PKM: Dewan Juri Cabang PILDACIL Bahasa Inggris PORSENI MI Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.46838/ic.v3i1.760Keywords:
PKM; Juri; PILDACIL; PORSENIAbstract
Kegiatan pengabdian ini melibatkan dosen sebagai juri lomba PILDACIL Bahasa Inggris pada PORSENI MI tingkat Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan bertujuan meningkatkan kualitas penjurian melalui keterlibatan akademisi, penyusunan rubrik penilaian standar, serta pelaksanaan technical meeting. Hasilnya, lomba berlangsung objektif, edukatif, dan transparan. Rubrik penilaian disusun berdasarkan pendekatan pedagogis anak usia MI, mencakup aspek materi, struktur isi, artikulasi, performa, etika, dan kreativitas. Technical meeting berperan penting dalam menyelaraskan pemahaman teknis antarpihak. Pengabdian ini menjawab kebutuhan mitra terhadap juri profesional, standar penilaian, dan pemahaman teknis lomba. Kegiatan ini dapat direplikasi di daerah lain sebagai model kemitraan akademik untuk mendukung dakwah dan literasi multibahasa pada anak. Laporan ini menjadi luaran akademik yang bermanfaat bagi pengembangan lomba serupa secara berkelanjutan dan profesional.
References
Bimas Islam Banyuwangi. (2024). Data partisipasi madrasah dalam PORSENI MI Kabupaten Banyuwangi 2021–2024.
DetikJatim. (2024, November 15). Ditemukan tanda kekerasan seksual di tubuh siswi MI Banyuwangi. https://www.detik.com
Hasanah, R., & Lestari, I. (2020). Peran dosen sebagai juri lomba pidato anak dalam meningkatkan literasi publik. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 25–3.
Hsanah, U., & Lestari, W. (2020). Pengembangan kompetensi juri lomba pidato anak melalui pelatihan berbasis studi kasus. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 33–40.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2023). Panduan PORSENI MI 2023.
Kompas.com. (2024). Kasus pembunuhan anak di Banyuwangi belum terungkap, polisi periksa 10 saksi.
Kusumawardhani, D., Anjarwati, S., & Nurhidayati, D. (2022). Model pengabdian kolaboratif: Meningkatkan keterlibatan mitra dalam program PkM. Jurnal Abdimas Humanika, 6(2), 99–107.
Novianti, A. (2018). Pengembangan rubrik penilaian pidato Bahasa Inggris untuk anak usia dini. Journal of ELT Research, 3(1), 25–32.
Novianti, N. (2018). Evaluating children’s English public speaking: From performance to pedagogy. Indonesian Journal of English Language Teaching, 13(2), 71–86.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryanto, A., & Widodo, R. (2019). Partisipasi mitra dalam implementasi kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal Ilmiah Pengabdian, 5(1), 45–52.
UNICEF. (2016). Child protection in education: Guidelines and toolkit. https://www.unicef.org
Yunita, S., & Fadhilah, A. (2021). Evaluating young learners’ English speech contest performance: A rubric-based approach. International Journal of Language Pedagogy, 5(1), 42–55.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Tri Mulyati, Arin Inayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.