Pendampingan Keterampilan Peserta Didik Pemanfaatan Limbah Organik Dan Anorganik Di Alas Gedang Banyuwangi

Authors

  • Sahru Romadloni Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Elok Rosyidah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Roikhatul Jannah Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.46838/ic.v3i1.702

Keywords:

Pendampingan Keterampilan; Peserta Didik; Pemanfaatan Limbah; Organik Dan Anorganik

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran masyarakat Kampung Alas Gedang, Banyuwangi terhadap pentingnya pengelolaan limbah organik dan anorganik yang ramah lingkungan. Limbah rumah tangga yang tidak terkelola dengan baik berpotensi mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan. Melalui pendekatan edukatif dan pelatihan berbasis praktik, kegiatan ini melibatkan 19 peserta didik dari jenjang SD dan TK dalam pembuatan produk kreatif seperti kotak pensil dan hiasan dinding dari bahan limbah. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pemilahan limbah, dan pendampingan praktik secara langsung. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap pemanfaatan limbah serta tumbuhnya kreativitas dan kepedulian lingkungan. Kesimpulannya, kegiatan ini efektif dalam menumbuhkan kesadaran lingkungan sejak dini dan memiliki potensi untuk diterapkan secara berkelanjutan sebagai bagian dari solusi pengelolaan limbah di lingkungan pedesaan.

References

Agustina, A. (2021). Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin. https://doi.org/10.15575/jpiu.12206

Al-Rosyid, L. M., Komarayanti, S., Gurtino, W., & Arifin, P. R. (2023). Pendampingan Literasi Lingkungan Pengelolaan Sampah di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Jember. Jurnal Pengabdian Teknologi Informasi Dan Kesehatan, 1(2), 37–43. https://doi.org/10.47134/diankes.v1i2.9

Feridyan, A. (2023). Sosialisasi Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik Menggunakan Media Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 109–116. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i4.780

Halim Sidiq, M. A. (2020). Menjaga Kebersihan Lingkungan Dengan Mengadakan Tempat Pembuangan Akhir (Tpa) Sampah Di Dusun Timur Sawah Desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh Lumajang. Khidmatuna Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v1i1.997

Husain, R., & Saleh, M. (2022). Pengelolaan Lingkungan Pesisir Melalui Gerakan Bersih Pantai Dan Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Upaya Mengurangi Sampah Di Desa Biluhu Timur Kabupaten Gorontalo. Dikmas Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.1.191-202.2022

Hussaini, M. Al, Kousar, S., Kousar, N., Batool, U., & Munawar, N. A. (2024). Exploring Effective Strategies for Student Engagement and Learning Outcomes in Elementary Education. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 3(02), 90–101. https://doi.org/10.56741/ijlree.v3i02.573

Idawati, I., Yuliana, Y., Rahmi, P. T., Zuhra, F., & Nurrahmah, N. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Tentang Kebersihan Lingkungan Di Desa Belee Busu Dusun Meunasah Dayah Kecamatan Mutiara Barat Kabupaten Pidie. Community Development Journal Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1042

Irianti, D. R., Hidayat, F., Restu, P. W., Sujiwa, K., Munandar, A., Munjid, A., & Basuki, A. (2022). Penanaman Pola Pikir Kritis Berwawasan Eco-Pesantren Reduce Reuse dan Recycle di Pondok Modern Tazakka Batang. Bakti Budaya, 5(2), 166–181. https://doi.org/10.22146/bakti.5112

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Lindawati, R., & Ganinda, N. (2023). Penguatan Gerakan Literasi Sekolah Melalui Literasi Digital. INSAN CENDEKIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 12–16. https://doi.org/10.46838/ic.v1i1.381

Lubaba, A., Fadhilah, F., & Hidayat, W. (2024). Processing Plastik Waste into Creative Handicrafts to Reduce Plastik Waste in West Palimanan Village. Community. https://doi.org/10.61166/community.v3i1.57

Mahadewi, K. J., Ayu Candrawati, N. K., Ika Yanti, N. K., Agus Sumartana, I. W., & Asri Nilayanti, N. P. (2022). Pengadaan Tempat Sampah Sebagai Wujud Implementasi Pemilahan Sampah Di Desa Marga Dajan Puri. Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.38146

Maharja, R., Lisrianti Latief, A. W., Bahar, S. N., Gani, H., & Rahmansyah, S. F. (2022). Pengenalan Pengolahan Sampah Berbasis 3R Pada Masyarakat Pedesaan Sebagai Upaya Pengurangan Timbulan Sampah Rumah Tangga. Jurnal Abdimas Berdaya Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.30736/jab.v5i01.213

Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1344

Nuha, A. A. (2021). Problematika Sampah Dan Upaya Menjaga Kebersihan Lingkungan Di Dusun Krajan Desa Randuagung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Khidmatuna Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v1i2.1011

Oktaviani, D., Sakti, I. W., Sari, O. Y., Suhardi, A. R., Astuti, N. C., & Darajat, Z. (2024). Orientasi Upaya Mengurangi Sampah Rumah Tangga Melalui Partisipasi Masyarakat dalam Pemanfaatan Limbah Organik dan Anorganik Dengan Metode Reduce, Reuse, dan Recycle. Deleted Journal, 7(3), 384. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i3.22450

Pambudi, P. A., Fardiani, S. N., Zaenab, S., Hidayati, A. N., lalan permana, & Arofah, N. H. (2022). Penguatan nilai kepedulian lingkungan pada siswa jenjang pendidikan dasar. 2(2), 88–99. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i2.1934

Putri, H. A., & Romadhona, M. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan di Sekolah dalam Pemilahan Sampah organik dan anorganik di Desa Penanggungan. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 146–156. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i4.798

Rahmi, C., Noor, M. A., Sukardi, S., Mulasih, S., Lesmana, A. S., Syahreza, A., Nurdin, N., Tohiroh, T., & Saefullah, A. (2024). Menghidupkan Prinsip 3R: Reuse, Reduce, dan Recycle untuk Masa Depan yang Berkelanjutan Di Kelompok Wanita Tani Garuda 12 Cipayung, Ciputat. 1(1), 103–112. https://doi.org/10.60023/6dxp4137

Setiawan, E., Zulpahmi, Z., & Sumardi, S. (2024). Pelatihan Pengelolaan Sampah Di Kampung Gedong Guna Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Faedah, 2(1), 95–101. https://doi.org/10.59024/faedah.v2i1.717

Supardi, S. (2023). CHANGING THE ENVIRONMENTAL PARADIGM THROUGH 3R (Reuse, Reduce, Recycle) EDUCATION: Student Devotion to Plastic Waste Management and Sustainable Creativity with Economical Value. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(2), 85–93. https://doi.org/10.37481/pkmb.v3i2.604

Published

2025-05-15

How to Cite

Romadloni, S. ., Rosyidah, E. ., & Jannah, R. . (2025). Pendampingan Keterampilan Peserta Didik Pemanfaatan Limbah Organik Dan Anorganik Di Alas Gedang Banyuwangi. INSAN CENDEKIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 159-168. https://doi.org/10.46838/ic.v3i1.702