Sosialisasi Penguatan Mental Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Pemula

Authors

  • Dimas Priagung Banar Syahputra Universitas PGRI Banyuwangi
  • Arin Inayah Universitas PGRI Banyuwangi
  • Lutfi Irawan Rahmat Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.46838/ic.v2i1.490

Keywords:

Pelajar Bahasa Inggris; Penguatan Mental; Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Pada pembelajar bahasa inggris pemula dalam menghadapi rasa takut akan membuat kesalahan, kurang percaya diri, perasaan akan mengalami kewalahan oleh kompleksitas materi. Penguatan mental belajar bahasa inggris bagi pemula menjadi hal penting. Metode yang digunakan adalah pelatihan penguatan mental siswa akan menerima dan mengikuti pembelajaran bahasa inggris dengan menyampaikan karakteristik pelajaran, cara menata sikap dan mental selama pembelajaran, memberikan kesempatan untuk unjuk kemampuan dan umpan balik konstruktif dengan mengapresiasi, motivasi dan mendukung untuk sikap positif. Hasil, siswa mampu menata mental dan sikap pada Pelajaran bahasa inggris. Hasil jawaban yang jelas dan benar dari latihan-latihan yang diberikan merupakan keberhasilan dari peningkatan pemahaman, mental, rasa percaya diri dan cara bersikap yang lebih baik. Kesimpulan, Mengintegrasikan semua aspek ini dalam pembelajaran seperti: Sikap positif, penyampaian karakteristik pembelajaran, memotivasi, mendesain pembelajaran interaktif dan memberi apresiasi atau penghargaan dalam proses belajar mengajar bahasa dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang memuaskan dan bermakna bagi siswa.

References

Aini, Miza, Rahmatika , Nohantiya, Peni. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA KEDUA BAGI SISWA DESA JATINOM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), Vol. 4, No. 3, Agustus 2020, Hal. 338-347. e-ISSN 2614-5758 | p-ISSN 2598-8158. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i3.2455

Nuryanti. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Program Study Ilmu Adminitrasi Negara Unisba Blitar. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, Volume 8 Nomor 3, Agustus 2023, Hal. 586-594, DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1546

Alfiaz, Heni., Wati, Sandra, Prima., Nurita, Sulis, Dwi., Langmui, Shenina, Adhila., Ratnawati, Vivi. (2024). Membangun Kepribadian Unggul: Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas IX melalui Teknik Shaping di SMP Negeri 2 Patianrowo. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), Vol. 3, 230-239.

Nurcahya, Ade., Hadijah, Hadi, Siti. (2020). Pemberian penguatan (reinforcement) dan kreatifitas mengajar guru sebagai determinan motivasi belajar siswa. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN. Vol. 5 No. 1, January 2020, Hal. 83-96. doi:10.17509/jpm.v4i2.18008

Rahman, Arif, Haerazi., Irawan, Lalu, Ari., Jupri,. Jumadil,. Arrafii, Moh. Arsyad., Wahyudiantari, Ni Wayan, Prami, Wahyudiantari. (2023). Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMP Negeri dan SMA Negeri: Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kab. Lombok Tengah. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo. Vol. 5, No. 2. pp. 487-497. http://journal-center.litpam.com/index.php/Sasambo_Abdimas

Maharani, Adinda., Hartati, Sri. (2017). ANALISIS SIKAP SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Vol. 2 No. 1. 1-10

Setiawan, I Wayan. Wedayanthi, Luh, Made, Dwi. Pebriyanti, Kadek, Dwi. (2024). Analisis Sikap Siswa Kelas XI MP (Manajemen Perkantoran) terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing di SMKN 1 Bangli. PUSTAKA:Jurnal Bahasa dan Pendidikan. Vol.4, No.1. Hal 27-45. DOI: https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i1.1033

Iskandar. Idris, Jamaluddin., Walidin, Warul Ak. (2021). PEMBINAAN SIKAP MENTAL SISWA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMAN DI KABUPATEN BIREUEN. FITRAH: International Islamic Education Journal, 3(1), 89-113. https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.1267

Mubarokah, Lailatul., Azizah, Umaymah, Nurul., Riyanti, Alvina., Nugroho, Brylian, Nurfan. (2021). Pentingnya Inovasi Pendidik untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik. Vol.2 No.9. https://doi.org/10.47387/jira.v2i9.224

Rhepan, S. (2014). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Media Brosur Bimbingan Belajar dan Diskusi Kelompok pada Siswa SMP. Journal PSIKOPEDAGOGIA, 3(1), 30-38.

Hafis, M., Putra, M. I. R., & Kurniawati, T. (2018). Pelatihan strategi belajar bahasa Inggris siswa kelas III SMP Walisongo dalam menghadapi ujian nasional 2018. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 176-186.

Sainanda, G., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Pemberian Apresiasi Terhadap Minat Belajar Ips Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 X Koto Diatas. Jurnal Eduscience (JES), 9(2), 388-394.

Published

2024-05-08

How to Cite

Syahputra, D. P. B. ., Inayah, A. ., & Rahmat, L. I. . (2024). Sosialisasi Penguatan Mental Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Pemula. INSAN CENDEKIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 76-82. https://doi.org/10.46838/ic.v2i1.490