Evaluasi Kemampuan Guru PJOK Mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Jenjang Sekolah Menengah Atas di Kota Ambon

Authors

  • Jacob Anaktototy Universitas Pattimura
  • Mieke Souisa Universitas Pattimura
  • Jusak Syaranamual Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.250

Keywords:

Evaluasi, Kemampuan, Guru PJOK, Mendesain, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran penjas pada jenjang pendidikan menengah di Kota Ambon. Metode yang digunakan yaitu “ex post facto”, dengan pendekatan “deskriptif”. Instrumen yang digunakan yaitu format penilaian RPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu “statistik deskriptif”, menghitung persentasi kemampuan merencanakan pembelajaran PJOK. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu; (1) rata-rata skor perolehan subyek pada indikator kemampuan merumuskan KI, KD, dan tujuan pembelajaran, sebesar 47. (2) rata-rata skor perolehan subyek pada indikator kemampuan merumuskan langkah-langkah pembelajaran, sebesar 46. (3) rata-rata skor perolehan subyek pada indikator merencanakan penilaian pembelajaran (penilaian afektif-penilaian kognitif-penilaian psikomotor), yaitu sebesar 51. Berdasarkan hasil yang diperoeh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan subyek dalam mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan 3 (tiga) indikator utama, yang terdiri dari (1) Kemampuan merumuskan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan tujuan pembelajaran, (2) Kemampuan merumuskan Langkah-langkah pembelajaran, dan (3) Kemampuan merencanakan penilaian, masih dikategorikan “kurang”.

References

Anaktototy, J., & Souisa, M. (2018). The Analysis of Ability Physical Education Teachers in Managing. The 3rd International Seminar on Education (pp. 196-202. ISSN Online: 2599-3178). Ambon: Fakultas Keuruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Pattimura.

Anaktototy, J., & Souisa, M. (2019). Evaluasi Penerapan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran PJOK pada Sekolah Menengah Atas di Kota Ambon. Universitas Pattimura. Ambon: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Lekalaet, S. A., Anaktototy, J., & Souisa, M. (2021). Survei Penilaian Psikomotor Dalam Pembelajaran Penjas Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas XMia SMAN 8 Ambon. Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga). ISSN: 2541-5042 (Online). Vol. 6 - No. 2., 233-242.

Maksum. A. 2012. “Metodologi Penelitian dalam Olahraga”. Surabya: Unesa University Press.

Mulyasa, E. 2013. “Menjadi Guru Profesional”. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H, E. 2017. “Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013”. Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013 Merupakan Persoalan Penting dan Genting. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. 2012. “Metodologi Penelitian Dalam Olahraga”. Surabaya: Unesa University Press.

Prastowo, A. 2011. “Metode Penelitian Kualitatif: dalam Perspektif Rancangan Penelitian”. Cet. I. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rosdiani, D. (2014). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. ISBN: 978-602-7825-29-1. Bandung: Alfabeta.

Souisa, M., Anaktototy, J., & Anissa, D. (2020). Kemampuan Guru Penjasor Menerapkan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran pada Siswa Kelas X SMAN 3 Salahutu. Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga). ISSN: 2541-5042 (Online). Vol. 5 - No.1., 50-56.

Sudjana, N. 2013. “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2011. “Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D”. Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2013. “Memahami Penelitian Kualitatif”. Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Supardi. 2016. “Penilaian Autentik”. Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor. Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Published

2022-12-28

How to Cite

Jacob Anaktototy, Mieke Souisa, & Jusak Syaranamual. (2022). Evaluasi Kemampuan Guru PJOK Mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Jenjang Sekolah Menengah Atas di Kota Ambon . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 179-188. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.250