https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/issue/feed SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga 2023-01-18T12:52:16+07:00 Moh. Agung Setiabudi agungsetiabudi.budi@gmail.com Open Journal Systems <p>SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga merupakan jurnal penelitian, kajian pustaka, dan review pada bidang pendidikan olahraga, ilmu olahraga, kepelatihan olahraga, dan pariwisata olahraga yang diterbitkan tiga kali dalam setahun yaitu bulan Maret, Juli, dan Desember.</p> https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/224 Field Games untuk Menstimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar 2022-12-10T00:28:16+07:00 Ahmad tovan@fkip.untan.ac.id Uray Gustian tovan@fkip.untan.ac.id Y. Touvan Juni Samodra tovan@fkip.untan.ac.id Rubiyatno tovan@fkip.untan.ac.id Rahmat Putra Perdana tovan@fkip.untan.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu Pra Exsperimental Designs dengan pendekatan One Group Pretest Posttest Designs dengan sample anak SD yang berjumlah 12 orang dibagi dua tim,tim A terdiri 6 orang dan tim B terdiri 6 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen <em>Game Performance Assessment Instrument</em> (GPAI). Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian yang diperoleh dari pretest dari tim A nilai rata-rata GPAI 5,4, sedangkan tim B nilai rata-rata GPAI 4,64. Hasil penelitian yang diperoleh dari posttest dari tim A nilai rata-rata GPAI 6,94, sedangkan tim B nilai rata-rata GPAI 6,6. Ternyata ada peningkatan anak dalam kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan uji data dinyatakan normal dan homogen. Uji T memberikan hasil sig hitung 0,018 &lt; 0,05 maka dinyatakan ada perbedaan kemampuan memecahkan masalah pada siswa. Sehingga <em>field game</em> efektif untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar.</p> 2022-12-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ahmad, Uray Gustian, Y. Touvan Juni Samodra, Rubiyatno, Rahmat Putra Perdana https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/235 Kesulitan Guru melaksanakan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 2022-12-15T22:57:09+07:00 Christin Prima Mery Rajagukguk christin@ukaw.ac.id Andreas J. F. Lumba christin@ukaw.ac.id David Loba christin@ukaw.ac.id Fredik E. Nope christin@ukaw.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mengajar guru berbasis pada performa mengajar dengan menggunakan metode deskriptif. Partisipan yang terlibat adalah guru PJOK yang berjumlah 48 orang. Instrumen penelitian menggunakan pedoman performa mengajar yang dikembangan oleh Maksum, mencakup 19 indikator keterampilan mengajar (membuka-menutup pembelajaran) menggunakan skala Guttman. Data penelitian dianalisis secara deskpriptif untuk memfrekuensi dan mempresentasi data serta mengkategorisasi kesulitan mengajar dengan rumus Widoyoko. Hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat kesulitan mengajar tergolong rendah (22.92%) dan sangat rendah (77.08%). Kendati demikian, beberapa perhatian perlu diarahkan kepada aspek keterampilan yang masih perlu ditingkatkan, baik pada kegiatan pendahuluan (Guru membangkitkan perhatian dan motivasi siswa), kegiatan ini (Guru mengurai tugas sesuai dengan kemampuan siswa, Guru memberikan penguatan melalui symbol non verbal), hingga kegiatan penutup (Guru menyiapkan siswa menerima pelajaran berikutnya).</p> 2022-12-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Christin Prima Mery Rajagukguk, Andreas J. F. Lumba, David Loba, Fredik E. Nope https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/227 Hasil Latihan Sirkuit dengan Intensitas Moderat Menggunakan 10 Alat 2022-12-20T11:08:58+07:00 Y. Touvan Juni Samodra tovan@fkip.untan.ac.id Isti Dwi Puspita Wati isti.dwi.puspita.w@fkip.untan.ac.id Maharani Putri Gandasari maharani.fatima@fkip.untan.ac.id Putra Sastaman B putrasastaman@fkip.untan.ac.id Ghana Firsta Yosika ghana.firsta@fkip.untan.ac.id <p>Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh laihan kebugaran dengan menggunakan latihan sirkuit. Pembuktian dilakukan dengan menggunakan dosis latihan medium 75% pengaruhnya terhadap berat badan diantara pilihan motode dan intensitas. Metode penelitian dengan <em>eksperimen pre test post test</em> dengan 12 kali latihan 10 <em>station</em>. Adapun peralatan yang digunakan adalah <em>calf raise, leg ectention, sit up, standing rowing, butterfly, tricep extention, pull down, sit up, bend press, back up</em>. Pengukuran dilakuka dengan timbangan dengan satuan kg. Data dianalisis dengan deskriptif dan uji beda nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara <em>pre test</em> dan <em>post test</em>. Sehingga dapat disimpulkan bahwa latihan dengan intensitas moderat jika hanya dilakukan dengan 10 alat dan 12 kali pertemuan belum mampu untuk menurunkan berat badan secara signifikan.</p> 2022-12-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Y. Touvan Juni Samodra, Isti Dwi Puspita Wati, Maharani Putri Gandasari, Putra Sastaman B, Ghana Firsta Yosika https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/232 Efek Pelatihan Power Berbasis Power Band terhadap Hasil Pukulan Pull Shot pada Atlet Cricket 2022-12-20T21:12:03+07:00 I Putu Eri Kresnayadi putuerikresnayadi@gmail.com I Gusti Putu Ngurah Adi Santika ngurahadisantika@gmail.com I Gusti Ngurah Sudiarta ngurahsudiarta67@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek yang dihasilkan oleh pelatihan power band terhadap kemampuan pull shot batting. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang yang diambil dengan teknik total sampling. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design penelitian <em>Randomize Pre-Tes dan Post-Test Control Group Design</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelatihan power band terhadap kemampuan pull shot batting dengan diperoleh rerata peningkatan 6,13 meter atau meningkat 30,52%. Berdasarkan hal tersebut pelatihan dengan basis power band efektif dalam meningkatkan kemampuan pull shot batting atlet cricket Kabupaten Gianyar.</p> 2022-12-27T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 I Putu Eri Kresnayadi, I Gusti Putu Ngurah Adi Santika, I Gusti Ngurah Sudiarta https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/250 Evaluasi Kemampuan Guru PJOK Mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Jenjang Sekolah Menengah Atas di Kota Ambon 2022-12-27T16:24:14+07:00 Jacob Anaktototy ms.souisa1512@gmail.com Mieke Souisa ms.souisa1512@gmail.com Jusak Syaranamual ms.souisa1512@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran penjas pada jenjang pendidikan menengah di Kota Ambon. Metode yang digunakan yaitu “<em>ex post facto</em>”, dengan pendekatan “deskriptif”. Instrumen yang digunakan yaitu format penilaian RPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu “statistik deskriptif”, menghitung persentasi kemampuan merencanakan pembelajaran PJOK. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu; (1) rata-rata skor perolehan subyek pada indikator kemampuan merumuskan KI, KD, dan tujuan pembelajaran, sebesar 47. (2) rata-rata skor perolehan subyek pada indikator kemampuan merumuskan langkah-langkah pembelajaran, sebesar 46. (3) rata-rata skor perolehan subyek pada indikator merencanakan penilaian pembelajaran (penilaian afektif-penilaian kognitif-penilaian psikomotor), yaitu sebesar 51. Berdasarkan hasil yang diperoeh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan subyek dalam mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan 3 (tiga) indikator utama, yang terdiri dari (1) Kemampuan merumuskan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan tujuan pembelajaran, (2) Kemampuan merumuskan Langkah-langkah pembelajaran, dan (3) Kemampuan merencanakan penilaian, masih dikategorikan “kurang”.</p> 2022-12-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Jacob Anaktototy, Mieke Souisa, Jusak Syaranamual https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/249 Analisis Tuntutan Akademik dan Kondisi Lingkungan pada Psikologi Taruna Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi 2022-12-28T12:57:40+07:00 Herdiyanto irwantoedi88@gmail.com Edi Irwanto irwantoedi88@gmail.com Mislan irwantoedi88@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi terkait tuntutan akademik dan kondisi lingkungan terhadap kondisi psikologi taruna API Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelititan ini berjumlah 30 taruna yang dipilih dengan menggunakan teknik <em>random</em> <em>sampling. </em>Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa koesioner. Koesioner yang digunakan merupakan hasil adopsi dari <em>instrument</em> <em>dass</em>-42. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunnjuka bahwa tuntutan akademik memiliki pengaruh terhadap kondisi psikologi taruna akademi penerbang indonesia (api) banyuwangi sejumlah 58,4% persentase dengan kategori tinggi dan kondisi lingkungan memiliki pengaruh terhadap kondisi psikologi taruna akademi penerbang indonesia (api) banyuwangi sejumlah 54,9% persentase dengan kategori tinggi.</p> 2022-12-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Herdiyanto, Edi Irwanto, Mislan https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/244 Kesan Peserta Didik terhadap Keefektifan Penggunaan Quizizz sebagai Media Pembelajaran 2022-12-28T19:12:45+07:00 Achmad Afandi himenfan999@gmail.com Budijanto budijanto.mkes@gmail.com Paulus Rah Adi Pawitra superpaitro@gmail.com Ratno Susanto ratnoexcellent@gmail.com Rizka Hadiwiyanti rizkahadiwiyanti.si@upnjatim.ac.id <p>Kemajuan di media pembelajaran ketika ini ditentukan oleh pesatnya penemuan pembelajaran secara online. Pembelajaran yang berperan dalam ranah pembelajaran merupakan suatu pembelajaran dengan berbasis internet. Pembelajaran berbasis internet sebagai penghubung antara dosen dan mahasiswa menggunakan jaringan <em>website</em> bisa diakses kapan saja dan serta praktis digunakan. Aplikasi dipergunakan lebih menekankan menggunkan aplikasi <em>quizizz</em>. Alasannya dikarenakan saat pembelajaran berbasis web serta aplikasi quizizz di luar tatap muka langsung menjadi upaya membantu mahasiswa, lebih spesifik <em>Study From Home</em> selama pandemi serta membuat kecukupan pembelajaran berbasis web yang menarik serta inovatif. Teknik yang dipergunakan pada pengumpulan informasi adalah melalui survei penyebaran angket secara online, antara dosen serta mahasiswa pendidikan jasmani pada matakuliah permainan olahraga tradisional. Pembelajaran online dengan <em>quizizz</em> menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis web yang dilakukan secara online dapat membuat mahasiswa menjadi bersemangat saat mengikuti proses pembelajaran.</p> 2022-12-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Achmad Afandi, Budijanto, Paulus Rah Adi Pawitra, Ratno Susanto, Rizka Hadiwiyanti https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/262 Perbedaan Konsep Diri antara Siswa Putra dan Siswa Putri dalam Hal Penampilan Fisik 2022-12-30T11:05:58+07:00 Bayu Nugraha Murdinsyah the_reog_city@yahoo.com <p>Pendidikan yang melibatkan penampilan fisik adalah pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Dimana fokus penilaian dalam pendidikan ini peranan penting dari penampilan seseorang terhadap aktifitas sehari harinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana perbedaan konsep diri antara siswa putra dan siswa putri dalam hal penampilan fisik di SMP Negeri 3 Madiun, guna pembentukan citra dan penampilan diri yang lebih baik bagi siswa nantinya. Penelitian ini termasuk penelitian deskritif kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto dimana variable bebas dalam penelitian ini tidak dikendalikan oleh peneliti sebab perwujudan variable tersebut sudah terjadi. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Madiun Kecamatan Mangunharjo Kota Madiun pada tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini &nbsp;diuji dengan uji T independent yang sudah dilakukan pengambilan data dari dua kelompok yang berbeda yaitu pada siswa putra dan putri dalam penampilan fisik pada koefisien T keduanya (-0,591) pada P value (0,559). Bisa dikatakan tidak ada perbedaan yang signifikan konsep diri antara siswa putra dan siswa putri dalam hal penampilan fisik.</p> 2022-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Bayu Nugraha Murdinsyah https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/243 Tingkat Performa Fisik Atlet Bulutangkis Usia Remaja PB. SAM Mobil Kabupaten Sumenep 2022-12-31T02:11:05+07:00 Ainur Rasyid ainur.lovers@gmail.com Muhammad Kharis Fajar ainurrasyid@stkippgrisumenep.ac.id Abdul Azis ainurrasyid@stkippgrisumenep.ac.id Andi Fepriyanto ainurrasyid@stkippgrisumenep.ac.id Dian Helaprahara ainurrasyid@stkippgrisumenep.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat performa fisik pemain bulu tangkis remaja di klub PB. Sam Mobil, Kabupaten Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah atlet putra berusia 15-17 tahun, dengan jumlah atlet putra sebanyak 7 orang. Kesimpulan hasil penelitian: (1) Lompat tegak tingkatan kurang sekali dengan rata-rata sebesar 48,89 cm. Persentase kriteria yaitu: 42,86% tingkatan kurang, dan 57,14% tingkatan kurang sekali. (2) Kekuatan otot perut tingkatan sedang dengan rata-rata kemampuan sit-up sebesar 21,86 kali/30detik. Persentase kriteria yaitu: 40% tingkatan baik, 57,14% tingkatan sedang, dan 42,86% tingkatan kurang. (3) Kekuatan otot lengan tingkatan kurang dengan rata-rata kemampuan push-up sebesar 23,86 kali/menit. Persentase kriteria yaitu: 57,14% tingkatan kurang, dan 42,86% tingkatan kurang sekali. (4) Kecepatan lari tingkatan kurang dengan rata-rata 5,01 detik. Persentase kriteria yaitu: 71,43% tingkatan kurang, dan 28,57% tingkatan kurang sekali. (5) Kelincahan tingkatan baik sekali dengan rata-rata waktu 11,88 detik. Persentase kriteria yaitu: 71,43% tingkatan baik sekali, dan 28,57% tingkatan baik. (6) Daya tahan tingkatan sedang dengan rata-rata kapasitas aerobik (VO2Max) 38,2 ml/kg/mnt. Persentase kriteria yaitu: 57,14% tingkatan sedang, 14,29% tingkatan kurang, dan 28,57% tingkatan kurang sekali. (7) Kelentukan tingkatan kurang sekali dengan rata-rata 15,99 cm. Persentase kriteria 100% atau seluruh atlet tingkatan kurang sekali. (8) Koordinasi mata tangan tingkatan baik dengan rata-rata waktu penelusuran 1,44 detik. Persentase kriteria yaitu: 14,29% tingkatan baik sekali, dan 85,71% tingkatan baik.</p> 2022-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ainur Rasyid, Muhammad Kharis Fajar, Abdul Azis, Andi Fepriyanto, Dian Helaprahara https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/237 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kombinasi Metode Drill terhadap Hasil Belajar Servis Bola Voli 2023-01-05T13:31:05+07:00 Ni Luh Putu Indrawathi niluhputuindrawathi@gmail.com I Wayan Citrawan wayancitrawan1959@gmail.com I Gusti Putu Ngurah Adi Santika ngurahadisantika@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar servis atas dan bawah permainan bola voli melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD kombinasi metode drill. Sampel 28 orang dengan menggunakan metode <em>purposive sampling</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran servis bola voli dengan model pembelajaran STAD kombinasi Metode Drill mendapatkan hasil ketuntasan siswa sebesar 100%. Dimana pada siklus 1 hanya mendapatkan hasil ketuntasan 60,71% (17 siswa yang tuntas dari 28 siswa). Pada siklus dua 28 siswa kelas VIII G mendapatkan nilai rata-rata di atas KKM yaitu 84 dan dinyatakan tuntas. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kombinasi metode Drill efektif dalam meningkatkan keterampilan servis bola voli pada siswa SMPN 2 Abiansemal.</p> <p><em> </em></p> 2022-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Ni Luh Putu Indrawathi, I Wayan Citrawan, I Gusti Putu Ngurah Adi Santika https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/277 Hasil Penerapan TKPN pada Siswa SDN 1 Rejomulyo Kecamatan Kras Kabupaten Kediri 2023-01-05T13:35:26+07:00 Moch. Fajaryanto fajarlejor5489@gmail.com Reo Prasetiyo Herpandika reoprasetiyo@unpkediri.ac.id Budiman Agung Pratama agung10@unpkediri.ac.id <p>PJOK merupakan bagian terpadu dari pendidikan umum yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani serta kecakapan dalam meliputi gerak, berpikir kritis, social, kemampuan bernalar, menjaga stabiltas emosi, tindakan moral, pola hidup sehat, serta mengenalkan lingkungan yang bersih melalui pembelajaran PJOK, yang terpilih direncanakan dengan sistematis untuk memenuhi tujuan nasional kebugaran jasmani yang terdapat disekolah dapat dilaksanakan secara maksimal melalui pembelajaran mata pelajaran PJOK serta kegiatan ekstrakurikuler yang dapat memaksimalkan garakan fisik siswa secara menyeluruh. Kebugaran jasmani bagi siswa sangatlah penting, akan tetapi kebugaran jasmani setiap siswa berbeda antara satu dengan yang lainnya. Kegiatan fisik yang dilakukan oleh siswa tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sehingga pelu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait kebugaran jasmani khususnya pada anak sekolah dasar. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif presentase. Salah satu varibe dalam penlitian ini adalah Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN). Sampel pada penelitian ini menggunakan 30 siswa SDN 1 Rejomulyo Kecamatan Kras kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa IMT dengan kategori gizi baik sebesar 57% akan tetapi tidak ditunjang dengan kebugaran jasmani yang yang memiliki kategori cukup dengan nilai proporsi 2,2. Sehingga bisa dikatakan penerapan hasil TKPN Siswa SDN 1 Rejomulyo Kecamatan Kras Kabupaten Kediri memiliki kategori cukup.</p> 2022-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Moch. Fajaryanto, Reo Prasetiyo Herpandika, Budiman Agung Pratama https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/229 Potret Pola Latihan Atlet Tinju PPLMD Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Masa Pandemi Covid-19 2023-01-07T12:58:52+07:00 Lukas Dairo Billi luckybili2203@gmail.com Dewi Lengo dewilengomartina@gmail.com <p>Tujuan dilaksanakannya penelititan ini adalah untuk mengetahui program latihan atlet Tinju PPLMD Provinsi NTT di masa Pandemic Covid-19”. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi pengambilan data dilakukan pada PPLMD Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berpusat di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Timur. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan telaah dokumen. Sumber data penelitian adalah para atlet, pelatih atlet tinju dan pengurus PPLMD Provinsi Nusa Tenggara Timur. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memiliki empat langkah yakni pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada saat pandemic covid-19 para atlet tinju PPLMD Provinsi Nusa Tenggara Timur tetap melakukan latihan baik <em>online</em> maupun <em>ofline</em>. Latihan <em>online</em> dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing kemudian dilakukan <em>zoom meting</em> untuk saling berbagi berkaitan dengan perkembangan latihan. Pada saat covid-19 meredah, latihan dilakukan secara berkelompok yang berpusat di kompleks pertina atau kantor Dinas Pemuda dan olahraga Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan tetap mematuhi protocol covid-19 serta menerapkan Standar Operasional Prosedural protokol kesehatan covid-19.</p> 2022-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Moses Kollo, Lukas Dairo Billi, Dewi Lengo https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/234 Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Pencak Silat untuk Siswa Kelas V di SD Negeri 7 Pule 2023-01-11T17:34:11+07:00 Vega Mareta Sceisarriya vegamareta@gmail.com Aries Irsan Rofiq vegamareta@gmail.com Khamim Hariyadi hariyadikhamim1988@gmail.com <p>Penggunaan media yang kurang dan tingginya dominasi guru mengajar dengan metode ceramah akan membuat siswa cepat bosan sehingga dapat menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Maka dibutuhkannya pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif sehingga tidak mudah dilupakan oleh siswa. Penelitian mengembangkan produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif materi teknik dasar beladiri pencak silat siswa kelas V SD Negeri 7 Pule. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari R&amp;D dengan menggunakan metode <em>ADDIE</em>, yaitu: (1) <em>Analyze, </em>(2) <em>Development</em>, (3) <em>Design, </em>(4) <em>Implementation, </em>(5) <em>Evaluation. </em>Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis menggunakan kualitatif, kuantitatif dan statistik deskriptif. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu ahli media dengan presentase 78% (baik), ahli materi pembelajaran dengan presentase 93% (baik), uji coba kelompok kecil dengan persentase 93,33% (baik), dan uji coba kelompok kecil dan 97,39% (baik).</p> 2022-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Vega Mareta Sceisarriya , Aries Irsan Rofiq, Khamim Hariyadi https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/276 Gambaran Tingkat Indeks Massa Tubuh Siswa Sekolah Dasar setelah Bulan Puasa Ramadhan 2023-01-07T11:49:00+07:00 Risfandi Setyawan risfandi@stkipjb.ac.id Ilmul Ma’arif ma87arif@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks massa tubuh siswa setelah puasa ramadhan, Jenis penelitian yang di gunakan merupakan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen), peneliti tidak memberikan sebuah perlakuan hanya mengambil data di lapangan. Hasil tingkat indeks massa tubuh siswa di SDN Alang-Alang Caruban 2 menunjukkan klasifikasi pada kategori kurus ada 28 siswa, kategori normal 55 siswa, kategori berat badan lebih 7 siswa dan kategori gemuk 3 siswa. Untuk nilai persentase di atas menunjukan bahwa kategori kurus 30.11 %, kategori normal 59.14%, kategori berat badan lebih 7.53 %, kategori obesitas 3.22%. simpulan indeks massa tubuh siswa kelas atas di SDN Alang-Alang Caruban 2 menunjukan kategori normal dengan jumlah 55 siswa dengan nilai persentase 59.14%.</p> 2022-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Risfandi Setyawan, Ilmul Ma’arif https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/238 Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengajarkan Tanggung Jawab pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2023-01-15T21:33:28+07:00 Khoirul Anwar Pulungan khoirul.anwar2021@ung.ac.id Arief Ibnu Haryanto arief_haryanto@ung.ac.id Meri Haryani meriharyani22@ung.ac.id I Kadek Suardika Ikadeksuardika@ung.ac.id Nurkhoiroh Nurkhoiroh@ung.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu guru mengajar anak-anak untuk bertanggung jawab dengan lebih baik saat belajar tentang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehata.. Paradigma pembelajaran <em>Personal and Social Responsibility</em> (TPSR) yang digunakan sangat menekankan pada sikap tanggung jawab siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 silklus. Pendidik mata pelajaran PJOK dan seluruh peserta didik di kelas yang mengikuti penelitian ini, berjumlah 44 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan di SD N Yogyakarta. Hasil percakapan, wawancara, dan observasi terhadap semua informasi tekstual dalam makalah proses penelitian menjadi dasar data penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pada siklus pertama dikumpulkan hasil diskusi dengan pendidik untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang penelitian tindakan kelas (PTK) dan pengajaran tanggung jawab pribadi dan sosial (TPSR). (2) pada siklus kedua kemampuan memahami rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis TPSR dan (3) Instruktur dapat menggunakan RPP pendidikan jasmani berbasis TPSR pada periode ketiga. Kemampuan pendidik dalam menanamkan sikap tanggung jawab pada anak meningkat setelah intervensi Siklus I, II, dan III selesai.</p> 2022-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Khoirul Anwar Pulungan, Arief Ibnu Haryanto, Meri Haryani, I Kadek Suardika, Nurkhoiroh https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/247 Analisis Kecemasan Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sidowarek 2 Jombang 2023-01-15T21:27:46+07:00 Jaka Bimantoro jakaneotech124@gmail.com Achmed Zoki achmedzoki.stkipjb@gmail.com <p>Latar belakang dalam penelitian ini ditemukan bahwa kecemasan siswa ketika mengikuti pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan lebih tepatnya pada pelajaran senam lantai<em>.</em> Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui tingkat kecemasan peserta didik saat mengikuti pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dengan pelajaran senam lantai guling depan di sekolah dasar negeri sidowarek 2 Jombang. Penelitian ini memakai penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini merupakan 24 atau seluruh siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Sidowarek 2 Jombang. Instrumen penelitian ini adalah <em>skala likert</em>. Metode mengumpulkan data penelitian ini memakai observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner dengan uji validitas dan realibilitas. Teknik analisis data yang dipakai yakni deskriptif persentase. Hasil penelitian ini yaitu tingkat kecemasan peserta didik sekolah dasar negeri sidowarek 2 terhadap 2 faktor yang bisa diketahui dari faktor Fisiologis sebesar 52,17%, dan faktor psikologis sebesar 47,83%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan siwa di sekolah dasar negeri sidowarek 2 Jombang dalam pembelajaran senam lantai pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebanyak 62% .</p> 2022-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Jaka Bimantoro, Achmed Zoki https://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/280 Profil Status Gizi Anak Sekolah Dasar Kabupaten Banyuwangi 2023-01-18T12:52:16+07:00 Novia Prawita Murti myedu34@gmail.com Danang Ari Santoso danangarisantoso@gmail.com Puji Setyaningsih myedu34@gmail.com Moh. Agung Setiabudi agungsetiabudi.budi@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan status gizi anak sekolah dasar di Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan sampel menggunakan <em>cluster sampling </em>dengan membuat kelas berdasarkan wilayah. Sampel pada penelitian ini adalah SDN 1 Yosomulyo, SDN 2 Tukang Kayu, dan SDN 1 Bangsring. Instrumen yang digunakan adalah perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan pendekatan analisi prosentase. Hasil penelitian menggambarkan status gizi anak sekolah dasar Kabupaten Banyuwangi dengan kategori sangat kurus 5,31%, kurus 4,13%, normal 84,95%, dan gemuk 5,61%. Dengan kata lain dapat disimpulkan status gizi anak sekolah dasar kabupaten Banyuwangi dalam kategori normal.</p> 2022-12-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 Novia Prawita Murti, Danang Ari Santoso, Puji Setyaningsih, Moh. Agung Setiabudi