Dampak Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Perbandingan
DOI:
https://doi.org/10.46838/jbic.v5i1.622Keywords:
LKS, Hasil Belajar, PerbandinganAbstract
Pembelajaran yang sering ditemui berfokus pada aktifitas guru sebagai pengajar dan metode pembelajarannya yang sebagian besar digunakan adalah metode ceramah yang kurang menarik perhatian dan minat siswa terhadap pelajaran matematika. Pada penelitian ini peneliti mencoba menerapkan salah satu metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar yaitu pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa materi perbandingan SD Negeri 2 Sumber Beras Muncar di kelas 5. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode validasi alat peraga dan lembar kerja siswa, metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan responden dengan menggunakan teknik random sampling yaitu penentuan sampel secara acak. Responden pada penelitian ini yaitu siswa kelas V dengan jumlah responden sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil perolehan observasi dari keefektifan pembelajaran untuk skor rata-rata pengelolaan kelas dengan menggunakan alat peraga dan lembar kerja siswa (LKS) pada materi perbandingan dari 35 siswa mendapatkan kategori baik. Dengan data tes siswa yang memenuhi nilai sebanyak 83% dan nilai yang tidak tuntas sebanyak 17%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diidentifikasi bahwa dengan Pembelajaran dengan menggunakan LKS dapat dikatakan dapat menaikkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan karena jumlah (thitung≤ttabel) yaitu thitung= 0,002627513 dan ttabel=2,011223 artinya H0 ditolak dan menerima H1, artinya pembelajaran dengan menggunakan LKS pada materi perbandingan terhadap hasil belajar siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Ratna Mustika Yasi, Zulfa Astri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.