Gaya Kupu-Kupu Melalui Strategi Pembelajaran Variatif Bagi Mahasiswa. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 107–113. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7621
Harry, B. A., Wiradihardja, S., & Nuraini, S. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Pengenalan Air Berbasis Permainan Untuk Siswa Kelas IV Sdn Cipinang Cempedak 05 Pagi Jakarta Timur. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 115–120. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7622
Kurniawan, A. W., Sulistyorini, S., & Sugiarto, T. (2018). Meningkatkan Pembelajaran Renang Gaya Dada Dengan Menggunakan Part Whole Method Untuk Siswa Kelas Viii b Smpk Frateran Celaket 21 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(2), 93. https://doi.org/10.17977/um040v2i2p93-98
Lahinda, J. (2020). Pengaruh Latihan Teknik Dasar Terhadap Kemampun Renang Gaya Bebas Pada Mahamahamahamahasiswa Penjaskesrek Universitas Masamus. JARGARIA SPRINT: Journal Science of Sport and Health, 1(2), 82–87. https://doi.org/10.30598/jargariasprintvol1issue2page82-87
Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 184–195. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947
Pribadi, M. R., & Madilis, F. (2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8. https://doi.org/10.5281/zenodo.6392128
Rosmi, Y. F. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas KU 7-9 Tahun.
Sanjaya, P. M. D., & Rediani, N. N. (2022). Pembelajaran Berbantuan Video Model Latihan Renang Gaya Bebas Terhadap Penguasaan Gaya Bebas dan Kecepatan Renang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 295–303. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50248
Sefriana, K. M. (2020). Hubungan Antara Kecepatan Dan Kekuatan Otot Lengan Dengan Kemampuan Sprint 50 Meter Gaya Bebas Pada Atlet Renang Puslatkot Kota Kediri. Ilmu Olahraga, 1(1), 48–52.
Siswanto, C. A. K. (2019). Survei Keterampilan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Atlet Usia 12-14 Tahun Pada Klub Renang Di Kabupaten Tulungagung. Universitas Nusantara PGRI Kediri. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2019/14.1.01.09.0034.pdf
Sofyan, D., Novaldi Pamungkas, R. S., & Arhesa, S. (2022). Metode Drill Menggunakan Media Flipper Float sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Renang Gaya Bebas. Jurnal Patriot, 4(1), 58–68. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i1.837
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan.
Utami, N. S. (2021). Survei Pemanfaatan Kolam Renang Sebagai Prasarana Pembelajaran akuatik Sekolah Dasar Di Daerah Istimewa Yogyakarta. 17(1), 72–76. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.vl7il.39656
Wicaksono, G. H., Purnama, Y., & Winasto, P. E. (2021). Pengembangan Alat Bantu Berenang Flying Swimming untuk Pembelajaran Renang Pemula. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 2(1), 152–156. https://doi.org/10.46838/spr.v2i1.102