Pendampingan Pengembangan Bakat dan Minat Sepak Bola bagi Anak Usia Dasar

Authors

  • Joan Rhobi Andrianto Universitas PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.46838/ic.v2i2.616

Keywords:

Pendampingan; Sepak Bola; Bakat Anak; Minat Anak

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat anak-anak usia dasar di desa melalui program pendampingan sepak bola. Program ini melibatkan pengelompokan anak-anak berdasarkan usia dan tingkat keterampilan, pelaksanaan sesi pelatihan rutin, pendampingan psikologis, dan evaluasi berkala. Pengelompokan dilakukan dengan observasi dan tes keterampilan dasar seperti dribbling, passing, dan shooting, yang membagi anak-anak ke dalam tiga kelompok: pemula, menengah, dan lanjutan. Sesi pelatihan rutin dilaksanakan tiga kali seminggu dengan fokus pada latihan fisik dasar, teknik sepak bola, dan permainan kelompok. Pendampingan psikologis juga diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan emosional anak-anak. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan teknis, kelincahan, kekuatan, dan kepercayaan diri anak-anak. Tes keterampilan yang dilakukan setiap minggu mencatat peningkatan rata-rata 20% dalam kemampuan dribbling, passing, dan shooting. Evaluasi berkala menunjukkan kepuasan tinggi di antara anak-anak dan orang tua, serta kemajuan dalam pemahaman strategi permainan dan kerja sama tim. Program ini terbukti efektif dalam mengembangkan bakat dan minat sepak bola anak-anak serta memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan lebih lanjut. Kegiatan ini mendukung pendekatan pelatihan yang terstruktur dan komprehensif dalam pengembangan olahraga anak-anak di komunitas desa.

References

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497

Ciremay, R. R., & Kartiko, D. C. (2020). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribbling sepakbola pada anak berkebutuhan khusus (ABK). Bima Loka: Journal of Physical Education, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10544

Hizbulloh, A. L. S., & Resita, C. (2023). Pengaruh Pendidikan Jasmani Terhadap Fungsi Kognitif dan Capaian Belajar Peserta Didik. JPKO Jurnal Pendidikan Dan Kepelatihan Olahraga, 1(2), 46–53.

Lesmana, K. Y. P. (2014). Pentingnya Olahraga dan Kesehatan Gizi Bagi Keluarga dan Olahragawan. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 1(1), 373–388.

Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Mashuri, H., Mappaompo, M. A., A, P., Rahman, T., Saparia, A., & Juhanis, J. (2022). Pengaruh Permainan Gerak Dasar dengan Circuit Training terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6583–6593. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2213

Muhammad Rifa’i. (2018). Manajement Peserta Didik. In CV. Widya Puspita (Vol. 53, Issue 9).

Nisrina, N. A., Purwana, N., Badriyah, L., Luqyana, T., & Mulyana, A. (2024). Peningkatan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainana Sepak Bola pada Anak. Jayabama: Jurnal Peminat Olahraga, 2(1), 32–36.

Sadikin, M., Ahmad, A., & Ulpi, W. . (2023). Kemampuan motorik kasar anak di sekolah sepak bola (ssb). Jurnal Porkes, 6(2), 724–734. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i2.21214

Sudirman, & Kamaruddin, I. (2022). PKM Teknik dan Strategi Futsal Modern. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(1), 105–123.

Triyanto, S., & Daryanto, Z. P. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Dengan Metode Demonstrasi. Journal Sport Academy, 1(2), 65–75. https://doi.org/10.31571/jsa.v1i2.39

Published

2024-08-05

How to Cite

Andrianto, J. R. . (2024). Pendampingan Pengembangan Bakat dan Minat Sepak Bola bagi Anak Usia Dasar . INSAN CENDEKIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 96-103. https://doi.org/10.46838/ic.v2i2.616