Pendidikan Anti-Bullying melalui Implementasi Pembelajaran Bermain pada Anak Sekolah Dasar

Indonesia

Authors

  • Sulis Dyah Candra Universitas Panca Marga
  • Agung Abdul Rahman Wiyono Universitas Panca Marga
  • Raihan Wishal Nafis Universitas Panca Marga
  • Lukman Hakim Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.46838/ic.v3i1.807

Keywords:

Anti-bully; Pembelajaran permainan; Peran main; Kesadaran bully; Keterampilan sosial

Abstract

Pendidikan anti-bullying di sekolah dasar memerlukan pendekatan inovatif agar siswa dapat memahami dan menghindari perilaku perundungan sejak dini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa sekolah dasar mengenai bullying melalui implementasi pembelajaran berbasis permainan. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, seperti permainan peran (role playing) yang memungkinkan siswa merasakan langsung berbagai situasi sebagai pelaku, korban, maupun saksi bullying. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan bermain efektif dalam membangun empati, meningkatkan keterampilan sosial, serta menumbuhkan sikap saling menghargai antar siswa. Dengan terciptanya lingkungan belajar yang positif dan inklusif, diharapkan nilai-nilai anti-bullying dapat tertanam kuat dalam keseharian siswa.  

References

Anjelita, K., & Utama, C. (2024). Darurat Bullying: Perilaku Dan Solusi Untuk Menangani Tindak Bullying Di Sekolah Dasar. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 31–41. https://doi.org/10.52185/abuyavol2iss1y2024415

Artyarini, A., Oktapiani, E., & Fatimah, S. (2018). PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK MTs. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 1(3), 94. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i3.2758

Chairunnisa, M. L., & Raharjo, T. J. (2024). Peran Pendidik dalam Membangun Empati Anak Melalui Metode Role Playing di Kelompok Bermain Aisyiyah 01 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 20–33.

Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590

Kusumawardani, L. H., Dewanti, B. R., Maitsani, N. A., Uliyah, Z., Dewantari, A. C., Laksono, A. D., Saraswati, G. I., Nugroho, K. A., Lestari, A. D., & Laila, N. R. (2020). Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Metode Edukasi Dan Role Play Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surbaya, 15(2), 162–171. https://doi.org/10.30643/jiksht.v15i2.73

Mardiyah, S., & Abdul Syukur, B. (2020). Pengaruh Edukasi Dengan Metode Role Play Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pencegahan Bullying Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 2015, 99–104. https://doi.org/10.34035/jk.v11i1.426

Marhaely, S., Purwanto, A., Aini, R. N., Asyanti, S. D., Sarjan, W., & Paramita, P. (2024). Literatur Review: Model Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Untuk Sekolah. 2024, 5(1), 826–834.

NAJWA, L., ARYANI, M., SUHARDI, M., PURMADI, A., & GARNIKA, E. (2023). Sosialisasi Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Edukasi Pendidikan Karakter Dan Pelibatan Orang Tua. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 13–17. https://doi.org/10.51878/community.v3i1.2330

Natalia, A., Alfarizki, F., Ayu Mitari, I., Adiatma Widada, M., Handayani, M., Kholiqoh, N., Mutiara Wijayani, R., & Hernanda, R. (2024). SOSIALISASI ANTI BULLYING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN PADA PESERTA DIDIK. Jurnal Media Akademik, 2(9), 3031–5220.

Nurfitriyanti, M., Candra, E. N., & Suharyati, H. (2024). Peran Sekolah dalam Mencegah Bullying di Sekolah ditinjau dari Filsafat Etika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2041–2048. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6539

Puckett, D. S. (2020). 6. Empowerment. The Agile Culture Code, 5(2), 109–174. https://doi.org/10.5771/9783869805269-109

Salsabillah, C. S., Fitra, M. A., Zaidan, M. F., & Kusmawati, A. (2024). Intervensi Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 279–287. https://doi.org/10.61132/bima.v2i1.613

Published

2025-07-22

How to Cite

Candra, S. D. ., Wiyono, A. A. R. ., Nafis, R. W., & Hakim, L. (2025). Pendidikan Anti-Bullying melalui Implementasi Pembelajaran Bermain pada Anak Sekolah Dasar: Indonesia. INSAN CENDEKIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 191-199. https://doi.org/10.46838/ic.v3i1.807