Penguatan Produksi dan Pemasaran UMKM Kue Kering Pastri Kacang

Authors

  • Herdiana Dyah Susanti Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Moh. Fahrurrozi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Oktavima Wisdaningrum Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Dian Arief Pradana Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Mahfud Mahfud Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.46838/ic.v2i1.485

Keywords:

Kualitas Produksi; Pemasaran; UMKM

Abstract

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk yang dihasilkan oleh CV. BJP dengan mengurangi produk cacat yang dihasilkan, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan pengendalian kualitas produksi, perbaikan kemasan, perbaikan strategi pemasaran,  membranding produk dan pemasaran produk secara online. Metode yang digunakan dalam program ini adalah 1) pelatihan dan pembinaan, 2) transfer inovasi teknologi tepat guna, 3) pelatihan pengendalian kualitas, manajemen pemasaran dan branding, serta digital marketing. Hasil yang didapatkan dari kegiatan PKM ini adalah fasilitasi mesin penipis adonan pastri, peningkatan kapasitas produksi dari 28 kg per hari menjadi 78 kg per hari, produk cacat yang dihasilkan berkurang hingga 2% dari total produksi.

References

Dyah Susanti, H. (2023). Risk prevention of plywood product defects using Failure Mode Effect Analysis (FMEA) in the Indonesian plywood processing industry. Wood Material Science & Engineering, 18(6), 2049-2059.

Gaspersz V. 2002. Pedoman Implementasi Program Six Sigma Terintegrasi Dengan ISO 9001:2000, MBNQA, Dan HACCP, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hermawan, Budi. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan 4 (2): 9-17

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, Edisi Kesebelas, Penerbit PT.Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Montgomery, D.C. 1990. Pengantar Pengendalian Kualitas Statistik. Gajah Mada. Yogyakarta.

Susanti, H. D., Pradana, D. A., & Mahfud, M. (2023). Post-Pandemi Covid-19 Bread Msme Marketing Strategy. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1.1).

Susanti, H. D., & Pradana, D. A. (2021). Implementation of quintuple helix in the development and improvement of SMEs competitiveness in Banyuwangi regency. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 3(1), 232-241.

Published

2024-04-07

How to Cite

Herdiana Dyah Susanti, Moh. Fahrurrozi, Oktavima Wisdaningrum, Dian Arief Pradana, & Mahfud, M. (2024). Penguatan Produksi dan Pemasaran UMKM Kue Kering Pastri Kacang. INSAN CENDEKIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 66-69. https://doi.org/10.46838/ic.v2i1.485

Most read articles by the same author(s)