Kegiatan KKN Mengajar di SDN Karangpuri 1 Kecamatan Wonoayu

Authors

  • Eka Kurnia Darisman Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tiofilus Arie Ictiar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Christian Natanael Keryapi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sekar Ayu Syaharani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dewi Ratna Sari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Putri Julia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tri Haputra Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Anggun Cahyaning Berliani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.46838/ic.v3i2.835

Keywords:

KKN Mengajar; Pendidikan Dasar; Motivasi Belajar; Kolaborasi Sekolah; Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mengajar di SDN Karangpuri 1 Kecamatan Wonoayu dilaksanakan selama empat minggu dengan tujuan utama memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan mutu pendidikan dasar di wilayah pedesaan. Mahasiswa yang terlibat berasal dari berbagai program studi dan berperan sebagai pendamping sekaligus fasilitator dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan menekankan pendekatan partisipatif dan kreatif, di mana mahasiswa menghadirkan variasi strategi pembelajaran yang lebih interaktif, seperti permainan numerasi, literasi kreatif, aktivitas jasmani, serta bimbingan kelompok. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang teridentifikasi melalui survei kuesioner, dengan skor rata-rata yang meningkat seiring jenjang kelas. Siswa kelas rendah memperoleh skor motivasi yang cukup baik, sementara siswa kelas tinggi menunjukkan motivasi yang semakin kuat menjelang transisi ke sekolah menengah. Guru merasa terbantu dengan kehadiran mahasiswa karena dapat mengurangi beban mengajar dan mendapatkan inspirasi metode baru, sementara masyarakat menilai kegiatan ini membawa dampak positif terhadap semangat belajar anak di rumah. Secara keseluruhan, kegiatan KKN Mengajar ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, memperkuat kolaborasi sekolah dan perguruan tinggi, serta memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa sebagai calon pendidik dan agen perubahan sosial.

References

Azzahra, V. A., Lestari, D. A., Aulia, S. A., Fahira, M. A., Hambali, B., Pendidikan, S., Kesehatan, J., Rekreasi, D., Olahraga, P., & Kesehatan, D. (2024). Jenis Jenis Aktivitas Dalam Pendidikan Jasmani. In Jurnal Ilmiah Spirit (Vol. 24, Issue 2).

Dwi Etika, E., Cindy Pratiwi, S., Megah Purnama Lenti, D., & Rahma Al Maida, D. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2. Journal Of Educational Integration And Development, 1(4), 2021.

Eko Wahyudi, L., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra Dinata, Z., Fitoriq, M., & Nur Hasyim, M. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan Di Indonesia. In Journal Of Education, Madrasah Innovation And Aswaja Studies (Mjemias) (Vol. 1, Issue 1). Https://Jurnal.Maarifnumalang.Id/

Faradiyah Nurul, R., Intani, K. I. N., Andreas, R., & Mahardika, D. A. (2022). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Baratan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 8–16. Https://Doi.Org/10.56972/Jikm.V2i1.35

Heriyudanta, M., Tria, W., Putri, A., & Ponorogo, I. (2021). Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 7(2). Http://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Pd

Ihsan Batubara, Aini Fadilah Daulay, Resti Agustina, Melda Junita Nst, Nur Padilah, Cahyani Aulia Fitri, Khodijah Nasution, & Siti Khairani. (2024). Peran Mahasiswa Kkn Dalam Pengembangan Pendidikan Anak-Anak Di Desa Pintu Padang. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 104–114. Https://Doi.Org/10.47861/Jipm-Nalanda.V2i1.771

Luqman Arifin, M., & Pitriyanita, E. (2022). Character Education Strategies In Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(01), 28–35.

Muhammad Ainun Na’im, Risma Nafakhatus Sakhariyah, & Fazsya Tatra Khalia. (2024). Peran Program Kkn Mengajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sdn Rowobranten, Kendal. Dinamika Sosial : Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Transformasi Kesejahteraan, 1(4), 38–46. Https://Doi.Org/10.62951/Dinsos.V1i4.632

Prasetiyo, R., Bayu, W. I., & Darisman, E. K. (2022). Psychological Characteristics Of Athletes In Regional Training Center. Journal Sport Area, 7(2), 310–319. Https://Doi.Org/10.25299/Sportarea.2022.Vol7(2).7323

Samsul, K., Dwijonagoro, H., Wulandari, A., & Audiya, F. R. (N.D.). Permasalahan Pendidikan Dan Solusinya Di Indonesia.

Published

2025-08-21

How to Cite

Darisman, E. K., Ictiar, T. A. ., Keryapi, C. N. ., Syaharani, S. A. ., Sari, D. R. ., Julia, P. ., Haputra, T. ., & Berliani, A. C. . (2025). Kegiatan KKN Mengajar di SDN Karangpuri 1 Kecamatan Wonoayu. INSAN CENDEKIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 223-230. https://doi.org/10.46838/ic.v3i2.835

Most read articles by the same author(s)